Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dengan Cepat

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dengan Cepat – Sebelum kami menerangkan tentang cara masuk safe mode Windows 10, penting untuk mengetahui pengertian dan fungsi dari safe mode itu sendiri. Safe mode atau safe mode merupakan mode yang ada di seluruh sistem operasi Windows. Salah satu fungsi yang dimiliki oleh mode ini adalah untuk melakukan pengecekan atau troubleshooting terhadap berbagai permasalahan pada program. Contohnya ketika program tersebut tidak dapat berjalan atau bahkan karena komputer maupun laptop terkena virus.

Meskipun setiap sistem operasi Windows dibekali dengan safe mode, namun untuk masuk ke mode ini bisa dengan beragam cara, tergantung versi sistem operasi yang kamu gunakan. Perlu kamu ketahui bahwa ketika komputer sudah masuk ke mode ini, maka sistem operasi hanya akan memuat dan menjalankan beberapa driver serta aplikasi yang memang merupakan aplikasi penting.

Dengan begitu, maka aplikasi maupun pengaturan yang bermasalah tidak dapat berjalan safe mode ini. Lalu bagaimana cara masuk safe mode Windows 10?

3 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Untuk kamu yang sekarang menggunakan Windows 10, silahkan simak informasi penting di bawah ini:

1. Masuk Safe Mode Melalui System Configuration

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah masuk melalui system configuration. Untuk bisa masuk ke sistem ini, maka yang harus kamu lakukan adalah ketik msconfig atau bisa juga system configuration. Dimana kamu harus mengetiknya? Kamu ketik perintah tersebut di menu pencarian Windows atau di Search Windows. Jika berhasil, maka kamu akan dibawa ke jendela sistem konfigurasi tersebut.

membuka system configuration

Baca juga: Cara Mengetahui Lisensi Windows 10 Retail/OEM/Volume

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah carilah tab Boot. Kemudian, kamu ceklist untuk opsi Safe Boot yang letakkan di bagian kiri bawah. Pada bagian bawah kamu akan menemukan ada setidaknya 4 metode untuk safe boot, yakni seperti gambar di bawah ini:

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dengan Cepat

2. Cara Kedua Dengan Menekan F8

Menekan F8

Cara kedua yang juga bisa membantumu masuk ke Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8. Kapan kamu harus menekan tombol ini? Pada saat proses booting, maka kamu harus langsung menekan tombol ini. Jangan tekan sekali melainkan kamu harus menekannya beberapa kali sehingga nanti kamu akan langsung dibawa ke tampilan safe mode.

Akan tetapi, konon Windows 10 menghilangkan perintah F8. Tapi kamu masih memiliki trik yang lainnya yaitu dengan mengetikkan di CMD bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy. Tinggal tekan enter. Setelah ini baru kamu bisa menekan tombol F8 kembali ketika booting dan dijamin kamu bisa masuk ke safe mode menggunakan tombol ini.

3. Cara Ketiga Dengan Advanced Setup

Advanced Setup

Cara masuk safe mode Windows 10 yang terakhir adalah melalui Advanced Setup. Kamu harus masuk ke menu Setting dan pilihlah Update & Security. Setelah itu, kamu pilih Recovery. Di bagian Advanced Setup, kamu akan menemukan tulisan Restart. Kamu hanya perlu menekannya dan biarkan laptop atau komputermu masuk ke Recovery Mode. Di sini kamu akan dihadapkan oleh 3 pilihan, yaitu Turn off your PC, continue, dan troubleshoot.

Kamu harus memilih troubleshoot – Advanced Options dan kamu akan dihadapkan lagi dengan beberapa pilihan. Pilihlah Startup Settings dan sekarang kamu hanya perlu melakukan restart. Kamu sekarang seharusnya sudah bisa masuk ke safe mode. Sekarang kamu hanya perlu memilih jenis safe mode mana yang akan kamu gunakan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh

Selain menggunakan cara-cara di atas, sebenarnya kamu masih dapat menggunakan cara lain, yakni dengan menekan tombol start – tombol power. Silahkan kamu tahan kemudian tekan Shift dan pilihlan restart. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk komputer. Nah itulah 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke safe mode di windows 10, semoga apa yang di sampaikan diatas bisa membantu.

Leave a Reply