Cara Menonaktifkan Password di Windows 10

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10 – Saat ini privasi merupakan hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Mengingat di zaman yang serba modern saat ini kepemilikan akan akun-akun virtual sangatlah tinggi dibarengi dengan privasi yang masing-masing akun simpan. Di Indonesia sendiri sudah mengatur tentang pelanggaran yang berkaitan tentang penyebaran informasi pribadi yang dimuat di dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Begitu pentingnya privasi sampai-sampai negara turut hadir memastikan bahwa setiap warga negara dijamin keamanan privasinya. Terlebih di dunia barat yang sangat menjunjung tinggi privasi, dibarengi dengan sangat ketatnya peraturan di sana akan hal ini. Jika ingin mengambil contoh pada pemilu Amerika Serikat lalu, mantan calon presiden Amerika Serikat Hillary Clinton diisukan memakai e-mail pribadi untuk kepentingan negara, tentu hal tersebut sangat sensitif karena menyangkut privasi negara.

Salah satu solusi untuk melindungi privasi terhadap akun-akun virtual kita adalah dengan membentenginya menggunakan password atau dalam bahasa Indonesia disebut kata sandi. Sebelum kita masuk lebih jauh mengenai langkah-langkah menghilangkan password di Windows 10. Yuk kita ulas secara singkat apa itu password dan cara membuat password yang baik dan benar. Simak selengkapnya!

Apa Fungsi Password?

Password atau kata sandi merupakan sebuah cara untuk mengunci file, folder, data serta akun kita yang mengandung privasi sehingga tidak dapat dibuka oleh orang lain tanpa seizin si pemilik. Penggunaan password sendiri sudah marak saat ini dan sangat mudah untuk dijumpai. Hampir semua media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat akun pasti harus mendaftarkan passwordnya sebelum akses terhadap akun diberikan. Bahkan keberadaan password telah lama dikenal. Misalnya sebelum jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter terkenal, sudah ada Friendster yang saat itupun telah menggunakan password sebelum dapat mengakses layanannya.

Seiring perkembangan teknologi pengamanan privasi, password tidak hanya berbentuk dalam format teks atau numerik saja. Saat ini sudah banyak berbagai jenius password yang diklaim lebih aman dibandingkan dengan password berjenis teks/numerik, sebut saja finger print. Finger print mengharuskan calon penggunanya untuk dipindai sidik jarinya sehingga di kemudian waktu cukup menempelkan sidik jari dan seketika akses akan diberikan.

Selanjutnya juga masih terdapat jenis password yang tidak kalah aman dan canggihnya yaitu biometrik, merupakan jenis autentikasi menggunakan ciri-ciri fisik lain seperti bola mata sebagai variabel deteksi. Jenis password biometrik ini diklaim cukup aman setidaknya untuk saat ini. Karena cirikhas bola mata setiap orang pasti berbeda sehingga akses akan diberikan hanya kepada rekaman bola mata yang telah didaftarkan sebelumnya.

Namun bukan berarti bahwa password berjenis teks/ atau numerik tidak aman ya. Kamu dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini supaya password kamu lebih kuat.

Pertama, saat membuat password, usahakan untuk membuat kombinasi yang cukup rumit. Hal ini bermaksud supaya orang lain akan merasa kesulitan jika ingin membobolnya. Gunakan kombinasi angka, huruf serta karakter dibarengi dengan huruf kapital dan non-kapital.

Kedua, usahakan kamu mengganti passwordmu secara berkala, misalnya saja sebulan sekali atau periode tertentu yang menurutmu sesuai. Dengan demikian, risiko passwordmu tertebak oleh orang lain akan semakin kecil.

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10

Tutorial kali ini perlu diingat bahwa saat kamu meniadakan password maka di waktu yang sama akan meningkatkan risiko seseorang untuk mengakses akun kamu.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Windows Update di Windows 10

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan password di Windows 10

1. Buka menu settings, pilih Accounts dan klik Sign-in Options. Lalu klik change untuk menghilangkan password.

Cara Menonaktifkan Password di Windows 10

2. Setelah klik Change, maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Isilah dengan password kamu saat ini untuk melanjutkan.

memasukan password lama

3. Setelah kamu memasukkan password, klik Next hingga muncul tampilan seperti ini. Kosongkan saja semua field dan klik Finish, maka password kamu telah hilang.

kosongkan semua password

Baca juga: Cara Memberi Password di Document Ms Word

Demikian langkah singkat untuk menghilangkan password di Windows 10 dan sedikit intermezzo mengenai password. Semoga  apa yang sudah di uraikan diatas bisa bermanfaat!

Leave a Reply