Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Paling Ampuh – Mulai dulu virus shortcut masih menjadi salah satu hal yang mengganggu, terutama untuk komputer yang sering disambungkan ke flash disk. Memang sudah sekian lama virus ini telah menjadi salah satu virus yang banyak menyerang media penyimpangan. Komputer yang terkena virus shortcut akibatnya bisa membuat semua foldernya pun berbentuk shortcut. Bahkan ada juga yang sampai file-nya hilang.

Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi pada kita karena akan membahayakan, terlebih lagi ketika kita memiliki file yang penting. Maka dari itu, penting bagimu untuk mengetahui bagaimana cara mengilangkan virus shortcut. Namun sebenarnya pembersihan virus shortcut ini tidaklah sulit, yang terpenting anda mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Hal-Hal Tentang Virus Shortcut

  • Perlu kamu tahu bahwa virus shortcut akan membuat base yang ada di my document. File base tersebut bernama database.mdb.
  • Setelah itu, virus shortcut akan membuat file menjadi autorun.inf yang ada di setiap partisi flashdisk.
  • Setelah itu, virus tersebut akan membuat file thumb.db (sementara file asli bernama thumbs.db)
  • Lalu, virus tersebut akan membuat microsoft.ink yang mana ketika kamu mengeksekusinya, maka secara otomatis virus tersebut akan langsung aktif.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Langkah-Langkah Menghilangkan Virus Shortcut

  • Pertama, kamu harus menancapkan flashdiskmu dulu ke komputer maupun laptop.
  • Selanjutnya, klik organize dan setelah itu kamu klik folder and search options.
  • Ketiga, kamu harus mengaktifkan show hidden files, folder, and drives. Jika sudah, maka kamu harus meng-unchecklist yang ada pada hide protected operating system files (recommended). Jika kamu menemukan pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, maka kamu hanya perlu menekan yes.
  • Biasanya setelah kamu melakukan langkah seperti ini, folder yang disembunyikan oleh virus akan kembali dimunculkan. Namun statusnya masih bersifat semi-hidden.
  • Untuk bisa membuat folder tersebut bisa ditampilkan sehingga kamu benar-benar bisa mengaksesnya, maka sekarang kamu harus membuka CMD.
  • Kemudian, kamu harus mencari mana drive flashdisk yang memiliki banyak virus shortcut, apakah drive E, G, F, maupun H.
  • Misal drive flashdisk tersebut adalah drive H, maka kamu harus mengetikkan H: dan tekan Enter.
  • Jika sudah, maka inilah perintah yang kamu perlukan untuk mengembalikan folder atau file yang berbentuk shortcut untuk dapat ditampilkan kembali. Kamu ketikkan perintah attrib –s –r –h /s/d seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Kemudian kamu tekan Enter.

  • Sekarang kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai nanti semua folder tersebut sudah hilang shortcut-nya.
  • Flashdisk kamu sekarang sudah bersih dari virus dan kamu bisa menggunakannya kembali.
Baca juga: 3 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Di Laptop

Akan tetapi perlu kamu ingat setelah flashdiskmu bersih dari virus shortcut, jangan pernah kamu masukkan lagi ke komputer maupun laptop yang menjadi sumber virus tersebut. Sekarang yang harus kamu lakukan adalah membersihkan komputer atau laptop yang menjadi sarang virus tersebut.

Untuk mengatasinya ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus yang terpercaya. Pilihlah antivirus yang memang sudah terpercaya dan jangan lupa untuk secara rutin mengupdate antivirus tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan Mengenai Cara Menghilangkan Virus Shortcut, di laptop maupun flashdisk Meskipun virus shortcut merupakan virus yang sangat mengganggu, tapi kamu masih bisa mengatasinya dengan mudah. Yang terpenting kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan. Selain itu, jangan sampai kamu menancapkan flashdiskmu lagi ke laptop atau komputer tersebut selagi komputer atau laptop itu belum kamu bersihkan.

Leave a Reply