Cara Mengganti Icon Folder di Windows 10

Windows 10 memungkinkan kamu untuk mengubah icon folder dengan icon yang kamu mau. Lalu, bagaimana cara mengganti icon folder di Windows 10? Simak ulasannya berikut ini.

Di setiap windows termasuk windows 10 memungkinkan kamu untuk mengganti icon folder. Biasanya icon folder berbentuk map berwarna coklat membuat kamu bingung dalam membedakan isi folder, maka kamu bisa menggantinya. Icon folder bisa kamu ganti dengan bentuk icon lain.

Bagaimana caranya? Berikut cara mengganti icon folder di windows 10.

Cara Mengganti Icon Folder di Windows 10

Untuk kamu pengguna windows 10, kamu bisa mengganti icon folder kamu dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah icon folder default menjadi icon yang sesuai dengan keinginan kamu. Bagaimana caranya? Berikut ada beberapa tahapan mengubah icon folder yang bisa kamu coba.

Langkah-Langkah Mengganti Icon Folder

Berikut ini cara mengubah icon file kamu di windows 10. Cara ini dilakukan untuk mengganti icon satu folder, jika kamu ingin mengganti semua icon folder maka kamu perlu mengubahnya satu demi satu.

1. Klik Kanan Pada Folder

Langkah awal yaitu klik folder mana yang ingin kamu ganti icon foldernya. Kemudian klik kanan pada folder tersebut.

2. Pilih Menu Properties

Klik kanan folder dan pilih properties

Jika sudah maka kamu bisa klik menu properties yang letaknya ada di paling bawah.

3. Buka Tab Customize

Buka tab customize

Jika menu properties sudah terbuka, Selanjutnya pada menu properties klik bagian customize. Letaknya ada di paling kanan.

4. Klik Change Icon Untuk Mengganti Icon Folder

Klik Change Icon Untuk Mengganti Icon Folder

Pada tab customize kamu bisa klik pada pilihan change icon. Di sana akan muncul berbagai icon yang bisa kamu pilih untuk mengganti icon folder yang ingin kamu ganti.

5. Memilih Icon Pengganti

Mengubah Icon Folder di Windows 10

Klik salah satu icon yang kamu mau dan klik OK, maka icon folder kamu akan berubah menjadi icon yang kamu pilih tadi. Kamu juga bisa menggantinya dengan icon custom yang kamu inginkan dengan mengklik “Browse”. Jika belum punya, kamu bisa mendownload iconnya terlebih dahulu pada situs-situs penyedia icon gratis.

Baca juga: 3 Cara Mengunci File Powerpoint

Mengembalikan Icon Folder menjadi Default

Setelah icon folder diganti, kamu juga bisa mengembalikan icon folder yang sudah diganti menjadi seperti semula atau kembali ke bentuk default. Caranya hampir sama ketika kamu akan mengubah icon yaitu pertama kamu bisa klik folder yang ingin kamu ganti iconnya menjadi default. Pada folder tersebut silahkan kamu klik kanan.

Setelah membuka menu maka klik bagian properties. Pada properties silahkan klik bagian customize. Pada menu customize kamu bisa klik change icon. Saat kamu sudah masuk di menu change icon maka klik restore default dan klik ok.
Setelah itu maka icon folder kamu akan kembali menjadi default, yaitu berbentuk map berwarna coklat.

Mengganti Icon dengan Gambar

Selain bisa mengganti icon folder dengan berbagai pilihan yang ada di laptop, kamu juga bisa meng custom icon dengan berbagai gambar seperti gambar kartun dan sebagainya. Berikut ini cara mengganti icon folder dengan gambar sendiri.

Namun sebelumnya kamu perlu gambar file dengan format .ico terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya kamu bisa download icon folder windows 10 atau mengkonversi gambar terlebih dahulu.

Untuk melakukan konversi maka kamu bisa cari website yang bisa mengubah format gambar atau foto menjadi format .ico seperti icoconvert.com dan sebagainya. Setelah itu masukan foto atau gambar yang akan kamu ubah dan jika sudah di upload dan crop maka kamu bisa pilih format ico.

Jika sudah di convert maka kamu bisa save dengan cara mengunduhnya. Setelah itu kamu bisa ikuti langkah mengubah icon folder dengan memilih foto atau gambar yang sudah kamu konversikan.

Baca juga: Cara Screenshot Di Komputer

Itulah beberapa cara mengganti icon folder di windows 10 yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengubah icon dengan icon yang kamu suka termasuk dengan gambar kartun atau foto. Cara tersebut bisa kamu praktekkan untuk mengganti icon folder di windows 10 kamu. Selamat mencoba.

Leave a Reply