Tips Menulis Bio Instagram Yang Menarik Untuk Bisnis

Tips menulis bio Instagram – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Instagram sampai sekarang masih menjadi platform media sosial yang paling populer. Dengan lebih dari 500 juta user aktif tiap harinya, maka mengembangkan bisnis menggunakan Instagram mempunyai peluang besar. Namun sebelumnya Anda harus memperhatikan isi konten dan bio.

Jika tujuan postingan Instagram adalah untuk menarik audiens, maka bio bertanggung jawab atas kesan pertama. Ketika seseorang menemukan profil Instagram Anda, mata mereka pertama-tama akan tertuju pada bio. Jika Anda membuat kesan yang baik pada bio, mereka akan tertarik dengan konten Anda.

Ya, bagian kecil di bawah nama akun Instagram itu penting. Namun faktanya bahwa banyak pebisnis cenderung mengabaikan relevansi bio. Memaksimalkan bio dapat menetapkan langkah pertama untuk menarik pelanggan. Nah pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara menulis bio Instagram yang menarik untuk bisnis. Ini mencangkup apa yang harus anda sertakan dalam bio, cara menulisnya dan apa yang harus anda lakukan pada bio.

Tujuan Menulis Bio Instagram

Tips Menulis Bio Instagram Yang Menarik Untuk Bisnis

Bio memberi gambaran sekilas kepada calon pembeli tentang merek Anda. Melalui bio, Anda berkesempatan untuk:

1. Jelaskan informasi mengenai bisnis Anda

Bio Instagram dapat membantu mempresentasikan bisnis Anda sebagai bisnis yang unik.

2. Berikan lebih banyak informasi kepada pengguna

Instagram sangat bagus untuk menyoroti bisnis Anda. Namun, jika pengguna menginginkan informasi lebih lanjut, Anda dapat memberikannya dengan menambahkan tautan pada bio, misalnya situs web atau fanspage facebook.

3. Presentasikan secara detail bisnis Anda

Ada lebih dari 20 juta akun bisnis di Instagram, dan Anda harus meyakinkan pengguna Instagram bahwa bisnis Anda layak untuk mereka. Gunakan bio untuk memberi pengguna alasan yang baik untuk mengikuti akun Instgram Anda.

4. Ajak pengguna untuk mengambil tindakan

Bio memungkinkan Anda memberikan arahan yang jelas tentang apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. Itu bisa untuk membeli produk, memakai jasa, menonton video dan yang lainnya.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Miring di Bio Instagram

Bagian-Bagian pada Bio Instagram

Bio Instagram sangat ringkas. Dengan hanya 150 karakter saja, maka tidak banyak kata yang bisa Anda tulis. Itulah mengapa Anda harus mengetahui bagian-bagian penting yang harus dimiliki bio dan dibuat dengan sebaik mungkin.

  • Nama Bisnis . Menggunakan username saja tidak cukup, sertakan nama bisnis Anda secara lengkap untuk membantu calon pelanggan menemukan akun Instagram Anda.
  • Foto Profil . Gambar yang digunakan pada foto profil dapat membantu membangun identitas bisnis Anda. Foto profil yang paling umum digunakan untuk akun bisnis adalah logo bisnis.
  • Konten Bio . Beri tahu pengguna sedikit lebih banyak tentang bisnis Anda.
  • Situs Web . Tautkan link situs web Anda untuk membantu pengguna mendapatkan lebih banyak info tentang bisnis Anda agar mereka bisa dengan mudah membeli produk atau memakai jasa Anda.
  • Ajakan Bertindak . Izinkan orang untuk mengambil tindakan langsung dari akun media sosial Anda.
  • Informasi Kontak . Tambahkan email atau nomor telepon ke bio agar mereka bisa dengan mudah menghubungi Anda.

Baca juga: Cara Melihat Trending Topik di Instagram dengan Mudah

6 Tips Menulis Bio Instagram yang Menarik

Menulis bio yang bagus membutuhkan beberapa pemikiran dan strategi. Untuk memaksimalkan pengaruh bio Anda, simak tips berikut ini.

1. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target Audiens

Gaya dan Bahasa bisnis Anda harus sesuai dengan audiens target Anda. Jika Anda ingin target audiens mengenali bisnis Anda sebagai bisnis yang memahami kebutuhan mereka, tulisan Anda harus sesuai dengan minat dan kesukaan mereka.

2. Tambahkan hashtag nama bisnis

Sebarkan brand awareness dengan menambahkan hashtag bisnis di bio Instagram. Itu jika memilikinya, jika belum anda bisa membuatnya sekarang.

Hashtag dengan nama bisnis di bio dapat memotivasi pengguna untuk menjadi bagian dari promosi bisnis. Belum lagi hashtag memainkan peran besar dalam memanfaatkan konten yang dibuat pengguna.

3. Tambahkan kata kunci

Selain hashtag, kata kunci adalah taktik yang baik untuk mengarahkan audiens target ke profil Instagram. Misalnya jika bisnis bergerak dalam bidang pembuatan desain rumah, Anda bisa menggunakan kata kunci “Jasa Desain Rumah”. Atau jika bisnis anda menjual pakaian khusus bayi, anda bisa menggunakan kata kunci “Jual Pakaian Bayi” dan lain sebagainya. Usahakan kata kuncinya singkat dan bertarget.

4. Berikan bukti sosial

Apakah bisnis anda mempunyai penghargaan atau sebutan yang akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda? Jika ya, tambahkanlah di bio. Ini dapat membantu pengguna lebih mempercayai produk Anda. Misalkan bisnis anda membuat produk makeup dan sudah terdaftar di BPOM, Anda bisa mencantumkannya pada bio Instaram.

5. Ketahui tujuan bisnis Anda

Jika tidak yakin mengenai tujuan profil bisnis Anda, bagaimana mungkin anda bisa mencapai tujuan tersebut? Dalam digital marketing bahwa menetapkan tujuan adalah awal dari setiap pembuatan konten, tak terkecuali bio. Tentukan tujuan Anda dan arahkan pengguna ke arah mereka dengan CTA (Call-to-Action).

6. Jangan ragu untuk menggunakan emoji

Emoji memang tidak boleh digunakan di setiap jenis konten, namun lebih diterima di bio. Akun binis sering menggunakan emoji untuk membuat bio mereka lebih unik dan menarik. Emoji yang mereka tambahkan biasanya terkait dengan informasi yang mereka berikan di awal baris teks tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Menjadi Seller di TikTok Shop

Itulah beberapa tips menulis bio Instagram yang menarik untuk bisnis yang bisa anda coba. Menulis bio yang informatif dan ringkas sangatlah berpengaruh bagi bisnis Anda, oleh karena itu anda harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

SHARE ON

Leave a Reply