Pengertian Ideologi dan Fungsinya

Pengertian Ideologi  dan Fungsinya РApa sih yang dimaksud dengan ideologi?. Istilah ideologi berasal dari kata idea yang berarti gagasan konsep, pengertian dasar dan cita-cita, sedangkan logos yang berarti kamu. Kata idea berasal dan bahasa Yunani eido yang berarti bentuk. Ada lagi kata idein yang artinya melihat, Secara harfiah ideologi berarti ilmu pengetahuan tentang ide-ide atau ajaran-ajaran tentang pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari idea sering disamakan dengan cita-cita. Ideologi merupakan seperangkat gagasan yang ideal tentang bagaimana suatu masyarakat hendak diatur atau bentuk kehidupan seperti apa yang hendak dituju.

pengertian ideologi dan fungsinya

Secara umum dapat dikatakan Ideologi adalah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut dan mengatur tingkah laku sekelompok manusia tertentu dalam berbagai bidang kehidupan. Dapat dikatakan didefinisikan sebagai suatu sistem pemikiran mengenai teori politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian ideologi yang dikemukakan dalam kamus dan oleh para pakar dengan sudut pandang yang berbeda, antara lain:

1. Kamus Istilah Populer , Ideologi adalah cita-cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik, paham kepercayaan (ideologi komunis, ideologi Islam, dan lain-lain).

2. Moerdiono, Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang masyarakat untuk memahami jagal ayam dan bumi beserta isinya, serta menentukan sikap dasar untuk pengetahuannya

3. Alfian, Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang baik yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan

4. Padmo Wahyono, Ideologi adalah suatu kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar. Ideologi merupakan suatu kelanjutan atau konsekuensi dari pandangan hidup bangsa. Falsafah hidup bangsa berupa seperangkat tata nilai yang diutamakan akan terealisasi kehidupan dalam berkelompok.

Baca juga: Pengertian Berita: Arti, Ciri-Ciri, Nilai dan Syarat-Syaratnya

5. IKIP Malang, Ideologi adalah seperangkat nilai, ide, dan cita-cita beserta pedoman dan metode melaksanakan atau mewujudkannya.

6. Ilmiah Populasi, Ideologi adalah cita-cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik paham kepercayaan, dan seterusnya (ideologi sosialis, ideologi Islam).

7. Encyclopedia International, Ideologi adalah “system of ideas belief, and attitudes which underline the way of live in a particular group, class, or society (sistem gagasan, keyakinan dan sikap yang mendasari cara hidup suatu kelompok kelas atau masyarakat tertentu).

8. Francis Bacon, Menurut Francis Bacon, Pengertian ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

9. C. C. Rodee, Ideologi adalah sekumpulan ide yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan juga pelakunya.

10. Ali Syariati, Pengertian Ideologi adalah suatu keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau ras tertentu.

Dari berbagai pengertian ideologi dapat disimpulkan bahwa dalam konsep ideologi terkandung hal-hal berikut:

  • Adanya sekumpulan gagasan
  • Gagasan tersebut tersusun secara sistematis
  • Gagasan tersebut diyakini kebenarannya
  • Diwujudkan di dalam kehidupan nyata
  • Memberikan arah dan tujuan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Fungsi Ideologi

Berdasarkan uraian tersebut dapat kemukakan bahwa fungsi ideologi adalah sebagai berikut:

  1. Struktur kognitif yaitu keseluruhan pengetahuan merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian alam sekitarnya.
  2. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberi makna nota menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia
  3. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seorang dalam melangkah dan bertindak.
  4. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami menghayati serta melakukan tingkah lakunya dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya
  5. Bekal dan jalan seseorang untuk menemukan identitasnya.
  6. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.

Itulah informasi mengenai pengertian ideologi secara umum dan menurut para ahli, dan fungsinya. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply