Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

 

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Chat di Aplikasi Whatsapp tidak sengaja terhapus dan ingin mengembalikannya? Simak cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus berikut ini.

Aplikasi WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang dapat di download di Play Store yang sudah tersedia di perangkat telepon pintar Anda. Aplikasi WhatsApp memang saat ini banyak digemari oleh sebagian pengguna telepon pintar karena selain ringan dan ukurannya kecil aplikasi WhatsApp ini memiliki fitur backup yang dapat mencadangkan data data Anda yang ada di WhatsApp.

Fitur backup atau mencadangkan data pada aplikasi ini sangat berguna ketika Anda dengan sengaja atau tidak menghapus beberapa data baik itu berupa chat, foto ataupun lainnya. Selain itu apabila Anda mengganti smartphone Anda dengan yang baru dan ingin memulihkan data data Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp ini.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

Untuk memulihkan data yang ada pada aplikasi WhatsApp, Anda perlu mencadangkan data data tersebut ke Google Drive. Biasanya setiap tujuh hari WhatsApp akan otomatis mencadangkan data data Anda setiap pukul 2 malam. Tapi sebelum itu Anda wajib mengaktifkan fitur backup data WhatsApp ke Google Drive.

Baca juga : Cara Mengunci WhatsApp Agar Lebih Aman

Cara Backup Chat WhatsApp di Android

1. Cara untuk mengaktifkan fitur backup data WhatsApp ke Google Drive yang pertama adalah Anda buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik tombol tiga titik pada bagian pojok atas.

2. Setelah itu akan muncul beberapa opsi pilihan, Anda pilih menu setting atau setelan. Jika sudah masuk ke menu pengaturan pilih chat kemudian pilih menu cadangkan chat.

Melakukan backup whatsapp

3. Setelah masuk ke cadangan chat, Anda akan diminta untuk menghubungkan pencadangan chat tersebut ke akun Google Anda.

backup ke google drive

Anda juga dapat mengatur, kapan pencadangan itu dilakukan dengan memilih opsi yang ada seperti harian, mingguan, bulanan atau hanya ketika Anda mengetik cadangkan. Untuk masalah jaringan, Anda juga dapat memilih opsi menggunakan data seluler atau wifi untuk menghubungkan data data whatsApp Anda.

Jadi setelah Anda membackup data Anda ke Google Drive maka data Anda tidak akan hilang terutama ketika Anda mengganti smartphone Anda dengan yang baru.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di Android

Cara mengembalikan chat WhatsApp Anda pada smartphone sebelumnya ke smartphone yang baru yaitu ketika Anda menginstall ulang WhatsApp dan masuk ke akun Anda. Biasanya akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk merestore data data Anda. Anda tinggal mengklik yes atau ok maka data data Anda sebelumnya akan otomatis muncul pada aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone baru Anda.

Cara lain untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus sebelum di backup, yang pertama yaitu Anda buka file manager. Kemudian memori penyimpanan dimana folder aplikasi WhatsApp Anda simpan bisa di internal atau eksternal. Setelah itu Anda pilih dan buka menu database. Setelah itu Anda ubah nama file “msgstore.db.crypt12” menjadi “backup-msgstore.db.crypt12”. Lalu Anda pilih tanggal berapa kira-kira data tersebut sudah ada pada smartphone Anda.

Sebagai contoh, Kalau bingung Anda dapat mengambil tanggal atau hari sebelumnya atau kemarin. Setelah itu Anda ubah tanggal dan hari yang Anda pilih dengan mengetik “msgstore.db.crypt12”. Langkah selanjutnya buka menu pengaturan dan pilih aplikasi, cari aplikasi WhatsApp dan hapus data.

Setelah itu Anda buka aplikasi WhatsApp kembali dan masukan nomor WhatsApp yang biasa Anda gunakan untuk mendapatkan kode verifikasi. Setelah masuk pilih restore atau pulihkan cadangan, maka data data yang terhapus dapat kembali Anda pulihkan.

Sedikit catatan kalau setelah melakukan semua cara diatas dan data Anda tidak muncul atau tidak dapat dipulihkan, bisa jadi nomor yang Anda masukan ketika login ulang tidak sesuai dengan nomor yang biasa Anda pakai ketika membackup data.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp yang Terhapus di Iphone

Bagi Anda pengguna iPhone tentunya juga dapat mengembalikan chat yang terhapus yaitu merestore dengan menggunakan iTunes. Cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di Iphone yaitu Anda hubungkan iPhone Anda dengan iTunes, setelah itu Anda pilih summary pada aplikasi iTunes. Kemudian Anda klik menu restore backup dan pilih nama file backup yang ingin Anda restore.

Selanjutnya klik restore dan tunggulah hingga prosesnya selesai. Pastikan selama proses tersebut perangkat iPhone Anda selalu terhubung. Anda dapat memutuskan atau mencabut hubungan ketika proses telah selesai.

Baca juga : Cara Membuat Tulisan di WhatsApp Jadi Berwarna

Itulah ulasan mengenai cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus. Bagaimana, cukup mudah bukan? Kini tidak usah khawatir ketika Anda hendak memulihkan chat yang sudah terhapus. Semoga apa yang sudah di jelaskan diatas bisa bermanfaat. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari selembar.com, terimakasih.

Leave a Reply