4 Tips Penting Merawat Flashdisk Agar Awet(Tahan Lama)

Tips Penting Merawat Flashdisk Agar Awet – Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang terdiri dari berbagai macam kapasitas. Semua orang sepertinya memerlukan flashdisk karena digunakan untuk menyimpan data-data penting sehingga kita tidak perlu membawa laptop kemana-mana. Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan flashdisk, pada kenyataannya tidak sedikit yang masih belum tahu bagaimana cara agar flashdisk awet dan tidak cepat rusak.

4 Tips Penting Merawat Flashdisk Agar Awet

Tips Penting Merawat Flashdisk Agar Awet

Untuk membantu agar flashdiskmu awet, kamu perlu menyimak informasi penting yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Scan Virus Secara Berkala

Dikarenakan cara penggunannya yang sangat simpel yaitu tinggal colok saja, terkadang kita tidak memperhatikan bahwa komputer atau laptop tempat flashdisk kamu dicolokkan apakah terdapat virus atau tidak. Pada saat komputer maupun laptop tersebut sudah terinfeksi virus, maka virusnya kemungkinan besar juga akan menyebar ke flashdisk kamu.

Akibatnya, file-file yang kamu milik akan menjadi file shortcut atau tidak dapat dibuka dan bahkan file kamu akan hilang padahal tidak kamu hapus. Maka dari itu, sangat penting untuk menscan flashdiskmu secara rutin, terutama ketika selesai kamu tancapkan di perangkat yang rawan terkena virus. Jangan lupa untuk scan flashdisk di antivirus terpercaya dan terupdate agar virusnya benar-benar hilang.

2. Bijaklah Dalam Menyimpan Data

Tips agar flashdisk awet dan tidak cepat rusak adalah kamu harus bijak di dalam menggunakannya. Flashdisk yang kerap dijadikan sebagai lokasi penyimpanan file berukuran besar juga tidak baik. Solusinya, kamu bisa mengompress file tersebut dengan cara dijadikan file rar atau zip.

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh

Selain itu, kamu juga disarankan untuk tidak langsung mengedit file di flashdisk. Lebih baik kamu pindahkan atau copy file tersebut ke komputer atau laptop untuk kamu edit. Jika sudah selesai, maka kamu bisa menyimpannya kembali di flashdiskmu tersebut.

3. Eject Flashdisk Dengan Benar

Jika kamu sudah selesai menggunakan flashdisk, maka jangan lupa mengeject atau mencabutnya. Terkadang orang malas melepas flashdisknya tersebut padahal tidak sedang digunakan. Selain itu, pastikan bahwa kamu benar-benar mencabut flashdisk dengan benar.

Jangan langsung cabut flashdisk dari port USB ketika kamu selesai menggunakannya. Namun kamu harus benar-benar meng-eject sesuai aturan yang benar yakni dengan klik kanan pada flashdiskmu lalu pilih Eject. Mencabut flashdisk secara sembarangan hanya akan merusak flashdiskmu dan bahkan filemu malah tidak bisa dibuka.

4. Menutup Flashdisk Jika Sudah Tidak Digunakan

Setiap flashdisk kebanyakan memiliki tutup. Tujuannya untuk melindungi socket atau bagian dalam dari flashdiskmu. Jadi, ketika sudah selesai kamu gunakan, jangan lupa untuk menutupnya. Dengan begitu, flashdiskmu tidak akan kemasukan debu, kotoran, atau bahkan air yang bisa mengurangi kemampuannya atau bahkan merusaknya.

Baca juga: Cara Backup Data dilaptop Windows 10

Nah itulah beberapa tips penting merawat flashdisk agar awet dan tahan lama. Dengan menerapkan beberapa tips diatas semoga flashdiskmu awet sehingga data-data yang ada didalamnya tetap aman.

Leave a Reply