3 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Di Laptop

3 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Di Laptop – Terkadang apa yang kita lakukan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Terkadang ada hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya yang malah berakibat buruk terhadap diri kita. Salah satu kejadian yang membuat kita kecewa dan kita sangat tidak menginginkannya adalah kita secara tidak sengaja menghapus data-data penting yang ada di laptop.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa mengembalikan data-datamu tersebut seperti semula. Perlu kamu tahu bahwa sebenarnya ketika kamu menghapus file atau data di laptop, file atau data tersebut tidak serta merta hilang begitu saja. Asalkan jenis penghapusan yang kamu lakukan tidak bersifat permanen seperti dengan menekan SHIFT + DEL.

Namun ketika kamu menghapus file hanya dengan menekan DEL, maka file tersebut akan singgah terlebih dahulu di folder yang bernama Recycle Bin. Di situlah file-file yang kamu hapus masih ada persis seperti ada folder semula. Yang perlu kamu lakukan adalah tinggal mengembalikannya saja ke folder asal.

3 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Di Laptop

3 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Di Laptop

Maka dari itu, berikut ini kami akan menerangkan bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di laptop dengan mudah.

1. Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan datamu ke tempat semula adalah dengan bantuan aplikasi. Seperti yang telah kami terangkan bahwa kamu tidak perlu khawatir ketika kamu secara tidak sengaja menghapus file atau folder yang ada di laptopmu. Meskipun pada dasarnya kamu menghapusnya secara permanen, namun sebenarnya kamu masih bisa mengembalikan file pentingmu tersebut.

Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang digunakan untuk recovery data atau mengembalikan data yang memang sudah terbukti ampuh. Yang harus kamu lakukan adalah dengan mendownload salah satu aplikasi tersebut. Kemudian kamu instal di laptopmu.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Setelah itu, kamu tinggal masuk ke tampilan utama aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkahnya untuk mengembalikan data-data yang sudah terhapus. Namun yang harus kamu garis bawahi adalah meskipun terkadang kamu berhasil mengembalikan data yang terhapus. Namun biasanya juga ada beberapa data yang malah tidak bisa dikembalikan. Kalau pun bisa, mungkin data tersebut tidak bisa dikembalikan secara utuh atau sempurna seperti sebelumnya. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat cadangan data atau Backup agar kamu tidak sampai kehilangan data-data pentingmu.

kehilangan data-data penting

2. Menggunakan Recyle Bin

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan recycle bin. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa cara yang kedua ini hanya berlaku ketika kamu menghapus file tidak secara permanen. Cara ini hanya bisa kamu lakukan hanya ketika kamu hanya menghapusnya dengan DEL dan bukan SHIFT + DEL.

Untuk mengembalikan data-datamu tersebut, kamu tinggal masuk ke recycle bin. Kemudian kamu tinggal mencari data mana yang ingin kamu kembalikan. Jika sudah, maka kamu tinggal klik kanan pada datamu tersebut dan pilih Restore. Maka otomatis datamu akan kembali ke tempat semula.

3. Cara mengembalikan data yang terhapus dengan metode Backup

Untuk cara yang ketiga ini merupakan cara yang jarang digunakan. Padahal cara ini mampu mengembalikan data yang terhapus. Namun yang harus diperhatikan adalah kamu bisa menggunakan cara ini jika kamu sudah membackup data terbarumu sebelumnya.

  • Pertama, kamu masuk ke Control Panel. Kemudian kamu pilih System and Maintenance.
  • Kedua, kamu hanya perlu memilih Backup and Restore.
  • Ketiga, kamu klik Restore my files dan pilihlah Browse for files maupun Browse for folder. Tentukan lokasi tujuan dimana kamu akan menyimpan file tersebut.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache Di Komputer dan Laptop Tanpa Ribet

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan data yang sudah terhapus di laptop. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply