Mengenal Jenis-Jenis Desain Grafis dan Contohnya, Apa Saja?

Sebagian besar orang tahu bahwa profesi desain grafis hanya membuat logo dan banner. Padahal jenis-jenis desain grafis ada banyak dan mempunyai kegunaannya tersendiri. Apalagi sekarang dunia digital semakin berkembang, pasti banyak perusahaan yang membutuhkan seorang desain grafis.

Desain grafis adalah seni dalam menyampaikan informasi dengan menggunakan elemen-elemen visual seperti warna, tipografi, bentuk, dan ilustrasi. Seni grafis ini ada banyak macamnya, dan hasil produknya bisa dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu?

7 Jenis Desain Grafis beserta Contohnya

Jenis-Jenis Desain Grafis dan Contohnya

Berikut rangkuman jenis dan contoh desain grafis yang patut kamu ketahui:

1. Desain Identitas Visual

Desain identitas visual adalah desain yang digunakan dalam membangun identitas visual suatu perusahaan. Identitas visual ini dibangun agar perusahaan tersebut memiliki ciri khas secara visual dengan tujuan mudah dikenali dan mudah dibedakan dari perusahaan lain.

Biasanya desain identitas visual digunakan dalam membangun branding suatu perusahaan. Branding suatu perusahaan bisa dibangun menggunakan elemen visual seperti warna, gambar, tipografi, dan lain-lain. Sebagai contoh, kamu mungkin bisa menebak apa yang dimaksud dengan si kuning, si merah, dan si biru jika seseorang membicarakan operator seluler.

Desain identitas visual dapat berupa:

  • Logo
  • Ikon
  • Maskot
  • Motif seragam
  • Kartu nama.

Baca juga: 9 Software Pembuat Logo di Komputer/Laptop Terbaik

2. Desain Pemasaran dan Periklanan

Desain pemasaran dan periklanan adalah desain yang digunakan dalam pembuatan iklan dan media pemasaran. Iklan dan media promosi biasanya terdiri dari materi/tulisan dan desain. Inilah yang disebut desain pemasaran/periklanan, sedangkan materinya disebut copy/content.

Contoh desain pemasaran dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di dunia nyata maupun di internet, antara lain:

  • Iklan di koran dan majalah
  • Baliho
  • Infografik
  • Banner iklan di situs internet
  • Konten Instagram.

3. Desain Antarmuka Pengguna (graphical user interface)

Desain antarmuka pengguna (user interface) adalah desain yang mengatur tampilan grafis suatu aplikasi/software yang berhubungan langsung dengan pengguna. Contoh desain user interface dapat kita jumpai pada aplikasi seluler, aplikasi desktop, dan aplikasi web. Kita sebagai pengguna bisa melihat bagaimana penataan fitur-fitur dalam sebuah aplikasi seperti menu, kotak pencarian, tombol, dan lain-lain.

User interface tidak boleh didesain secara asal-asalan. Desain user interface yang baik adalah yang jelas, intuitif, responsif (menyesuaikan ukuran layar), serta tampilannya menarik dan nyaman dilihat. Desain user interface yang buruk adalah yang membingungkan dan mengganggu kenyamanan pengguna, misalnya ukuran font terlalu kecil atau warna font kurang kontras dengan background.

4. Desain Publikasi

Desain publikasi adalah tata letak dan desain grafis yang digunakan pada materi yang dicetak. Contoh dari desain grafis publikasi dapat kita lihat pada koran, majalah, brosur, buku, dan katalog. Namun di zaman sekarang, desain publikasi juga bisa berupa materi yang diterbitkan secara digital seperti e-book, e-paper, majalah digital, dan katalog online.

Baca juga: Ukuran Kartu Nama Standar yang Sering Digunakan

5. Desain Motion Graphic

Pernahkah kamu melihat video animasi berdurasi beberapa detik yang terdiri dari tulisan, ilustrasi, serta karakter dua dimensi yang bergerak dan diikuti audio? Video tersebut adalah motion graphic.

Jika desain grafis jenis lain hanya berupa desain visual yang diam, berbeda halnya dengan jenis ini karena memiliki visual bergerak dan audio. Oleh karena itu, desain ini hanya akan ditemukan pada media digital saja. Beberapa contoh desain motion graphic yang dapat kita temukan adalah sebagai berikut.

  • Iklan di Youtube
  • Iklan di media sosial
  • Presentasi
  • Media pembelajaran
  • Intro video Youtube.

6. Desain Kemasan

Desain kemasan adalah desain yang digunakan untuk mempercantik tampilan kemasan produk. Jenis desain ini dapat kita temukan pada kardus, karton, karung, botol, saset, dan kaleng yang digunakan untuk mengemas.

Suatu kemasan produk biasanya memuat informasi berupa nama produk, komposisi, alamat pabrik, tanggal kedaluwarsa, serta label halal. Tentunya, informasi tersebut tidak ditulis secara polos, melainkan harus disertai desain yang menarik. Ini penting karena kemasan bisa menjadi media branding dan promosi secara langsung ke konsumen.

7. Desain Grafis Lingkungan

Desain lingkungan adalah desain yang digunakan pada media yang dipasang di lingkungan sekitar. Jenis desain ini dapat memengaruhi estetika outdoor suatu tempat. Bahkan, tak jarang desain ini menjadi daya tarik sehingga banyak yang menjadikannya sebagai ajang swafoto.

Kita menemukan desain lingkungan di lingkungan sekitar seperti tempat umum, tempat wisata, maupun pusat keramaian lainnya. Contoh desain grafis lingkungan, misalnya:

  • Tugu Selamat Datang Dieng
  • Tulisan selamat datang di gapura kota/kabupaten
  • Papan navigasi
  • Plang nama kota di alun-alun
  • Prasasti peresmian
  • Mural.

Baca juga: Ukuran Foto Standar Cetak, Pas Foto dan Media Sosial

Itulah jenis-jenis desain grafis beserta contohnya. Kamu pasti sudah sering melihatnya dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada yang kurang, kamu bisa melengkapinya dengan di kolom komentar. Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi jenis-jenis desain grafis dan beberapa contohnya.

SHARE ON

Leave a Reply