Kelebihan dan Kekurangan VPS untuk Website Kamu

Apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan VPS? Bagi pengelola website, mengetahui hal ini sangatlah penting sama halnya saat kamu mempertimbangkan pemilihan layanan hosting murah. Namun pertimbangan tersebut ternyata masih belum cukup karena ada banyak hal yang mesti kamu pahami, termasuk VPS.

Saat ini, banyak layanan VPS murah yang beredar dan kamu harus paham apa saja keuntungan dan kerugian dari menggunakan layanan VPS tersebut. Untuk itu, berikut ini informasi secara lengkap tentang apa saja kelebihan serta kekurangannya.

Apa Itu VPS?

Kelebihan dan Kekurangan VPS untuk Website Kamu

VPS adalah sebuah server virtual yang mempunyai resource sendiri serta hanya dipakai untuk satu pelanggan saja. Lalu kenapa namanya server virtual? Alasannya, virtual private server adalah server yang memakai teknologi virtualisasi agar dapat membagi satu server fisik hingga menjadi beberapa sistem virtual.

Pembagian tersebut membuat sejumlah virtual private server yang ada pada satu server fisik dapat menjalankan aplikasi maupun sistem operasi yang berbeda. Dengan begitu, kamu dapat mengaturnya sesuai kebutuhan serta keinginanmu.

Selain itu, virtual private server bukan termasuk server pribadi yang hadir dalam bentuk satu server fisik. Akan tetapi, VPS tersebut ada pada satu server fisik dengan beberapa VPS yang lainnya.

Selanjutnya, resource-nya bisa kamu gunakan serta atur secara mandiri tanpa harus terpengaruh oleh para pengguna virtual private server lainnya meskipun ada dalam satu server fisik.

Baca juga: Panduan Menggunakan Ubersuggest Untuk Riset Keyword

Jenis VPS

Sebelum menjelaskan kelebihan dan kekurangan VPS, kamu perlu tahu dulu mengenai jenis-jenisnya, yaitu:

1. Managed VPS

Merupakan sebuah layanan hosting yang tersedia lengkap dengan tim profesional yang bertugas mengurus berbagai hal terkait pengelolaan server. Tim tersebut bekerja untuk melakukan pemantauan selama 24 jam.

Selain itu, tugas tim profesional tersebut juga memperbarui sistem operasi, melakukan backup, serta mengelola sistem keamanannya.

2. Unmanaged VPS

Berbeda dari jenis yang pertama, unmanaged VPS masih mengharuskan para pengguna layanan VPS hosting agar dapat mengelola servernya secara mandiri. Tugas dari penyedia layanan server tersebut hanya menyediakan server fisik serta koneksi jaringan.

Kelebihan VPS

Sebelum membahas kekurangan VPS, sekarang kamu ketahui dulu apa saja kelebihan dan keunggulan dari layanan tersebut.

1. Pemanfaatan Resource Jadi Lebih Optimal

Adanya virtual private server, resources yang berupa CPU, RAM, serta bandwidth dapat kamu gunakan sendiri secara penuh. Kamu tidak perlu berbagi resource dengan user lainnya dan mereka pun juga tidak bisa ikut campur dengan resource yang kamu miliki. Dengan begitu, kinerja website menjadi lebih baik.

2. Performa Lebih Baik

Karena resource-nya kamu gunakan sendiri, maka tentu saja performa server akan lebih baik. Kemungkinan masalah downtime pun cenderung kecil karena memang server yang kamu gunakan tidak dipengaruhi pengguna lainnya.

Ketika performa suatu server bisa diandalkan, maka berdampak positif pada performa website. Website yang kamu miliki pun akan terhindar dari masalah misalnya bounceback dari pengunjung.

3. Harga Lebih Terjangkau daripada Dedicated Server

Pembahasan kelebihan dan kekurangan VPS berikutnya yaitu seputar harganya. Dari segi harga, virtual private server terbilang lebih murah.

Ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang baru mencoba membuat website karena mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan hanya perlu memanfaatkan layanan virtual private server.

Kekurangan VPS

Setelah membahas kelebihan VPS, ini dia kekurangan dan kelemahan dari penggunaan virtual private server.

1. Harus Mempunyai Kemampuan Teknis

Para pengguna virtual private server memang mendapatkan kontrol lebih baik. Akan tetapi, para pengguna juga harus paham bagaimana cara mengoperasikan server virtual tersebut dengan baik. Apalagi server menjadi bagian yang sangat penting dan bisa berpengaruh terhadap semua situs maupun aplikasi yang kamu miliki.

Ada satu kesalahan saja, akan menyebabkan masalah yang cukup fatal. Untuk itu, bagi yang belum mempunyai kemampuan untuk mengelola server virtual tersebut, maka perlu menyewa atau membentuk tim pengelola serta pemelihara server.

2. Tidak Setangguh Dedicated Server

Meskipun harga yang kamu dapatkan cenderung lebih murah, namun kemampuan yang kamu dapatkan tidak setangguh dedicated server. Ini yang juga perlu menjadi pertimbangan, terutama bagi website berskala besar.

3. Tidak Mempunyai Kendali Hard Server

Karena server yang kamu gunakan sifatnya virtual, maka sudah pasti pengguna tidak mempunyai kontrol terhadap hard server tersebut. Inilah yang menjadi kendala bagi beberapa orang yang ingin menggunakan virtual private server meskipun beberapa pengguna lain tidak mempermasalahkannya.

Kapan Kamu Memerlukan VPS?

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan VPS, lalu kapan kamu harus menggunakan virtual private server? Ada beberapa kondisi yang mengharuskan kamu untuk menggunakan server virtual, seperti:

  • Ketika membutuhkan banyak custome software.
  • Memerlukan privasi lebih baik.
  • Ketika traffic website tinggi.
  • Memerlukan resource yang mempunyai spesifikasi tinggi.

Sudah Paham Kelebihan dan Kekurangan VPS?

Jadi seperti itu pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan VPS. Jadi, sangat penting untuk memahami apa saja yang menjadi keuntungan atau kerugian yang kamu dapatkan nanti ketika menggunakan VPS.

Itu artinya, sebelum kamu memutuskan untuk memilih virtual private server, maka perlu memperhatikan informasi ini. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan apakah kelebihannya lebih banyak kamu rasakan dari pada kekurangannya.

Jika kamu sedang mencari penyedia layanan VPS berkualitas, Niagahoster adalah jawabannya.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *