10 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik 2020

Selembar.com – Situs download subtitle ada banyak jenisnya dan umumnya memiliki spesifikasi sendiri, misal untuk film Hollywood atau Asia. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tidak semua film yang bisa diputar di laptop atau PC menggunakan Bahasa Indonesia. Sebagian besar dari film justru menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa asing lain. Akibatnya, kita jadi tidak paham dengan apa yang sedang dibicarakan. Maksud dari film pun jadi sulit dipahami dari awal sampai akhir.

Solusi dari permasalahan ini adalah menggunakan subtitle. Kamu bisa mendapatkan file caption ini dari situs download subtitle yang banyak ditemukan di luar sana. Setelah itu, file bisa segera dijadikan satu dengan video agar tulisan bisa terbaca saat diputar.

10 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik

Situs download subtitle ada banyak dan umumnya memiliki ragam bahasa berbeda-beda. Ada situs yang digunakan untuk mengunduh subtitle Indonesia dan ada pula yang hanya menyediakan subtitle bahasa asing. Berikut uraian selengkapnya.

1. Subscene

10 Rekomendasi Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik

Salah satu situs download subtitle yang sangat lengkap saat ini. Dengan menggunakan Subscene, kamu bisa mengunduh berbagai teks video dari berbagai bahasa di dunia. Yang paling banyak adalah Bahasa Inggris meski Bahasa Indonesia juga ada.

Pilihan bahasa yang ada pada Subscene umumnya tergantung dengan ketenaran film atau series. Misal video yang akan dilihat adalah film Hollywood, kemungkinan besar bahasa yang didukung ada banyak. Tidak hanya Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, Bahasa Arab pun juga ada.

Selanjutnya serial yang sedang booming baik itu disiarkan oleh aplikasi streaming maupun TV internasional, kemungkinan besar akan ada. Subtitle di sini biasanya berjenis open sub. Artinya, semua orang bisa membuat subtitle atau membentuk sebuah tim tersendiri kemudian mengunggahnya di Subscene.

Baca juga: 10 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat di Android

2. Podnapisi

Podnapisi rekomendasi situs download subtitle gratis

Alternatif lain kalau ingin mengunduh file subtitle adalah Podnapisi. Situs ini menawarkan dua jenis subtitle. Pertama adalah film yang dirilis di Hollywood dan studio kelas internasional lainnya. Selain itu ada juga TV series yang banyak ditayangkan oleh TV di Amerika dan Eropa.

Database yang dimiliki oleh aplikasi ini cukup besar. Kamu bisa mencari subtitle dengan hanya mengetikkan judul saja. Selanjutnya akan ada pilihan untuk mengunduh sesuai dengan pilihan bahasa yang dibutuhkan. Namun, Podnapisi umumnya hanya menyediakan subtitle untuk serial atau film terkenal saja.

3. iSubtitles (Situs Download Subtitle)

iSubtitles

Database yang dimiliki oleh situs ini memang tidak sebanyak Subscene. Namun, website ini menawarkan kelebihan tersendiri. Pertama adalah subtitle yang diberikan umumnya cocok dengan format video tertentu. Jadi, teks tidak akan terlalu lambat atau terlalu cepat.

Selain itu, subtitle yang ada di situs Subscene umumnya memiliki terjemahan berkualitas baik. Misalnya, subtitle Bahasa Inggris dari film berbahasa Belanda, tejemahannya berkualitas tinggi. Jadi, kalau diterjemahkan lagi ke Bahasa Indonesia hasilnya akan maksimal.

4. Opensubtitles

Opensubtitles

Beberapa situs penyedia download subtitle umumnya menyediakan antarmuka yang sangat kompleks. Dampaknya, saat membukanya saja terasa lambat dan banyak komponen yang mengganggu. Namun, tidak demikian dengan Opensubtitles. Desainnya sangat minimalis dan hanya menampilkan teks dan gambar seperlunya.

Meski sangat minimalis, situs ini banyak pengguna dan juga kontributornya. Saat ini Opensubtitle memiliki sekitar 6 jutaan lebih data. Dengan database subtitle yang sangat besar, kamu tidak akan kesulitan dalam mendapatkan teks yang sesuai dengan judul dan format video yang dimiliki.

5. Subtile.hr

Subtile.hr

Sama halnya dengan situs penyedia subtitle lain yang ada di dunia maya, kamu akan dimudahkan dalam mencari judul film atau series di Subtile.hr. Bahkan, ada daftarnya mulai dari A sampai Z. Dari sana kamu bisa melakukan penyaringan untuk mendapatkan subtitle yang sesuai.

Masing-masing subtitle yang ada memiliki rating yang berbeda-beda. Dari rating itu kamu bisa tahu mana saja subtitle yang kualitas terjemahannya bagus. Jadi, kamu bisa langsung memilih Top uploader daripada subtitle lain yang rating-nya rendah.

6. Islandsubs

Islandsubs

Khusus pada Islandsub, kamu akan sulit mencari teks untuk film atau series produksi Amerika dan Eropa. Umumnya, subtitle yang ada di sini merupakan terjemahan dari teks Bahasa Jepang dan juga Bahasa Korea.

Ya, benar sekali, Islandsubs merupakan pusat subtitle yang berasal dari Drama Korea atau Drama Jepang. Situs ini juga menyediakan film Asia dengan kualitas terjemahan baik. Secara eksklusif, Islandsubs menyatakan dirinya sebagai pusatnya drakor dan dorama yang saat ini masih memiliki penggemar setia.

Drama dari daratan Tiongkok dan Taiwan juga mudah didapatkan di sini. Apalagi saat ini sudah banyak situs streaming menghadirkan series oriental dengan kualitas yang mumpuni. Tidak kalah dengan tayangan dari Netflix.

Baca juga: Aplikasi Nonton Film Terbaik di Android

7. BollyNook (Download Subtitle Film India)

BollyNook (Download Subtitle Film India)

Jika kamu suka nonton film bollywood dan kamu ingin memahami bahasa india lebih baik, kamu mendowload subtitlenya situs ini. Bollynook menyediakan subtitle film bollywood dengan berbagai macam terjemahan bahasa seperti Inggris, Prancis, Spanyol dan lainnya termasuk bahasa Indonesia.

Tidak hanya menyediakan subtitle untuk film bollywood saja, bollynook juga menyediakan subtitle lirik-lirik lagu India yang bisa kamu download.

Situs ini juga mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah dipahami jadi kamu bisa dengan nyaman mencari subtitle untuk film yang ingin kamu tonton.

8. Subdl

Subdl

Tak jauh berbeda dari situs download subtitle yang lainnya, subdbl.com juga menyediakan subtitle dari berbagai macam genre film dengan beragam terjemahan tak terkecuali bahasa indonesia. Kamu juga akan melihat film dengan subtitle yang paling banyak di download di situs ini pada Popular Subtitles, yang membuat kamu penasaran dan ingin menonton filmnya.

Dari segi tampilan subdl memiliki desain yang minimalis dan enak di pandang oleh mata, karena tidak terlalu banyak kombinasi warna. Sehingga kamu bisa dengan nyaman mencari subtitle film yang di inginkan. Situs download subtitle ini menjadi pilihan utama jika kamu tidak bisa mengakses situs download subtitle film pilihanmu.

9. Subtitlesdl

Subtitlesdl

Jika belum menemukan subtitle untuk film yang akan kamu tonton, Subtitlesdl.net laya kamu coba sebagai alternatifnya. Situs ini menyediakan banyak sekali subtitle film dari berbagai macam genre film dari mulai action, drama, horrorĀ  hingga animasi.

Dengan tampilan latar belakang bertema gelap membuat mata betah berlama-lama di situs ini, selain itu dengan tidak adanya iklan di situs ini sehingga nyaman untuk dilihat.

Subtitlesdl juga menyadiakan deskripsi film yang cukup lengkap dari mulai tahun rilis, durasi film, bahasa sampai dengan rating IMDB nya.

10. Isubscene (Alternatif Subscene)

Isubscene situs download subtitle alternatif subscene

Walaupun memiliki tampilan yang sederhana, namun Isubscene menyediakan banyak sekali subtitle yang siap untuk kamu download. Jika dilihat desainnya situs ini mirip dengan Subscene yang menggunakan warna kalem untuk antar mukanya.

Situs ini juga memiliki subtitle yang lengkap serta rajin update subtitle baru dengan bahasa yang beragam. Isubscene sangat layak kamu jadikan rekomendasi untuk mendownload subtitle.

Untuk mencari subtitle di situs ini juga sangat gampang sama seperti pada situs lainnya, kamu hanya memasukkan judul film pada kotak pencarian. Jika sudah ketemu klik judul filmnya, nanti kamu akan sisuguhkan list subtitle dari berbagai macam bahasa.

Baca juga: Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android

Rekomendasi Tempat Download Subtitle Lainnya

Selain dari sepuluh situs download subtitle yang direkomendasikan diatas tentunya masih banyak lagi situs-situs lainnya, diantaranya yaitu:

  • idfl.info
  • fardasub.pw
  • sub.imvsdata.com
  • sf4-industry.com
  • subs.dog
  • animesave.com
  • tv-subs.net

Jenis File Subtitle yang Dipakai di Video

Saat akan melihat video dari komputer atau PC, biasanya akan ada file tambahan dengan format yang tidak dikenal. Nah, file itu adalah subtitle yang berfungsi untuk menampilkan teks terjemahan. Format subtitle yang umum dipakai terdiri dari:

1. SRT

Penggunaan format .srt banyak dipakai untuk format video MKV atau MP4. Dengan format ini, video bisa diputar di PC atau di ponsel pintar. Asal ada subtitle dengan nama sama, teks akan muncul dengan sendirinya.

2. Sub

Biasanya dipakai untuk video yang dirilis resmi oleh perusahaan film. Format ini telah terintegrasi dengan DVD atau bluray. Kamu bisa memunculkan atau mematikan teks ini langsung dari aplikasi pemutar video.

3. TXT

Kamu mungkin tidak asing dengan format paling dasar yang banyak digunakan untuk membuat subtitle ini. Biasanya, text subtitle dapat dibuka dengan notepad, lengkap dengan waktunya. Format .txt juga dapat dikonversikan ke format .srt.

Cara Memasukkan Subtitle ke Film atau Video

Setelah download subtitle, apa yang harus dilakukan untuk memasukkannya ke dalam video? Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama dengan mengubah nama subtitle dan kedua dengan memasukkan ke dalam sistem video.

1. Mengganti Nama Subtitle

Setelah mendapatkan file subtitle dengan ekstensi .srt atau. txt, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memindahkan ke dalam folder yang sama dengan video. Setelah masuk ke sana, kamu bisa mengubah nama file subtitle agar sama dengan nama file video yang akan diputar. Bisa juga sebaliknya, ubah nama file video agar sama dengan subtitle.

Setelah perubahan ini dilakukan, video bisa segera diputar seperti biasanya. Kamu tidak perlu menambahkan apa pun. Subtitle akan muncul dengan sendirinya. Kalau dalam video tidak muncul, kamu bisa menyetingnya sendiri agar teks bisa muncul ke layar.

2. Memasukkan ke Sistem Video

Selanjutnya subtitle dimasukkan ke dalam sistem video. Caranya dengan mengedit video dan menambahkan teks. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengedit video yang memiliki fitur untuk menambahkan teks.

Subtitle yang ditambahkan dengan cara ini biasanya menjadi satu. Jadi, setiap video diputar, subtitle akan muncul dengan sendirinya. Umumnya teks tidak akan bisa dihilangkan karena sudah terintegrasi dengan frame.

Tim Penyusun Subtitle

Ada dua jenis subtitle berdasarkan kelompok penyusun. Pertama jenis open subtitle. Varian open subtitle umumnya memberikan kebebasan pada seorang subber atau kelompok subber yang tidak berafiliasi langsung dengan film untuk menerjemahkan sesuai dengan kemampuannya.

Yang kedua adalah jenis close sub. Umumnya tim ini dibentuk oleh pihak pembuat film atau serial. Tim ini diminta untuk membuatkan subtitle dan nantinya dirilis bersamaan dengan film. Salah satu contoh dari tim pembuat ini dimiliki oleh situs streaming online resmi seperti Netflix.

Format Subtitle yang Sering Digunakan

Format subtitle yang banyak dipakai oleh masyarakat ada tiga, berikut selengkapnya:

1. Hardsub

Subtitle jenis ini umumnya sudah tergabung langsung dengan video. Saat kamu mendapatkan video, subtitle sudah ada di dalamnya. Umumnya subtitle akan keluar dengan sendirinya atau disetting dahulu agar dapat ditampilkan saat video diputar dan disesuaikan pilihan bahasanya.

Beberapa jenis video dengan hardsub di dalamnya kerap tidak bisa dihilangkan. Misal video hasil leak, umumnya ada teks dari bahasa asing yang sangat mengganggu. Bahkan, sebagian tulisan menutup bagian dari video sehingga dapat menggaggu kenyamanan saat menonton.

2. Softsub

Kebalikan dengan hardsub, file subtitle softsub tersedia sendiri di bagian luar dengan format .srt atau .txt. Asal subtitle ada di dalam folder yang sama, kamu bisa melihat film dengan subtitle. Pastikan nama file sama, ya agar subtitle muncul otomatis saat video diputar.

3. Prerendered

Umumnya, jenis subtitle ini dipakai pada DVD atau bluray. Jadi, saat data video disalin ke PC, subtitle-nya harus ikut disalin agar bisa diputar. Beberapa video memiliki substitle semi hardsub, tetapi bisa diatur untuk dikeluarkan atau disembunyikan kalau kamu tidak membutuhkannya.

Aplikasi Pembuat Teks Terjemahan

Jika ingin membuat subtitle sendiri untuk video tertentu, kamu bisa menggunakan software atau aplikasi berikut ini:

  • Notepad. Aplikasi bawaan dari Windows ini digunakan untuk membuat subtitle dengan ekstensi .srt atau .txt. Jika video milikmu tersedia dalam bahasa asing yang tidak kamu pahami, kamu bisa menerjemahkan teks dari subtitle Bahasa Inggris yang umumnya sudah tersedia di dunia maya. Selanjutnya, jangan lupa simpan subtitle menggunakan nama yang sama dengan file video.
  • Subtitle Workshop. Aplikasi ini sering dipakai untuk membuat subtitle dan memudahkan pembuat untuk menyimpan file sesuai kebutuhan. Teks yang dibuat dengan aplikasi ini juga bervariasi dan bisa diganti ukuran, jenis, dan warnanya sesuai dengan keinginan.
  • Aegisub. Secara fungsi aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi sebelumnya. Pengaturan teks bisa dilakukan dengan lebih kreatif. Namun, ada kelebihan lain dari aplikasi Aegisub yaitu kemudahan dalam memajukan atau memundurkan waktu untuk memudahkan sinkronisasi. Jadi, kamu tidak akan kerepotan menyesuaikan waktu kemunculan subtitle dengan pengucapan dalam video.

Inilah ulasan tentang situs download subtitle yang akan membantu kamu dalam menyaksikan film. Pilih situs mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menemukan subtitle dengan bahasa tertentu yang kamu butuhkan.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Di Android Terbaik

Dari beberapa situs yang tersaji di atas, Subscene cukup direkomendasikan karena menghadirkan database yang sangat besar. Pilihan bahasanya juga sangat beragam sehingga cocok untuk mencari subtitle film terbaru atau serial yang umumnya rilis setiap seminggu sekali.

Leave a Reply