Panduan Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword

Cara Menggunakan Ubersuggest – Kamu yang berkarier di dunia digital marketing pasti tidak asing lagi dengan istilah SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah cara untuk mengoptimalkan situs website perusahaan atau bisnis agar masuk dalam daftar teratas ketika dicari menggunakan mesin pencarian Google.

SEO berfokus pada pencarian kata kunci. Maka dari itu, jika kamu ingin menerapkan SEO pada website, kamu perlu mencari kata kunci atau keyword yang tepat. Untuk menemukan keyword yang tepat buat kontenmu, kamu perlu melakukan riset keyword. Salah satunya adalah mencari tahu kata kunci apa yang banyak dicari orang pada mesin pencarian.

Kata kunci tentu harus relevan dengan topik konten yang akan kamu buat. Kabar baiknya sekarang banyak tools yang membantu melakukan riset keyword, salah satunya adalah Ubersuggest.

Apa itu? Bagaimana cara menggunakan Ubersuggest untuk riset keyword SEO? Simak ulasannya berikut ini:

Mengenal Ubersuggest: Tools Untuk Riset Keyword SEO

Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword

Ubersuggest adalah tools yang dikembangkan oleh Neil Patel untuk optimasi SEO website. Tools ini dirancang khusus untuk membantu website mendapatkan posisi teratas di mesin pencarian Google. Pada prosesnya, alat ini akan memberikan data-data yang kamu butuhkan untuk melakukan optimasi SEO pada website, seperti ide konten, halaman teratas, backlink website, dan data statistik.

Ubersuggest juga terkenal dengan fitur keyword suggestion-nya. Fitur ini bisa membantu kamu untuk melakukan riset kata kunci untuk SEO. Tentunya kata kunci adalah hal yang penting dalam menerapkan SEO, dan fitur ini akan memudahkan kamu untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk konten website-mu.

Baca juga: Cara Mudah Menjadi Seller di TikTok Shop

Fitur-Fitur Uber Suggest

Berikut Fitur-fitur utama Ubersuggest yang bisa kamu gunakan untuk riset keyword antara lain:

1. Domain Overview

Domain overview adalah fitur terbaru yang bisa kamu gunakan dari tools optimasi ini. Dengan domain overview memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis SEO, analisis konten, dan traffic website. Canggihnya, fitur ini bisa memberikan insight tentang strategi marketing orang lain dan bisa mengadopsinya untuk website milikmu.

2. Top SEO Pages

Fitur Top SEO Pages bisa memberikanmu informasi tentang halaman-halaman mana yang paling banyak dicari dalam suatu domain dan diberi peringkat berdasarkan keyword.

3. Keyword Suggestion

Ini adalah salah satu fitur unggulan bagi pengguna. Keyword suggestion memberikan banyak rekomendasi kata kunci untuk artikel kamu, mulai dari keyword pendek hingga long-tail keyword. Selain itu, kamu juga bisa melihat data berapa kali keyword tersebut dicari di Google setiap bulannya.

4. Content Ideas

Content ideas memberikan info tentang konten apa saja yang paling banyak dibagikan ke sosial media lain, seperti facebook. Jadi, fitur ini bisa memberikan ide konten apa saja yang banyak diminati orang. Kamu bisa mengumpulkan topik yang populer dan menggunakannya untuk mengembangkan strategi bisnis kamu.

5. Backlink Data

Yang dimaksud dengan Backlink adalah link yang ditautkan pada artikel atau situs website. Backlink termasuk salah satu bagian terpenting dalam algoritma Google. Namun, masalahnya sulit untuk membangun suatu backlink untuk website. Fitur Ubersuggest memberikan akses data backlink dari website kamu dan juga website orang lain sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk membangun backlink di website.

Baca juga: Ingin Viral? Ini Tips Masuk FYP TikTok & Jadwal Jam Upload

Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword

Selain lima fitur di atas, Ubersuggest dikenal ramah bagi pengguna karena sangat mudah digunakan terutama untuk pemula. Berikut cara mencari keyword yang tepat untuk konten kamu menggunakan alat ini.

1. Masuk ke halaman utama atau masukkan link berikut ini ke dalam browser: https://neilpatel.com/ubersuggest.

2. Masukkan keyword yang ingin kamu telusuri di search bar. Kamu bisa memasukkan sebuah keyword yang berkaitan dengan topik konten yang ingin kamu buat, atau kamu juga dapat memasukkan domain suatu website untuk mengetahui keyword yang potensial. Jangan lupa mengubah pilihan bahasa/negara menjadi Indonesian/Indonesia.

3. Kemudian klik “Search” dan tunggu beberapa saat, nanti akan muncul rincian dari kata kunci yang kamu masukkan.

4. Jika sudah scroll ke bawah. Kamu akan mendapatkan daftar keyword overview berupa pencarian bulanan untuk kata kunci, keyword ideas untuk ide kata kunci yang relevan dan banyak dicari di pencarian Google, dan content ideas berupa konten populer yang sesuai dengan topik yang kamu cari.

5. Ekspor ke dalam file CSV. Selanjutnya, hasil dari keyword ini bisa kamu terapkan ke penulisan konten website kamu.

Baca juga: Mengenal Creator Studio Facebook dan Cara Menggunakannya

Itu tadi ulasan mengenai Ubersuggest dan cara menggunakannya untuk riset keyword SEO. Dengan menggunakan alat ini, kamu dapat memaksimalkan traffic website-mu melalui penerapan SEO. Selain itu, banyak fitur unggulan yang bisa membantumu membuat konten dengan lebih baik. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.