Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis – Keberadaan Komputer dan laptop telah banyak membantu pekerjaan kita. Namun, bisa jadi muncul situasi di luar dugaan seperti komputer yang tiba-tiba mati, entah karena error atau lampu mati. Tentu kita akan cemas karena takut pekerjaan atau dokumen kita tidak tersimpan. Apalagi terkadang kita juga lupa untuk menyimpan hasil data terbaru. Kalau sampai tidak tersimpan, maka kita pun harus mengulangi lagi.

Bukankah itu menjengkelkan?

Padahal sebenarnya Microsoft Office menyediakan fitur untuk menyimpan data otomatis. Hanya saja biasanya diatur dengan durasi yang cukup lama. Setiap data yang dikerjakan akan tersimpan secara otomatis setiap 10 menit sekali. Sedangkan kadang sudah banyak hal yang diketik atau dimasukkan dalam jangka waktu sekian, menyebabkan hasil back up tetap tidak update.

Cara Backup Dokument di Microsoft Word Secara Otomatis

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan berbagi tips supaya kamu bisa lebih nyaman dengan dua cara back-up data otomatis dari Microsoft Word berikut.

Baca juga: Cara Mengamankan Folder di Windows 10

Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

1. Mengaktifkan Fitur Auto-Save di Microsoft Word

Berikut langkah-langkah yang harus anda ikuti:

  • Jika Microsoft Word kalian tipe 2007, kalian bisa memilih tombol Office. Sedangkan untuk Microsoft Word 2010, kalian klik menu File.

klik menu File

  • Kemudian pilih menu Options.

pilih menu Options

  • Selanjutnya klik Save pada panel sebelah kiri.
  • Kalian akan menemukan menu “Save AutoRecover information every”, lalu atur angka sesuai kalian inginkan. Semakin kecil angka yang dipilih, maka semakin sering frekuensi penyimpanan otomatis yang akan dilakukan. Misalnya kalian memilih angka 1, maka setiap 1 menit data terbaru akan tersimpan dalam sistem.

mengatur auto save di ms word

  • Lalu memberi centang pada kolom “Keep the last autosaved version if I close without saving”. Dengan begitu, file-mu akan tersimpan secara otomatis sehingga data akan tersimpan meskipun tiba-tiba listrik mati atau komputermu Error.
  • Terakhir tinggal kalian klik OK.

2. Cara Kedua Untuk Backup Dokumen di Microsoft Word

Jika cara pertama untuk berjaga-jaga agar dokumen asli yang terbaru tetap tersimpan, cara kedua ini dengan membuat salinan file dalam folder atau membackup file. Ada beberapa langkah yang kalian bisa ikuti, yakni:

  1. Pertama buka aplikasi Microsoft Word untuk mengakses fitur backup.
  2. Selanjutnya, kalian klik ikon Windows yang terdapat di pojok kiri atas tampilan utama Ms Word. Untuk versi Word 2010 ke atas, bisa dengan mengklik ribbon menu File.
  3. Beberapa opsi pengaturan Microsoft Word akan muncul. Pada versi Microsoft Word 2007, klik opsi Word Options. Sedangkan untuk versi Microsoft Word 2010 ke atas bisa memilih menu Options.
  4. Pada menu Word Options, akan muncul beberapa pilihan dropdown menu. Kalian klik bagian Advance.
  5. Bagian menu Advance memiliki beragam dropdown menu seperti pencetakan, penyimpanan dan pengaturan secara umum. Namun, karena kita ingin melakukan backup berkaitan dengan penyimpanan. Mak, kalian pilih opsi Save.
  6. Selanjutnya memberikan ceklis di pilihan Always create a backup copy.
  7. Terakhir tekan OK. Dengan begitu sistem pengaturan akan menyimpan file cadangan dari dokumen yang sedang dibuat secara otomatis.

Baca juga: Cara Memberi Password di Document Ms Word

Nah itulah mengenai cara backup documen di Ms word secara otomatis. Tidak terlalu sulit bukan untuk mempraktekkannya? Kedua cara tersebut dapat kalian gunakan agar tidak ada data yang hilang dan tidak perlu mengulangi pekerjaan lagi. Kalian bisa nyaman mengerjakan tugas kapan pun, meskipun situasi tidak terduga datang kapan saja. Semoga artikel ini bermanfaat bagian kalian. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply