Cara Menghapus Virus di Android Secara Total

Selembar.com – Pelajari cara menghapus virus di android dengan lengkap smartphone kamu terhindar dari kerusakan dan masalah lainnya.

Cara menghapus virus di android bukanlah suatu hal yang sulit untuk dipelajari oleh semua pengguna gawai smartphone. Virus bisa dikatakan sebagai hal yang sangat berbahaya bagi suatu perangkat karena mampu membuat sebuah kekacauan.

Supaya gawai smartphone yang kamu miliki tidak mudah rusak, maka sebaiknya lebih sering dilakukan pengecekan virus. Apabila terdapat satu saja virus yang tertanam dalam perangkat kamu, sesegera mungkin hapus virus tersebut.

Cara Menghapus Virus di Android Secara Total

Trik Manual Menghilangkan Virus dari Smartphone Android

Dalam upaya menghapus virus yang ada di smartphone android, kamu bisa melakukan beberapa trik manual. Trik ini bisa diterapkan dengan mudah karena tidak membutuhkan kemampuan khusus untuk praktek proses hapus virusnya.

Sebagai pemilik gawai smartphone, kamu harus mengetahui bagian mana yang cenderung terdapat virus pada memori. Sebab, smartphone bisa mendeteksi apabila muncul sebuah virus setelah kamu download atau masukkan file ke dalam memori.

Terkait cara membersihkan virus di android yang pertama, sebaiknya kamu baca sistem pada smartphone terlebih dulu. Sistem akan memberitahu file mana yang berpotensi sebagai virus berbahaya dan mampu mengacaukan operasi smartphone.

Setelah kamu pahami dengan betul tentang letak virus dan file yang dicurigai, maka langsung hapus saja dari memori. Sebab, tidak baik untuk memelihara file berbahaya yang mengandung virus agar tidak merusak sistem pada smartphone kamu.

Namun tidak hanya dengan sekedar menghapus file saja sudah membuat kamu aman dari virus yang menjangkit smartphone. Perlu adanya pengecekan secara berkala terhadap aplikasi yang mencurigakan dengan akses administrator asing.

Langkah ini sangat efektif sebagai salah satu cara mengatasi virus di android agar tidak kembali lagi nantinya. Namun pastikan semua hal yang kamu lakukan ini sudah masuk ke dalam safe mode di smartphone.

Setelah menerapkan hal mudah tersebut, seharusnya tidak lagi muncul virus berbahaya dari file yang pernah ada dalam memori. Apabila muncul virus lagi, pasti berasal dari file atau aplikasi baru yang belum lama ini kamu unduh.

Baca juga: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Hilangkan Virus di Smartphone Android Menggunakan Aplikasi

Meskipun terdapat cara manual untuk menghindari adanya virus di smartphone android, namun penggunaan aplikasi juga penting. Sebab aplikasi yang bersifat sebagai anti-virus bisa bekerja lebih efektif dan efisien sepanjang waktu.

Bahkan aplikasi mampu membantu kamu untuk menjaga android dari virus yang berbahaya secara otomatis. Setiap kali ada virus yang terdeteksi, kamu akan mendapatkan notifikasi secara langsung untuk melakukan tindakan cepat.

Aplikasi yang bisa bekerja baik ini biasanya bernama Google Play Protect sebagai salah satu pelindung wajib di android. Anda bisa menghilangkan virus yang berupa iklan dari akibat penggunaan internet atau mengunduh suatu aplikasi tertentu.

Namun selain aplikasi Google Play Protect, kamu juga bisa menghilangkan virus berupa malware iklan bernama MalwareBytes. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya tidak lagi berbahaya saat kamu berselancar di internet.

Untuk proses menghilangkan virusnya ternyata bisa dibilang cukup mudah, karena bisa dilakukan dalam 1-2 klik saja. Di tampilan utama aplikasi anti-virus tersebut akan muncul pilihan untuk scan, lalu menunjukkan bagaimana hasil dari scan.

Setelah itu, kamu bisa mendapatkan hasil akurat dari segala virus yang terdeteksi melalui file atau aplikasi di dalam smartphone. Silahkan pilih karantina dan bersihkan untuk menghapus virus secara total tanpa menghilangkan file.

Baca juga: Cara Mengganti Font di Android Dengan & Tanpa Aplikasi

Jadi, file yang terjangkit virus tidak akan ikut terhapus saat proses pembersihan dilakukan oleh aplikasi anti-virus. Dengan cara menghapus virus di android tersebut, pastinya kamu langsung mahir praktek sendiri sekarang juga.

Leave a Reply