Macam-Macam Kebutuhan dan Alat Pemenuh Kebutuhan

Macam-Macam Kebutuhan dan Alat Pemenuh Kebutuhan – Kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam jenisnya dan jika dituruti tidak akan ada habisnya. Jika kebutuhan yang satu sudah terpenuhi makan akan muncul kebutuhan yang lain. Oleh karena itu setiap manusia juga harus sadar bahwa tidak semua kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi.

Sebagai manusia kita harus bertindak secara rasional, artinya setiap orang harus mengerti akan kebutuhan dan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhannya dan bertindak untuk mencegah pemborosan. Manusia juga dikenal memiliki sifat yang muncul secara alamiah yaitu rasa kurang puas yang ingin dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Pada dasarnya kebutuhan adalah keperluan manusia supaya mampu bertahan hidup.

Macam-Macam Kebutuhan

Macam-Macam Kebutuhan

Pada dasarnya manusia mempunyai kebutuhan yang sangat beragam dan dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya

Kebutuhan manusia menurut intensitas (tingkat) kegunaannya dapat diukur dengan prioritas atau ukuran tingkat pentingnya suatu kebutuhan.

1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer biasa juga disebut dengan kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang harus dipenuhi agar dapat layak hidup sebagai manusia. Kebutuhan primer meliputi makanan dan minuman, pakaian serta tempat tinggal. Tanpa ketiga macam kebutuhan tersebut pasti kelangsungan hidup manusia akan terganggu.

2. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang terkait dengan faktor lingkungan, tradisi masyarakat dan faktor psikologis. Kebutuhan sekunder dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder yaitu sepeda motor, handphone dan televisi.

3. Kebutuhan Tersier

Setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi akan muncul kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan barang mewah yang ditujukan untuk mempertinggi status sosial (prestise) atau terkait dengan hobi seseorang. Contohnya yaitu seperti mobil mewah, perhiasan mahal seperti berlian.

Baca juga: Macam-Macam Pasar Input Lengkap dengan Teorinya

Kebutuhan Menurut Bentuk Dan Sifatnya

Menurut bentuk dan sifatnya kebutuhan manusia dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

1. Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani atau kebutuhan materiil adalah kebutuhan yang berkaitan atau berhubungan dengan fisik manusia. Misalnya untuk menjaga kesehatan dan penampilan. Contoh kebutuhan jasmani adalah makan sehat, pakaian, olahraga dan lain-lain.

2. Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani atau kebutuhan spiritual diperlukan untuk memenuhi keperluan rohani, jiwa atau pikiran seseorang untuk mendapatkan kepuasan batin. Contohnya ibadah, liburan, pengetahuan dan yang lainnya.

Kebutuhan Menurut Subjek

Kebutuhan menurut subjek ini digolongkan berdasarkan siapa yang membutuhkan

1. Kebutuhan Individu

Kebutuhan individual atau perorangan merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh tiap-tiap orang. Kebutuhan antara satu orang dengan yang lain tentu berbeda. Misalnya kebutuhan antara anak sekolah dengan kebutuhan mahasiswa, kebutuhan seorang anak dengan seorang ibu.

2. Kebutuhan Kelompok

Kebutuhan kelompok atau kolektif meliputi kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok orang secara Bersama-sama. Penyediaan kebutuhan ini umumnya dilakukan oleh masyarakat secara Bersama-sama dan pemerintah. Sebagai contoh fasilitas umum, keamanan dan kebersihan umum.

Kebutuhan Menurut Waktu

Kebutuhan menurut waktunya dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1. Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan harus mendapat prioritas. Kebutuhan ini umumnya bersifat rutin dan merupakan kebutuhan pokok yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Misalnya obat saat sakit, makan saat lapar, minum saat haus.

2. Kebutuhan Masa Depan

Kebutuhan masa depan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi pada masa yang akan datang. Kebutuhan ini bias disiapkan jauh hari sebelumnya. Sebagai contoh kebutuhan Pendidikan anak dan memiliki rumah sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang dapat dilakukan dengan cara menabung atau asuransi.

Baca juga:Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Alat Pemenuh Kebutuhan

alat pemenuh kebutuhan

Kebutuhan yang mendorong manusia untuk menciptakan barang dan jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan. Nah berikut pengelompokan alat pemenuh kebutuhan:

Barang Menurut Cara Memperolehnya

Barang menurut cara memperolehnya dapat dibedakan menjadi berikut:

1. Barang Ekonomi

Barang ekonomi jumlahnya relatif terbatas sementara itu yang membutuhkannya sangat banyak. Oleh karena itu, untuk memperoleh barang tersebut diperlukan pengorbanan berupa uang atau tenaga. Hampir semua barang yang dihasilkan manusia merupakan barang ekonomi.

2. Barang Bebas

Barang bebas tersedia dalam jumlah yang melimpah melebihi yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu barang ini bias didapatkan tanpa pengorbanan. Contoh barang bebas adalah udara dan sinar matahari.

3. Barang illith

Barang illith adalah barang yang jika tersedia dalam jumlah yang berlebihan akan merugikan bahkan bias membahayakan kehidupan manusia. Sebagai contoh yaitu air dan api. Air dibutuhkan untuk banyak hal seperti minum, mandi, mencuci dan memasak. Api digunakan untuk memasak. Namun jika dalam jumlah yang sangat banyak air bisa menyebabkan banjir, sementara api dapat menimbulkan kebakaran yang tentunya akan merugikan manusia.

Barang Menurut Penggunaannya

Menurut penggunaannya barang dapat dibedakan menjadi berikut:

1. Barang Konsumsi

Barang konsumsi adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi sering disebut juga barang jadi atau barang akhir. Barang konsumsi bisa dibedakan menjadi barang konsumsi tahan lama dan tidak tahan lama. Untuk barang konsumsi tahan lama seperti pakaian dan perabot rumah tangga sedangkan untuk yang tidak tahan lama seperti makanan, sayuran, roti dan yang lainnya.

2. Barang Produksi

Barang produksi adalah barang yang digunakan untuk menghasilkan barang konsumsi atau barang modal lain. Barang produksi digunakan dalam proses produksi lanjutan.

Barang Menurut Hubungan dengan Barang Lain

Menurut hubungannya dengan barang lain, alat pemenuh kebutuhan dapat digolongkan menjadi berikut ini

1. Barang Substitusi

Barang substitusi adalah barang-barang yang sifatnya saling menggantikan. Contohnya pencil menggantikan bolpoin untuk menulis dan mentega menggantikan minyak goreng untuk menggoreng.

2. Barang Komplementer

Barang ini adalah barang yang penggunaannya harus dilengkapi dengan barang lain. Oleh karena itu, barang komplementer disebut juga dengan barang pelengkap. Contohnya mobil dengan bensin, pulpen dengan tinta.

Barang Menurut Proses Pembuatannya

1. Barang Mentah

Barang mentah merupakan bahan dasar pembuatan alat pemenuh kebutuhan. Bahan mentah (raw material) belum bisa digunakan tanpa pengolahan terlebih dahulu. Bahan mentah biasanya berupa hasil kekayaan alam atau hasil pertanian. Contohnya biji besi yang digunakan untuk bahan pembuatan besi dan baja, getah karet untuk membuat ban dan kapas sebagai bahan pembuatan benang.

2. Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi merupakan hasil pemrosesan barang mentah, tetapi masih digunakan dalam produksi selanjutnya. Misalnya benang yang diolah dari kapas dan digunakan lagi untuk bahan baku tekstil.

2. Barang Jadi

Barang jadi merupakan barang akhir dari rangkaian proses produksi dan siap di konsumsi. Barang jadi disebut pula barang akhir. Contohnya pakaian dan sepatu.

Baca juga: Motif Ekonomi: Pengertian Dan Macamnya

Nah, demikianlah uraian mengenai macam-macam kebutuhan serta alat pemenuh kebutuhan. Semoga apa yang sudah di uraikan diatas bisa bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply