Cara Mematikan Auto Update Aplikasi di Play Store

Cara Mematikan Auto update Aplikasi Pada Play Store – Cara mematikan auto update aplikasi di Google Play dapat mencegah pembaruan aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan. Sudah tahu caranya? Jika belum, simak di sini.

Bagi para pengguna Android, Google Play layaknya toko yang menyediakan semua kebutuhan secara lengkap. Kamu bisa mendapatkan aplikasi gratis hingga berbayar yang dapat mendukung kegiatan sehari hari. Namun, Kamu juga harus tahu cara mematikan auto update aplikasi di Play Store.

Setiap aplikasi melakukan pembaruan dalam periode tertentu untuk menambahkan fitur yang memudahkan para penggunanya. Terdapat fitur pada Google Play yang akan memungkinkan aplikasi yang terpasang pada perangkat melakukan pembaruan secara otomatis.

Namun tidak semua pembaruan yang terjadi terhadap aplikasi disukai oleh para pengguna. Bisa saja pembaruan aplikasi justru membuat beban pada perangkat menjadi lebih besar sehingga membuatnya menjadi lebih lelet.

Selain itu, terkadang ada aplikasi yang memang ingin dilakukan pembaruan secara otomatis dan ada yang tidak. Sebagai pengguna, Kamu bisa menentukan fitur yang membuat nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah cara mematikan update otomatis android yang mudah dilakukan.

Cara Mematikan Auto Update Aplikasi di Play Store

Cara Mematikan Auto update Aplikasi di Play Store

1. Mengatur Pembaruan Aplikasi Satu Persatu

Keuntungan yang dimiliki oleh pengguna android ialah dapat memiliki berbagai aplikasi secara lengkap. Dengan adanya fitur update otomatis memudahkan para pengguna untuk dapat memiliki versi terbaru dari aplikasi yang digunakan.

Namun, beberapa perangkat dengan spesifikasi yang rendah dan ruang penyimpanan yang sedikit akan kesulitan untuk menggunakan versi terbaru. Terlebih jika memang Kamu sudah menyukai aplikasi dengan versi tertentu sehingga tidak ingin melakukan pembaruan aplikasi.

Berikut ini cara menghentikan update otomatis google play store yang terjadi pada aplikasi yang digunakan:

  • Buka aplikasi Google Play lalu klik tiga garis horizontal yang berada pada bagian kiri atas
  • Kemudian pilih menu aplikasi dan game saya untuk melakukan pengaturan.

Pilih menu aplikasi dan game saya

  • Cari Aplikasi apa yang ingin penundaan pembaruannya secara otomatis, lalu pilih aplikasi tersebut.

Cari Aplikasi apa yang ingin penundaan pembaruannya

  • Setelah terbuka, temukan titik tiga pada bagian kanan atas layar dan pilih simbol tersebut.
  • Pada opsi “Aktifkan update otomatis” hapus centang yang membuat aplikasi tersebut tidak melakukan pembaruan secara otomatis.

Mengatur Pembaruan Aplikasi Satu Persatu

  • Kamu bisa melakukan langkah yang sama pada setiap aplikasi yang ingin kamu hentikan pembaruannya.

Baca juga: Cara Menghapus Virus di Android Secara Total

2. Cara Mengatur Pembaruan Aplikasi Secara Keseluruhan

Jika memang Kamu ingin mematikan fitur pembaruan secara otomatis untuk seluruh aplikasi, maka langkah sebelumnya tidak efektif. Kamu bisa mengatur untuk melakukan pemberhentian pembaruan otomatis pada seluruh aplikasi.

Berikut ini adalah langkah langkah yang harus anda lakukan untuk mematikan auto update google play secara keseluruhan.

  • Buka aplikasi Google Play yang sudah terpasang pada handphone Kamu.
  • Klik tiga garis horizontal yang berada pada bagian kiri atas layar.
  • Setelah itu gulir ke bawah sampai Kamu menemukan menu “Setelan” lalu klik menu tersebut.

Buka menu setelan di play store

  • Cari dan pilihan “update aplikasi secara otomatis” untuk melakukan pengaturan terhadap pembaruan aplikasi secara menyeluruh.

Cari dan pilihan "update aplikasi secara otomatis"

  • Akan muncul beberapa pilihan yakni update aplikasi secara otomatis melalui jaringan apapun, melalui wifi saja dan jangan update aplikasi secara otomatis.
  • Pilih opsi jangan update aplikasi secara otomatis untuk menghentikan pembaruan seluruh aplikasi tanpa persetujuan.

Cara Mengatur Pembaruan Aplikasi Secara Keseluruhan

Dengan mengikuti langkah tersebut maka aplikasi kamu tidak akan mengalami pembaruan sampai melakukannya secara manual. Biasanya, aplikasi akan memberikan pemberitahuan jika aplikasi yang kamu gunakan sudah lama dan tidak bisa kamu lanjutkan penggunaannya.

Baca juga: Cara Backup Foto ke Google Drive dengan Mudah

Itulah beberapa langkah dan cara mematikan auto update aplikasi pada Google Play Store yang semakin memudahkan para pengguna. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan aplikasi apa yang ingin melakukan pembaruan dan aplikasi yang nyaman kamu gunakan dalam versi saat ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply