7 Ide Bisnis Rumahan untuk Bapak-Bapak Milenial

Bagi sebagian milenial, mendapatkan pekerjaan baru bisa menjadi hal yang sulit. Pasalnya, banyak lowongan mensyaratkan batasan usia atau status pernikahan tertentu. Sebagai generasi yang lahir di tahun 1980-an dan 1990-an, pria milenial saat ini rata-rata sudah menjadi bapak-bapak muda. Daripada pusing memikirkan lowongan, ada baiknya kamu mencari ide bisnis rumahan dan menggeluti usaha sendiri.

Apa lagi disaat seperti sekarang ini, kita dituntut untuk lebih cerdas dalam mencari peluang usaha sebagai penghasilan tambahan. Apapun usahanya, untuk memulainya pasti butuh perjuangan, yang perlu diingat adalah bahwa segala usaha akan membuahkan hasil apabila kita sungguh-sungguh dalam menjalankannya dengan rasa sabar, ikhtiar dan berdoa.

Ada Banyak macam ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba untuk penghasilan tambahan bahkan bisa menjadi passive income. Selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini.

Contoh Ide bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pria

Ide Bisnis Rumahan untuk Bapak-Bapak Milenial

Nah, bagi bapak-bapak milenial yang ingin membuka usaha sendiri di rumah, kamu bisa mempertimbangkan beberapa contoh ide bisnis rumahan berikut ini.

1. Bisnis Bengkel Motor

Usaha bengkel motor rumahan memiliki peluang yang menjanjikan terutama jika rumahmu berlokasi di pinggir jalan. Namun demikian, rumah di dalam perkampungan pun tetap bisa digunakan untuk usaha bengkel, terlebih jika memang belum ada bengkel di daerah itu. Jadi, warga di sekitar rumah bisa datang bila ingin memperbaiki motor tanpa harus jauh-jauh ke tempat lain.

Jika bengkel berada dekat jalan raya, tetapi harus masuk ke gang sempit, kamu bisa menyiasatinya dengan memasang papan arah di depan gang agar lokasi bengkel mudah ditemukan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lokasi usahamu di Google Map.

Baca juga: 7 Usaha Sampingan di Rumah untuk Tambah Penghasilan

2. Membuka Jasa Konfeksi

Usaha konfeksi bisa menjadi ide bisnis yang layak dipertimbangkan karena bisa dilakukan untuk skala rumahan. Konfeksi adalah pakaian yang diproduksi dalam jumlah banyak untuk dijual dalam keadaan jadi. Kamu bisa membangun usaha konfeksi sebagai jasa atau membuat produk untuk dijual sendiri.

Pesanan bisa datang dari orang yang ingin memproduksi pakaian, tetapi tidak mau repot melakukannya sendiri, dan bisa juga dari orang yang ingin membuat seragam untuk komunitasnya.

Apabila konfeksi untuk dijual sendiri, kamu bisa menjualnya ke toko-toko pakaian, marketplace online, atau menyerahkan pemasarannya ke para dropshipper.

3. Usaha Warung Kopi

Bisnis warung kopi sangat cocok dilakoni bapak-bapak mengingat jam bukanya bisa sampai dini hari. Usaha ini cukup menjanjikan karena warung kopi identik dengan tempat nongkrong yang tidak pernah sepi. Supaya makin ramai, kamu bisa menambahkan fasilitas seperti papan karambol, catur, serta televisi. Namun, pastikan kegiatan di warung kopi tidak terlalu berisik buat lingkungan sekitar.

4. Jasa Potong Rambut Pria

Tukang cukur rambut pria adalah profesi yang selalu dibutuhkan karena kebanyakan pria akan mencukur rambutnya bila sudah dirasa panjang. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini relatif tidak terlalu besar. Hal terpenting adalah kamu harus punya skill mencukur yang baik dan rapi. Jika pelanggan sudah merasa cocok dengan hasilnya, mereka pun akan datang dengan sendirinya setiap kali ingin potong rambut.

Baca juga: Ide Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

5. Usaha Ternak Ikan Lele

Jika rumahmu memiliki pekarangan yang cukup luas, beternak ikan lele bisa menjadi ide bisnis yang layak dicoba. Hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat kolam, menempatkan benih ikan lele, dan mengelola air kolam dengan benar. Kamu juga perlu memberi makan ikan-ikan lele tersebut setiap hari secara teratur. Setelah beberapa bulan, ikan lele pun siap dipanen dan dipasarkan.

6. Bisnis Fotokopi

Jika rumahmu berada di dekat sekolah atau tempat yang strategis, bisnis fotokopi paling cocok untuk kamu geluti. Bisnis ini sangat menjanjikan karena di zaman sekarang, orang biasa berurusan dengan dokumen, kartu dan surat-surat.

Jika ingin membuka usaha fotokopi, kamu sebaiknya juga menyediakan jasa pencetakan dokumen. Sebab, sering kali orang datang ke tempat fotokopi bukan untuk memfotokopi, melainkan untuk mencetak dokumen.

7. Bisnis Bakeri

Bisnis makanan merupakan bisnis yang selalu ramai, termasuk bisnis pembuatan roti dan kue. Selain dijual dalam bentuk jadi, roti dan kue biasanya juga dijual dengan cara dipesan terlebih dahulu sebelum dibuat. Hal ini dilakukan jika pelanggan memesan dalam jumlah banyak untuk dijadikan jamuan acara tertentu. Prospek bisnis ini sangat menjanjikan mengingat masyarakat kita sering mengadakan hajatan dan syukuran.

Baca juga: 7 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Itu dia beberapa inspirasi ide bisnis bagi bapak-bapak milenial yang ingin membuka usaha sendiri. Kamu bisa menyesuaikan jenis usaha yang ingin dibangun dengan situasi dan kondisi, seperti lokasi, ketersediaan modal, serta skill dan minat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.