Cara Backup Whatsapp di HP Android dengan Mudah & Cepat

Ingin backup data di Whatsapp tapi belum tahu caranya? agar tidak ketinggalan, yuk simak ulasan lengkap mengenai cara backup whatsapp di HP Android berikut ini.

Kini WhatsApp telah menjadi aplikasi chatting terpopuler di seluruh dunia. Memang banyak aplikasi lain dengan fungsi yang sama. Namun sampai sekarang WhatsApp masih berada di posisi teratas. Kamu bisa melihat sendiri dari jumlah pengguna dan orang yang mengunduh aplikasi ini yang menegaskan bahwa WhatsApp merupakan aplikasi pilihan utama.

Tampilan WhatsApp yang mudah dan tidak membuat orang mudah bosan semakin membuat aplikasi ini semakin memiliki banyak pengguna. Selain itu, ada banyak kemudahan yang diberikan oleh WA. Salah satunya adalah ketika kamu ingin berganti HP. Ketika kamu ingin membeli baru dan otomatis menggunakan WhatsApp di HP baru, kamu pun tidak harus membuat akun baru.

Kamu masih bisa menggunakan akun lamamu sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan chat, file, maupun berbagai datamu lainnya. Dengan fitur yang disediakan oleh WhatsApp. Maka kamu sangat terbantu dan tidak perlu khawatir lagi mau berapa kali kamu ganti HP. Fitur yang kami maksud adalah fitur Backup whatsapp.

Baca juga: 3 Cara Mengunci WhatsApp di HP Android

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya untukmu. Dengan begitu, kamu bisa mencoba sendiri di rumah dan semua data atau pesan pentingmu pun tidak akan hilang.

Cara Backup Whatsapp di HP Android dengan Mudah

Berikut cara backup whatsapp di HP Android yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya:

1. Pertama, kamu buka aplikasi WA mu terlebih dahulu. Tunggu sampai masuk ke tampilan utama.

2. Selanjutnya kamu masuk ke menu Settings atau menu pengaturan dengan cara mengklik titik tiga yang letaknya berada di pojok kanan atas. Kemudian kamu pilih Settings > Chats > Chat Backup. Menu inilah yang akan sangat bermanfaat untuk membuat data-data pentingmu tidak hilang.

Cara Backup Whatsapp di Hp Android dengan Mudah

3. Jika kamu sudah mengkliknya. Maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memindahkan filemu ke akun Google Drive. Sekedar informasi bahwa ketika kamu tidak memiliki akun Google. Maka WhatsApp akan meminta kamu untuk membuat akun Google terlebih dahulu. Proses pembuatanya tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

4. Langkah selanjutnya adalah kamu tinggal membackup semua data-data pentingmu tersebut. Proses ini terkadang memerlukan waktu yang lebih lama dari perkiraan. Apalagi jika ternyata kamu memiliki data yang banyak. Ingat, selama proses Backup ini kamu tidak dianjurkan untuk keluar dari aplikasi WhatsApp agar proses backup berjalan dengan baik.

5. Tunggu sampai proses mencapai 100%. Jika sudah, maka data-data pentingmu sudah berhasil kamu simpan.

Proses backup data di wa

Baru setelah ini kamu bisa keluar dari aplikasi WhatsApp dan masuk ke aplikasi WhatsApp di HP baru. Namun ada hal penting yang harus kamu ingat. Ketika kamu sudah masuk menggunakan akun lama. Nanti biasanya WhatsApp akan memberikan peringatan apakah kamu ingin menampilkan data-data lamamu. Kamu tinggal klik OK dan ikuti alurnya saja sehingga proses selesai.

Baca juga: Cara Menarik Pesan di WhatsApp yang Telah Terkirim

Nah itulah mengenai cara backup WhatsApp di HP Android. Membackup data di WhatsApp sangat penting terutama jika kamu ingin ganti ke Handphone lain. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.