4 Cara Mengubah Sensitivitas Mouse/Kursor di Windows 10

Sensitivitas mouse sangat berpengaruh dalam melakukan pekerjaan di komputer. Jika sensitivitasnya kurang kita tentu saja harus mengambilnya berulang kali hanya untuk menggerakkan kursor di layar. Dan apabila mouse terlalu sensitif kita juga akan kesulitan untuk mengklik secara akurat.

Oleh karena itu kita harus mengatur sensitivitas-nya dengan benar, agar pekerjaan kita di depan komputer tidak terganggu. Untuk mengatasi masalah ini, simak beberapa cara mengubah sensitivitas mouse di windows 10 sesuai keinginan berikut ini.

Cara Mengatur Sensitivitas Mouse

1. Mengubah sensitivitas melalui menu Pengaturan (Settings)

Apabila ingin mengubah sensitivitas melalui menu pengaturan kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama kamu buka menu Start, Kemudian kamu pilih Settings.

Buka menu start dan pilih settings

2. Selanjutnya pada menu settings kamu pilih menu Devices.

Pilih menu devices pada pengaturan

3. Jika sudah terbuka, pada menu vertikal sebelah kiri kamu klik Mouse.

Mengubah sensitivitas melalui menu Pengaturan (Settings)

4. Kemudian bagian Cursor Speed, silahkan kamu ubah sesuai keinginan. Secara default kecepatan kursor ada pada angka 10. Jika kursor kurang sensitif maka geser ke arah kanan, ke angka yang lebih tinggi, sebaliknya jika kursor terlalu sensitif kamu geser ke arah kiri, ke angka yang lebih rendah. Untuk pengaturan lainnya biarkan saja.

5. Terakhir, tinggal kamu tes sensitivitas-nya dengan menggerakkan mouse.

Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word

2. Mengubah sensitivitas mouse melalui Control Panel

Selain melalui menu settings kamu juga bisa mengubah sensitivitas mouse melalui control panel. Penasaran bagaimana caranya? silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama-tama kamu buka kotak pencarian dan ketikan “Control Panel“.

Buka control panel

2. Jika sudah ketemu, silahkan kamu tekan Enter atau klik Open untuk membukanya.

3. Selanjutnya pada jendela control panel kamu klik icon Mouse. Nanti akan muncul tampilan mouse properties.

pilih icon mouse di control panel

4. Kemudian pada tampilan mouse properties, kamu pilih tab Pointer Options.

5. Lalu pada bagian Motion silahkan kamu ubah sensitivitasnya sesuai dengan keinginanmu.

Mengubah sensitivitas mouse melalui Control Panel

6. Untuk mencobanya kamu bisa klik Apply. Apabila pengaturannya sudah cocok barulah kamu klik OK.

Baca juga: Cara Menambah Font di Komputer

3. Menyesuaikan Sensitivitas Mouse Gaming

Pada dasarnya semua mouse dapat dikontrol melalui pengaturan mouse yang tersedia pada windows 10 atau tipe windows lainnya. Akan tetapi banyak mouse khusus gaming atau pengguna profesional menawarkan software khusus untuk mengatur tombol dan sensitivitasnya.

Jika kamu menggunakan perangkat lunak khusus bawaan mouse gaming, kamu harus membiarkan pengaturan sensitivitas pada windows secara default. Kamu cukup mengubahnya di software khusus bawaan mouse saja.

4. Mengubah sensitivitas touchpad di Laptop

Lalu bagaimana dengan cara mengubah sensitivitas touchpad? Ya, jika menggunakan laptop tentunya kita akan lebih sering menggunakan touchpad untuk menggerakkan kursor. Tenang saja, kamu juga bisa mengatur sensitivitas touchpad sesuai keinginanmu. Nah berikut ini cara mengatur sensitivitas touchpad yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

1. Pertama kamu klik Start dan pilih menu Settings.

2. Kemudian pilih menu Devices. Untuk mempercepat, kamu juga bisa menggunakan kotak pencarian dengan mengetikkan “Touchpad Setting“, lalu tekan Enter atau mengkliknya.

3. Sama seperti saat mengatur sensitivitas pada mouse, kamu hanya perlu menggeser ke kiri dan ke kanan untuk mengaturnya. Secara default sensitivitas touchpad berada pada angka 5. Jika kamu ingin touchpad lebih sensitif maka kamu geser ke kanan, begitu juga sebaliknya jika kamu ingin mengurangi tinggal kamu geser ke kiri.

Mengubah sensitivitas Touchpad di laptop

4. Selesai, perlu kamu ketahui pengaturannya akan otomatis tersimpan. Jadi jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan keinginanmu.

Baca juga: 2 Cara Melihat Versi Windows di Laptop atau PC

Itulah beberapa cara mengubah sensitivitas mouse di windows 10 yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. Bagaimana, mudah bukan? Semoga apa yang sudah dijelaskan di atas bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.