Cara Cek Spesifikasi PC / Laptop di Windows 10

Cara Cek Spesifikasi PC / Laptop di Windows 10 – Membeli Laptop atau PC (Personal Computer) kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang terutama bagi masyarakat urban yang dituntut bekerja secara mobile dan remote, laptop dapat menjadi solusi bagi kamu yang memiliki tuntutan pekerjaan seperti di atas. Tetapi apabila kamu lebih memilih kerja dari rumah, maka membeli PC dapat menjadi solusi.

Walaupun tren peningkatan penjualan Smartphone di Indonesia terus berlanjut, namun tidak bisa dipungkiri kebutuhan terhadap Laptop maupun PC tetap ada. Dikutip dari bisnis com telah terjadi peningkatan penjualan Smartphone mid-end pada kuartal kedua tahun 2019 sebesar 6 persen dibanding tahun lalu dengan dominasi ponsel pabrikan Tiongkok yang terus membanjiri pasar ponsel pintar Indonesia.

Namun demikian bukan berarti pasar Laptop di Indonesia terbilang lesu, faktanya adalah adanya persaingan perebutan penguasa pasar antara Asus dan Lenovo. Data lembaga riset Gfk dikutip dari Grid id menunjukkan bahwa Asus berhasil menguasai pasar Laptop Indonesia dengan angka 41,8 persen di akhir tahun 2018, naik 0,6 dibanding tahun sebelumnya.

Sebelum membeli sebuah Laptop atau PC, penting bagi kamu untuk mengetahui spesifikasi yang akan kamu beli, pastikan spesifikasinya sesuai dengan yang dibutuhkan. Pembelian Laptop / PC yang tidak sesuai kebutuhan akan berdampak antara lain rugi secara finansial apabila kamu termasuk Over Spec atau rugi karena spesifikasi Laptop / PC ternyata di bawah kebutuhan kamu.

Over Spec atau over specification adalah kondisi di mana pengguna memiliki perangkat yang berlebihan dalam artian scope penggunaannya jauh di bawah fitur yang ditawarkan oleh perangkat, tentu hal tersebut sangat merugikan pengguna karena alih-alih menggunakan perangkat berfitur lengkap, pengguna dapat membeli perangkat yang lebih sesuai.

Cermat serta teliti dalam memutuskan untuk membeli sebuah Laptop / PC sangatlah perlu, karena biasanya sekali membeli perangkat tersebut supaya dapat digunakan dalam jangka panjang. Jangan lupa untuk menyesuaikan kebutuhan kamu sebagai calon pembeli dengan perangkat yang akan kamu incar.

Selain istilah overspec, dalam dunia Laptop / PC juga biasa mengenal istilah bottleneck. Bottleneck sendiri berarti keadaan di mana suatu komponen perangkat keras baik Laptop ataupun PC menghambat kinerja komponen lainnya yang menyebabkan menurunnya performa kerja perangkat. Gampangnya adalah apabila kamu membeli Laptop katakanlah dengan prosesor yang biasa saja namun dipasangkan dengan VGA yang berharga jutaan. Maka logikanya prosesor dengan harga demikian tentu tidak dapat mengimbangi performa VGA yang jauh di atasnya.

Dari berbagai penjelasan di atas, kamu harus hati-hati dan teliti sebelum membeli Laptop / PC supaya tidak menyesal di kemudian hari. Langsung saja kita bahas cara mengetahui spek pada Laptop / PC.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop / PC

1. Lakukan riset dengan mengunjungi website produk PC / Laptop, catat harganya dan bandingkan dengan produk lainnya.

2. Mengetahui spesifikasi Laptop / PC secara singkat, lakukan sebagai berikut:

  • Masuk ke File Explorer
  • Arahkan kursor ke Computer atau This PC lalu klik kanan sehingga akan muncul di bawah ini:

Cara Cek Spesifikasi PC / Laptop di Windows 10

  • Klik Properties, maka akan muncul detail singkat spesifikasi perangkat kamu.

detail singkat spesifikasi perangkat di windows 10

3. Untuk melihat tampilan spesifikasi secara detail, ikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu Search dan ketik “dxdiag”.

Masuk ke menu Search dan ketik dxdiag

  • Klik pilihan dxdiag, selanjutnya kamu akan diberikan detail spesifikasi perangkat secara lengkap.

detail spesifikasi pc secara lengkap di wondows 10

Itulah beberapa cara bagi kamu untuk melihat-lihat spesifikasi Laptop / PC idamanmu sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga cara cek spesifikasi PC / laptop diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply