Cara Melihat Versi Windows di Laptop / PC

Cara Melihat Versi Windows di Laptop / PC – Saat ini, hampir seluruh perangkat elektronik yang berbasis komputer memiliki sebuah sistem operasi guna menjalankan seluruh komponen yang terdapat di perangkat tersebut, sebut saja kini Smart phone tergolong ke dalam perangkat komputasi dan memiliki sistem operasi yang bernama Android milik Google dan iOS milik Apple. Sama halnya dengan Laptop/PC juga memiliki sistem operasi berbasis Windows milik Microsoft dan Mac OS milik Apple. Microsoft, Google dan Apple dapat dikatakan kini yang menguasai pasar sistem operasi di dunia dengan komposisi Android yang dimiliki Google sebesar 40,44%, Windows sebesar 35,32%, iOS sebesar 14,29%, Mac OS sebesar 6,4%, data mengacu kepada statcounter GlobalStats pada bulan September 2019.

Sistem Operasi

Sebelum kita masuk ke bagian tutorial, yuk berkenalan sebentar dengan sistem operasi. Sistem operasi merupakan bagian dari software atau perangkat lunak yang terdapat di setiap perangkat elektronik berbasis komputasi dan bertujuan sebagai pengatur berbagai sumber daya yang ada di dalam perangkat tersebut, seperti halnya mengatur komunikasi antar hardware, software dan daemon. Sistem operasi juga bertugas mengatur alur pekerjaan yang dimiliki oleh komputer seperti pemrosesan data, penyimpanan data, penggunaan memori hingga proses perhitungan, semua aktivitas tersebut dilakukan oleh sistem operasi yang kini kita kenal seperti Android, Windows, Mac OS,  iOS, Linux dan sebagainya.

Windows sendiri bermula dengan nama sistem operasi Ms-DOS (Microsoft Disk Operating System), Ms-DOS sendiri memiliki tampilan yang bisa dikatakan jauh dari kata user-friendly dan lebih mirip kepada CLI (Command Line Interface), sehingga kita butuh sedikit pemahaman dan kesabaran dalam menjalankannya. Menyadari bahwa Ms-DOS belum ramah terhadap pengguna, maka sejak itu muncul lah generasi Windows 1.0 yang mengusung konsep GUI (Graphical User Interface) hingga saat versi Windows terbaru memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lebih mudah.

Di balik kesuksesan Microsoft, ternyata juga pernah mengalami pasang surut selama menjalani bisnis teknologi ini. Apakah kamu ingat Windows 8? Nah, versi Windows tersebut lekat sebutannya sebagai versi Windows yang gagal karena menurut data Net Marketshare yang dirilis oleh Kompas menunjukkan sejak awal peluncuran versi 8 tersebut pada tahun 2012 hingga akhir 2014 hanya memegang 3,47%. Yang artinya kalah jauh dengan saudaranya Windows 7 dengan 45,01% dan Windows XP dengan 35,82%. Microsoft diyakini melakukan sebuah kesalahan dengan mengubah tampilan antarmuka yang menjadi live tiles dan menghilangkan logo Windows sebagai tombol start yang sudah melegenda di kalangan para pengguna Windows.

Cara Melihat Versi Windows di Laptop / PC

Setelah kita mengetahui secara singkat apa itu sistem operasi dan bagaimana perkembangan sistem operasi Windows besutan Microsoft ini. Mari kita simak beberapa langkah untuk melihat versi Windows yang terpasang di Laptop / PC kita.

1. Melalui File Explorer

  • Masuk ke dalam menu File Explorer.

cara melihat versi windows yang sedang di gunakan

  • Arahkan kursor ke menu Computer atau This PC yang terdapat di sisi kiri layar. Lalu klik kanan maka akan muncul tampilan seperti ini.

klik properties di menu this pc

  • Arahkan kursor ke menu Properties, lalu klik menu tersebut. Maka akan muncul informasi mengenai versi Windows yang terpasang di Laptop / PC kamu.

Cara Melihat Versi Windows di Laptop / PC

2. Menggunakan “dxdiag”

  • Masuk ke menu Search dan ketik “dxdiag”. Saat hasil muncul, kemudian klik iconnya atau tekan Enter.

Masuk ke menu Search dan ketik "dxdiag"

  • Lalu setelah tekan Enter, akan muncul tampilan dari dxdiag itu sendiri. Kamu dapat langsung mengetahui versi Windows yang terpasang pada Laptop / PC kamu.

tampilan dari dxdiag

Demikianlah pembahasan singkat mengenai sistem operasi dan sejarah singkat perkembangan Windows. Serta tutorial mudah untuk melihat versi Windows yang terpasang pada perangkat kita. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply