Cara Mengamankan Folder di Windows 10

Cara Mengamankan Folder di Windows 10 – Semakin hari, semakin gencar pula isu mengenai privasi yang berkaitan dengan data, mengingat di era revolusi industri 4.0 ini data telah menjadi komoditas ekonomi yang paling berharga dan jauh harganya di atas minyak yang dulu dikenal sebagai barang ekonomi termahal. Pergeseran pasar inilah yang membuat kerentanan akan hilangnya suatu data semakin meningkat, walaupun di sisi lain dengan kehadiran data dapat membantu seseorang dalam memutuskan segala hal.

Dilansir oleh CNN Indonesia, sebuah lembaga yang menangani kasus pelanggaran hak digital SAFEnet (South East Asia Freedom of Expression Network) mengungkapkan terdapat tiga faktor yang mendorong perilaku pencurian data saat ini. Pertama adalah faktor ekonomi, apakah kamu pernah mendengar istilah phishing atau carding? Nah, dua istilah tersebut mampu menggambarkan realisasi nyata dari faktor pertama.

Kedua adalah faktor politik, data memiliki peranan penting di dunia politik saat ini, data juga memungkinkan setiap politisi atau kandidat politik menggiring opini-opini publik supaya sependapat dengan mereka. Kasus mengenai penggunaan data untuk politik adalah pada pemilihan presiden Amerika Serikat yang dimenangi oleh Donald Trump. Cambrigde Analytica merupakan sebuah firma konsultasi politik yang dituduh menggunakan data-data pribadi pengguna Facebook untuk kepentingan politik, pentingnya keamanan sebuah data memicu kontroversi di balik kasus yang menimpa firma konsultasi politik tersebut.

Ketiga adalah motif ancaman, motif ini biasanya memiliki alasan pribadi antar individu atau kelompok sehingga dapat memicu pencurian data. Di Indonesia sendiri telah memiliki aturan khusus pencurian data yang tertuang di dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik ( UU ITE).

Baca juga: Cara Membuat File RAR / ZIP di Komputer

Walaupun biasanya pencurian data memiliki sifat yang massal dalam arti dilakukan sangat serius dan terorganisir, namun tidak menutup kemungkinan untuk mencuri data dalam skala yang lebih kecil seperti dengan mengakses perangkat elektronik korban secara langsung. Segala bentuk pencurian data tidak dapat dianggap sepele karena ini menyangkut privasi seseorang dan dapat merugikan seseorang baik dari segi materi atau pun emosi.

Kita terbiasa untuk menyimpan berbagai data di dalam Laptop atau PC (Personal Computer) milik pribadi ke dalam beberapa folder penyimpanan, bagi beberapa pengguna mungkin telah sadar akan ancaman pencurian data sehingga mereka mengamankan folder mereka dengan password, namun masih banyak pengguna juga yang belum memasang password di folder mereka masing-masing.

Bagi sebagian orang menganggap Laptop atau PC merupakan barang pribadi dan tidak bersentuhan langsung dengan dunia luar, namun tetap saja risiko akan pencurian data tetap ada. Maka tidak ada ruginya bagi kita sebagai pengguna untuk sedikit lebih sadar akan keamanan data kita terlebih jika data-data yang tersimpan memuat informasi penting seperti tagihan kartu kredit, data kependudukan dan data vital lainnya. Pada kesempatan ini mari kita cari tahu berbagai cara untuk melindungi folder-folder kita di Laptop atau PC sebagai berikut:

Cara Mengamankan Folder di Windows

Cara yang ini menggunakan Notepad alias tanpa memerlukan software tambahan.

1. Pertama masuk ke menu “File Explorer”.

Pertama masuk ke menu "File Explorer"

2. Masuklah ke direktori yang kamu inginkan dan buat folder di dalam sana.

pilih direktori yang di inginkan

3. Masuk ke dalam folder yang telah kamu buat, lalu buatlah dokumen txt kosong di dalamnya.

masuk ke dokumen yang sudah di buat

4. Isilah tzt tersebut dengan script berikut:

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private “HTG Locker”
attrib +h +s “HTG Locker”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%== PASSWORD goto FAIL
attrib -h -s “HTG Locker”
ren “HTG Locker” Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

5. Ubah kata “PASSWORD” dengan password keinginan kamu.

6. Save txt tersebut dengan format .bat, dan file type “All Files”. Kemudian tekan Save.

Simpan text txt tersebut

7. Klik kunci.bat dan akan muncul command promp, cukup tekan Y dan Enter. Maka seluruh isi folder akan menghilang (sementara).

untuk menyembunyikan klik kunci bat

klik bat untuk menampilkan folder kembali dan masukan passswornya

8. Untuk mengembalikan file yang hilang, cukup klik .bat tadi dan masukkan password, maka file akan muncul kembali.

Baca juga: Cara Memberi Password di Document Ms Word

Itulah salah satu cara untuk mengamankan data kerahasiaan data anda dengan mudah. Selamat apa yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat dan mencoba!

Leave a Reply