Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama – Laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa orang. Laptop digunakan untuk memudahkan urusan kerja. Selain itu, ada juga yang menggunakan laptop sebagai hiburan seperti bermain game, menonton film, atau hanya sekedar mendengarkan musik. Memiliki laptop dengan spesifikasi yang bagus adalah keinginan semua orang. Akan tetapi, spesifikasi tersebut juga harus ditunjang dengan perawatan laptop.

Salah satu perawatan yang dilakukan adalah menjaga agar baterai tetap tahan lama. Seperti apa cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama? Simak penjelasan di bawah ini.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

1. Mengatur Cahaya Rendah

Cara merawat baterai laptop agar tidak cepat habis adalah dengan mengatur cahaya laptop pada kondisi rendah. Salah satu fitur pada laptop yang memerlukan konsumsi baterai yang besar adalah cahaya atau kecerahan layar. Jika laptop diatur kecerahannya ke kondisi yang terang atau bahkan terlalu terang, maka konsumsi baterai juga akan semakin besar.

Akibatnya, baterai pada laptop akan cepat  habis sekalipun baru digunakan sekitar 30 menit. Maka dari itu, pastikan tingkat kecerahan pada laptop diatur ke posisi rendah. Dengan begitu, baterai baterai akan lebih awet.

Baca juga: Cara Membuka Dokumen Ms Word Yang Terkunci

2. Membuka Aplikasi Yang Diperlukan

Cara kedua yaitu cukup buka aplikasi yang diperlukan. Terkadang ada beberapa orang yang tidak langsung menutup aplikasi setelah selesai digunakan. Orang tersebut kemudian membuka aplikasi lainnya. Memang salah satu kelebihan laptop adalah multitasking atau mampu menjalankan tugas dalam waktu bersamaan.

Akan tetapi, membiarkan laptop menjalankan aplikasi yang tidak digunakan dalam waktu bersamaan terlebih lagi dalam waktu lama bisa menyebabkan baterai laptop akan cepat habis. Maka dari itu, pastikan kamu menutup aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan. Hanya buka aplikasi yang perlu sama agar kerja laptop tidak terlalu keras.

3. Mengistirahatkan Ketika Di Charge

Mengoperasikan laptop dalam kondisi sedang dicharge adalah sebuah kebiasan yang tidak dapat dihilangkan. Padahal, kebiasaan seperti ini lama-kelamaan bisa menyebabkan baterai laptop mengalami masalah. Maka dari itu, sebagai pengguna yang baik sudah seharusnya memberikan waktu laptop  agar beristirahat ketika baterainya sedang diisi. Setelah penuh, baru laptop dapat digunakan kembali untuk keperluan seperti biasa.

4. Jangan Sampai Overheat

Cara merawat baterai laptop agar tidak rusak adalah menjaganya agar tidak sampai mengalami overheat. Penyebab overheat adalah penggunaan laptop yang terlalu lama tanpa memperdulikan kondisi laptop dan tanpa fan dapat mengakibatkan laptop overheat. Untuk mengatasinya, kamu harus menggunakan kipas atau fan dan selalu buat kondisi laptopmu tetap dingin.

5. Jangan Sampai Baterai Laptop Habis

Cara merawat baterai laptop agar tidak boros yaitu jangan sampai baterainya benar-benar habis. Kamu harus cermat ketika menerima notifikasi dari baterai laptopmu yang menandakan bahwa kamu harus segera mengcharge-nya. Jangan sampai kapasitas baterai sudah 0% dan baru kamu mengisinya. Kebiasaan inilah yang bisa menyebabkan baterai laptop boros.

Baca juga: 4 Tips Penting Merawat Flashdisk Agar Awet(Tahan Lama)

Nah itulah beberapa tips merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Yang terpenting agar baterai laptopmu awet jauhi kebiasaan yang bisa membuat usia baterai laptop pendek, seperti yang sudah disebutkan diatas. Dengan begitu baterai laptopmu bisa awet bertahun-tahun.

Leave a Reply