9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows 10

Menginstall aplikasi di Windows 10 tidak selamanya berjalan dengan lancar. Terkadang kamu akan mengalami masalah yang tidak terduga seperti kamu tidak bisa install aplikasi di windows, lalu akan muncul pesan error di layar. Misalnya kamu hanya dapat menginstall aplikasi dari Windows Store atau aplikasi yang coba kamu install bukan aplikasi yang diverifikasi oleh Microsoft.

Perlu kamu ketahui bahwa Windows Store telah diganti namanya menjadi Microsoft Store tetapi kode kesalahan belum diperbarui. Tentunya kamu sudah tahu bahwa tidak semua aplikasi tersedia di Microsoft Store dan sebagian besar pengguna Windows terbiasa menginstall aplikasi secara langsung menggunakan Executable .exe. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika Windows tidak mengizinkanmu menginstall aplikasi atau Software apapun.

Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows 10

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Windows 10

1. Menonaktifkan Windows Mode S

Beberapa PC dan Laptop seperti seri Surface sebelumnya sudah diinstall dengan Windows 10 dalam Mode S. Perbedaannya kamu hanya bisa menginstall aplikasi dari Microsoft Store dan bisa menginstall aplikasi dari pihak ketiga sama sekali di Windows.

Microsoft mengatakan mode S adalah Safe atau aman tetapi lebih terbatas. Sebenarnya kamu bisa saja keluar dari mode S, akan tetapi kamu tidak bisa mengaktifkan mode S lagi di komputermu. Untuk menonaktifkan mode S adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama tekan Windows+I pada Keyboard untuk membuka jendela Settings.
  • Kemudian buka jendela Update & Security dan klik tab Activation.
  • Pada tab Activation klik Go to Store pada bagian Switch to Windows 10 Pro. Berhati-hatilah kamu jangan mengklik Go to Store di bagian bawah “Upgrade your edition of Windows”.
  • Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman Switch Out of S Mode di Microsoft Store. Klik tombol Get dan tunggu konfirmasi.

Sekarang seharusnya kamu sudah bisa menginstall aplikasi pihak ketiga di komputer atau laptop Windows 10 milikmu.

2. Periksa Apakah Aplikasi Kompatibel

Microsoft saat ini memiliki beberapa versi Windows yang beredar, yang saat ini mendukung Windows 10 dan 11. Sementara Microsoft sekarang menghentikan dukungan untuk Windows 7. Kamu bisa memriksa persyaratan untuk memastikan bahwa aplikasi yang kamu coba install mendukung di komputermu. Kamu bisa melihat kompatibilitas OS di halaman Download.

3. Mengaktifkan Instalasi Pihak Ketiga Dari Pengaturan

Baik windows 10 maupun 11 memiliki pengaturan yang membatasi penginstalan aplikasi dari luar Microsoft Store. Walaupun tidak di aktifkan secara default, mungkin pengaturannya sudah terkonfigurasi di Komputermu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama tekan Windows + I pada keyboard untuk membuka jendela Settings.
  • Kemudian buka menu Apps.
  • Lalu pada tab Apps & features pada bagian Choose where to get apps ubah menjadi Anywhere dari menu drop down.

4. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Kurannya ruang penyimpanan pada komputer juga menjadi penyebab lain mengapa kamu tidak bisa menginstall aplikasi dari pihak ketiga di komputermu. Selain file, ruang penyimpanan dan aplikasi yang kamu install, cache dan data lainnya menumpuk dengan cepat. Aplikasi edit foto atau video dan game berat memakan banyak ruang penyimpanan.

Copot saja aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi, jalankan CCleaner untuk menghapus cache dan file sampah lainnya, menghapus file besar atau kamu juga bisa memindahkannya ke SSD atau HDD eksternal. Jika sudah, sekarang kamu bisa mencoba menginstalnya kembali.

Baca juga: 6 Cara Menghapus Akun Microsoft Di Komputer Windows 10

5. Menggunakan Run As Administrator

Sebenarnya menginstall aplikasi menggunakan Run as Administrator adalah cara lama yang masih berfungsi. Kamu juga bisa mencoba menggunakan cara ini, pertama kamu menjadi Administrator untuk menginstall Aplikasi di komputermu. Kemudian kamu klik kanan pada aplikasi yang ingin kamu Install dan pilih Run as Administrator.

6. Periksa Komputermu, Menggunakan 32-Bit atau 64-Bit

Sekarang komputer Windows kebanyakan menggunakan 6-bit, namun beberapa PC lama mungkin masih menggunakan versi 32-bit. Karena itu ke banyak Software tersedia dalam versi 32 dan 64-bit. Untuk mengetahui komputer atau laptopmu menggunakan 32 atau 64-bit kamu bisa menggunakan cara dibawah ini.

  • Untuk memeriksa versi Windows di komputermu, pertama kamu buka jendela Settings, lalu kamu pilih menu System.
  • Kemudian pada jendela System kamu buka menu About. Kamu bisa melihat jenis sistem yang digunakan komputermu pada bagian Device Specifications.

7. Jalankan Program Compatibility Troubleshooter

Windows 10 dan 11 hadir dengan fitur Troubleshooter bawaan untuk membantu memperbaiki masalah umum seperti yang kamu hadapi, tidak bisa menginstall aplikasi dari pihak ketiga. Salah satu pemecahan masalah tersebut ialah untuk memeriksa kompatibilitas aplikasi. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama tekan Windows+I untuk membuka jendela Settings, lalu pada kotak pencarian ketikan “Compatibility” untuk mencari Run programs made for previous versions of Windows.
  • Lalu, pada tampilan Pop-up, klik tombol Next dan ikuti petunjuk yang ada di layar.

Selain pemecahan masalah seperti diatas kamu juga bisa menjalankan pemecahan masalah penginstalan dan penghapusan program, akan tetapi itu tidak tersedia secara default. Jika kamu ingin menggunakannya kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah diunduh, cukup buka file untuk menjalankannya secara langsung. Kamu tidak perlu menginstall apapun, tinggal ikuti petunjuknya di layar.

8. Aktifkan Mode Developer

Mode developer adalah pengaturan tingkat lanjut dan sebagian besar pengguna Windows tidak menggunakannya. Kamu bisa menonaktifkan mode pengembang dan dapat dengan mudah menginstall aplikasi pihak ketiga dari luar Microsoft Store. Akan tetapi, jika kamu tidak bisa dan kamu adalah pengguna yang paham komputer, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

  • Pertama buka jendela Settings, kemudian buka menu Update & Security.
  • Kemudian pada jendela Update & Security buka tab for Developer.
  • Selanjutnya, kamu aktifkan Developer Mode dengan dengan menggeser toggle ke kanan atau mengkliknya.
  • Nanti akan muncul tampilan peringatan mengenai resiko mengaktifkan mode developer. klik YES untuk mengkonfirmasi.
  • Jika developer mode sudah diaktifkan, centang opsi Install apps from any source, including loose files. Lalu tinggal reboot komputer.

Disarankan jika sudah selesai menginstall aplikasi untuk menonaktifkan mode developer. Mengaktifkan opsi diatas memiliki resiko keamanan dan privasi. Selain itu kamu juga harus mendownload dan install aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya.

9. Uninstall Aplikasi Versi Lama

Tentunya kamu tahu kalau tidak bisa menginstall aplikasi yang sama dua kali di komputer. Walaupun itu versi yang berbeda dari aplikasi yang sama. Misalnya Microsoft menyarankan untuk tidak menginstall Office 2016 dan 2019 atau versi lainnya secara bersamaan. Ini tidak akan berhasil, Microsoft Store akan mendeteksi versi aplikasi yang lebih lama secara otomatis, tetapi jika kamu menginstallnya secara langsung, itu mungkin tidak terdeteksi.

Perlu kamu ketahui bahwa beberapa aplikasi memerlukan aplikasi pendukung agar bisa berfungsi. Oleh karena itu, kamu harus menemukan dan menguninstallnya juga sebelum kamu dapat menginstall versi aplikasi yang berbeda di Windows. Misalnya beberapa game membutuhkan Steam, menginstall iTunes juga harus menginstall Apple Mobile Device Support dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi Di Komputer Atau Laptop Windows 10

Itulah beberapa cara mengatasi Windows 10 tidak bisa install Aplikasi, yang bisa kamu lakukan. Semoga apa yang sudah dijelaskan di atas bisa bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.