Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy – Isu keamanan belakangan ini memang tengah ramai dibahas, pasalnya saat ini kita semua sering sekali memberi data pribadi kita kepada pihak ketiga. Seperti para penyedia jasa layanan dompet digital. Dalam pemakainnya para penyedia tersebut meminta kita untuk memberikan data KTP atau bahkan nomor kartu keluarga sebagai syarat kelengkapan administrasi supaya dapat menikmati layanan secara penuh. Anda dapat membayangkan betapa mengerikannya apabila data tersebut bocor?. Tentu sangat berbahaya mengingat data tersebut menyangkut hal-hal pribadi seseorang yang tidak sepantasnya dilihat oleh orang tidak dikenal.

Bahaya Pencurian Data

Salah satu raksasa teknologi dunia Facebook beberapa saat lalu mengakui bahwa platform sosial medianya telah dicuri datanya oleh orang yang tidak bertanggungjawab, sekitar 267 juta data pengguna Facebook bocor. Amerika Serikat menjadi negara urutan pertama yang data penduduknya bocor. Dapat dibayangkan jika perusahaan sebesar Facebook saja masih dapat ditembus keamanannya, bagaimana bagi perusahaan yang notabene masih di bawah Facebook.

Hal tersebut tentu juga berdampak kepada kebiasaan kita dalam menjaga data kita, terutama yang sering melakukan pertukaran data dengan orang lain atau bagi anda yang sering menggunakan perangkat elektronik yang terhubung ke internet. Misalnya saja menambahkan keamanan dengan menggunakan teknologi biometric yaitu melalui sidik jari, cara tersebut dianggap cukup ampuh karena sebuah perangkat hanya akan bisa dibuka apabila kondisi sidik jari sesuai seperti saat pendaftaran sidik jari.

Namun pada praktiknya, pencurian atau kebocoran data tidak hanya berlaku bagi perusahaan besar melainkan juga menyasar pengguna pribadi. Salah satunya saat kita menggunakan PDF untuk bertukar dokumen. File PDF sendiri biasanya berisikan dokumen serta gambar yang mana perlu dilindungi supaya si penerima tidak dapat melakukan copy dan paste terhadap apa yang telah kita kerjakan.

Jika anda seorang pengguna laptop/perangkat elektronik pribadi, terdapat beberapa tips supaya data anda terjaga keamanannya antara lain kunci perangkat beserta isinya. Hal tersebut disebut cukup ampuh walau masih berada di bawah level keamanan sidik jari. Serta anda juga dapat melakukan penguncian terhadap file yang anda anggap perlu perlindungan.

PDF sendiri menyediakan fitur pengaman supaya isi file PDF tersebut tidak dapat dicopy ke text editor lainnya. Ada beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa file PDF dikunci antara lain terdapat tulisan “SECURED” di belakang nama file tersebut, kemudian teks dapat diblok/diseleksi namun tidak bisa dilakukan copy paste. Lalu jika file tersebut ingin dicetak maka menu cetakan akan berwarna abu-abu yang menandakan tidak bisa dicetak.

Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy

Lalu bagaimana supaya file PDF dapat anda kunci? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Unduh aplikasi PDF Xchange Viewer jika anda ingin gratis, aplikasi dibutuhkan supaya file PDF dapat dikunci atau tidak dapat dicopy kontennya.

2. Pasang aplikasi di laptop anda dan segera jalankan aplikasinya.

Pasang aplikasi di laptop

3. Buka file PDF yang ingin anda tambahkan proteksinya dengan cara klik tombol File lalu Open maka file PDF akan muncul di layar anda.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto atau Gambar Di Komputer

Buka file PDF yang ingin anda tambahkan proteksinya

4. Pilih menu File lalu Document Properties untuk melakukan konfigurasi pengamanan.

Pilih menu File lalu Document Properties

5. Pilih Security dan akan muncul konfigurasi pengamanan yang harus anda isi.

Pilih Security dan akan muncul konfigurasi pengamanan

6. Isi semua kolom tersebut dengan password sehingga setiap kali ada yang ingin membuka file PDF anda harus mengetahui password tersebut.

cara mengunci file pdf

7. Pastikan kolom “Enable Copying….” tidak terceklis, sehingga isi file PDF anda tidak dapat dicopy. Klik “Save”supaya seluruh pengaturan tersebut disimpan.

8. Maka selesai sudah untuk pengamanan file PDF anda.

Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF Offline dan Online

Nah itulah langkah-langkah mengenai cara mengunci file pdf supaya tidak bisa di copy. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply