Cara Mengganti Ikon Shortcut Di Windows 10

Cara Mengganti Ikon Shortcut Di Windows 10 – Pernah tidak kamu bosan dengan tampilan default ikon shortcut yang ada di menu desktop komputermu dan berniat untuk menggantinya. Jika ingin menggantinya kamu bisa mengikuti caranya agar tampilan ikon shortcut di komputermu berbeda dari biasanya.

Ikon shortcut berfungsi sebagai jalan pintas untuk membuka sebuah software atau aplikasi yang ada di menu desktop dan untuk mengidentifikasi informasi secara visual di komputer, tetapi terkadang ikon shortcut pada Windows sangat umum sehingga bagi sebagian orang bosan melihatnya.

Sebenarnya sama seperti ikon folder, dalam hal ini windows juga memudahkan kita untuk menyesuaikan ikon pada shortcut. Lalu bagaimana caranya? berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengganti ikon shortcut yang bisa kamu ikuti.

Baca juga: Cara Mengubah Font Size Windows 10 Dengan mudah

Cara Mengganti Ikon Shortcut Di Windows 10

Sebelum kamu menggantinya perlu diingat cara ini hanya mengganti ikon shortcut yang ada di desktop saja, ikon yang ada di start menu tidak akan berubah. Apabila kamu ingin ikonnya sama kamu harus menggantinya juga.

1. Pertama kamu pilih mana shortcut yang akan diganti di desktop komputer mu.

2. Kemudian kamu klik kanan pada shortcut tersebut.

3. Jika sudah lalu kamu pilih menu “Properties” yang letaknya ada di paling bawah.

pilih menu "Properties"

4. Selanjutnya pada menu properti pastikan kamu berada pada tab “shortcut”.

5. Lalu pada tab shortcut kamu klik “Change Icon”, nanti akan muncul beberapa pilihan ikon yang bisa kamu gunakan untuk mengganti icon default.

pada tab shortcut kamu klik "Change Icon"

6. Sekarang kamu tinggal memilih icon mana yang ingin kamu gunakan.

Cara Mengganti Ikon Shortcut Di Windows 10

7. Terakhir kamu klik Ok, lalu klik Ok lagi pada menu properties untuk menyimpannya.

Sekarang kamu lihat ikon shortcutnya maka sudah berganti. Secara default, icon berasal dari file sistem Windows yang disebut “imageres.dll”. Jika kamu ingin menggunakan icon yang berbeda dari pilihan yang sudah ada secara default, kamu bisa klik “Browse”.

Kamu bisa menggunakan gambar apapun yang disukai, tapi perlu diingat kamu harus mengubahnya terlebih dahulu ke format ICO, barulah kamu bisa menggunakannya.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Sampai Bersih

Nah itulah mengenai cara mengganti ikon shortcut pada windows 10, yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. Cara diatas hampir mirip ketika kamu ingin mengganti ikon pada folder, jadi sangat mudah untuk mengikutinya. Semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply