7 Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Bertambahnya kebutuhan hidup membuat kita mencari cara untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan. Membuka usaha rumahan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan. Selain tidak membutuhkan biaya yang cukup besar, usaha rumahan juga mudah untuk dikelola.

Waktu untuk mengelola bisnis rumahan pun lebih fleksibel jika dibanding dengan usaha di luar rumah.  Maka dari itu Tidak sedikit orang yang membuka bisnis rumahan bisa sukses dan meraup keuntungan yang besar.

Salah satu kekhawatiran orang ketika ingin memulai bisnis adalah bagaimana prospeknya di masa depan. Mereka takut apabila usahanya sepi lalu gulung tikar. Maka dari itu, Memilih jenis usaha yang selalu ramai dan dibutuhkan orang banyak bisa menjadi solusi. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa usaha rumahan yang bisa kamu pertimbangkan.

Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

1. Berjualan Makanan

Bisnis makanan merupakan salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya. Bagaimana tidak, menurut Ilmu Ekonomi, makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Sementara itu, menurut Biologi, makan adalah salah satu ciri makhluk hidup. Sebab itu, selama manusia ada, bisnis makanan juga tetap ada.

Bisnis makanan yang ada di masyarakat cukup beragam. Dengan begitu, ada banyak pilihan jika kamu ingin terjun ke bisnis ini. Kamu bisa menjual camilan/jajanan, nasi dan lauk-pauk, makanan ringan, kue tradisional, aneka gorengan, serta olahan buah. Selain itu, kamu juga bisa berjualan minuman seperti es cendol, es degan, es campur, es pisang ijo, dan wedang ronde.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis

2. Warung Sembako

Permintaan sembako dan bahan makanan lain memang tidak pernah sepi. Sebaliknya, konsumen akan pusing jika salah satu sembako mulai langka. Biasanya, jika terjadi kelangkaan sembako, hal itu akan masuk berita di televisi karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Nah, kamu bisa memulai bisnis sembako karena tingkat permintaannya tinggi.

3. Usaha Rumahan Berjualan Pakaian

Selain makanan, pakaian juga termasuk kebutuhan pokok manusia. Manusia selalu membutuhkan pakaian untuk menutupi tubuhnya. Bahkan, orang yang sudah meninggal sekalipun tetap membutuhkan pakaian. Maka, berjualan pakaian adalah bisnis yang sangat prospektif dan tidak ada matinya.

Jika kamu ingin menekuni usaha rumahan dengan berjualan pakaian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa membuka toko pakaian di depan rumah. Selain itu, kamu bisa pergi berkeliling ke rumah-rumah tetangga untuk menawarkan pakaian secara kredit. Supaya jangkauannya lebih luas, kamu juga bisa memasarkannya secara online.

4. Usaha Menjahit

Meskipun ada banyak pakaian yang dijual jadi, tetapi tidak jarang seseorang memiliki preferensi sendiri tentang bahan, desain, dan ukuran pakaian yang akan dikenakan. Selain itu, terkadang ada seseorang yang telanjur membeli celana meski ukurannya kurang pas. Nah, kamu bisa menekuni usaha tailor dan jasa permak pakaian untuk mengatasi masalah-masalah mereka. Bisnis ini tetap eksis dari dahulu sampai sekarang dan tidak pernah mati.

Baca juga: Ide Usaha Sampingan di Rumah untuk Tambah Penghasilan

5. Usaha Rumahan Jasa Desain Grafis

Coba kamu perhatikan lingkungan sekitar. Produk desain grafis ada di mana-mana, mulai dari kalender, papan reklame, brosur jalan sehat, hingga sampul buku. Tidak hanya di dunia nyata, di internet pun produk desain grafis akan selalu kamu jumpai seperti logo, ikon, banner iklan, hingga infografik. Di zaman sekarang, bisnis desain grafis memang selalu dibutuhkan dan tidak ada matinya.

Kamu juga bisa menekuni usaha desain grafis di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menjadi freelancer online. Perlu kamu tahu, desain grafis merupakan salah satu kategori pekerjaan freelance yang banyak dicari. Asalkan punya keahlian, kamu bisa menjadi grafis desainer. Jika belum, kamu bisa mulai belajar dari sekarang.

6. Beternak

Kebutuhan akan daging, telur, dan susu akan tetap ada setiap harinya, bahkan cenderung meningkat. Dengan demikian, usaha di bidang peternakan mempunyai prospek yang sangat menjanjikan. Sebab itu, kamu tidak perlu pesimis jika ingin terjun ke bisnis ini. Bisnis peternakan ini juga bisa dilakukan untuk skala rumahan kok.

Ada beberapa pilihan jika kamu ingin menekuni usaha rumahan dengan beternak. Kamu bisa beternak unggas seperti ayam, bebek, dan burung puyuh di pekarangan rumah. Kamu juga bisa beternak kambing etawa dan sapi untuk memproduksi susu. Selain itu, kamu juga bisa beternak ikan lele yang perawatannya tergolong mudah.

7. Jasa Laundry Kiloan

Khususnya di area perkotaan, kehidupan manusia makin sibuk sehingga banyak orang yang tidak sempat mencuci pakaian. Meskipun sempat, orang biasanya harus berada di rumah agar bisa mengangkat jemuran apabila sewaktu-waktu hujan turun. Sering kali mereka menggunakan jasa laundry sebagai solusi. Bisnis laundry memang tidak ada matinya jika berada di tempat yang tepat seperti dekat kampus atau perumahan karyawan.

Baca juga: 7 Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Itu dia beberapa usaha rumahan yang akan selalu ada dan bisa kamu coba. Kendati demikian, kamu tetap harus mengerahkan upaya yang maksimal jika ingin menekuni usaha tersebut.

SHARE ON

Leave a Reply