Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Facebook

Selembar.com – Bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di Facebook? Kamu bisa coba lakukan langkah-langkah pada artikel ini. Cuman butuh waktu 3 menit selesai!

Sosial media saat ini digunakan untuk mencari hal-hal baru seperti hiburan atau sekedar membaca informasi. Hanya saja tak jarang banyak orang merasa tidak menyukai aktivitas pencariannya diketahui oleh orang lain. Untuk itu mereka mencari-cari cara menghapus riwayat pencarian di Facebook.

Termasuk kamu tentunya. Kamu juga pasti memiliki privasi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, termasuk privasi di sosial media milikmu. Memang, Facebook seperti search engine pada umumnya yang akan menyimpan semua aktivitas pencarian yang kamu lakukan.

Metode ini biasa dilakukan oleh Google untuk membantu teknologi kecerdasan buatannya dalam menerjemahkan aktivitas pengguna. Sehingga, Google tahu banget apa yang sering kamu cari dan akhirnya memberikan informasi seputar berita, iklan dan lain sebagainya sesuai aktivitas pencarian tersebut.

Walaupun Facebook tidak secanggih Google, ada sedikit kesamaan. Misalnya pada fitur Facebook Watch, aplikasi ini akan merekam apa yang sering kamu tonton. Nah, hasilnya kamu akan mendapati video-video terkait pada halaman Facebook Watch kamu.

Nah untuk masalah riwayat pencarian di Facebook, memang sebagian orang ada yang tidak acuh dengan privasi sosial medianya. Tapi bagi orang yang memiliki pencarian sensitif pasti akan mencari cara bagaimana menghapus pencarian di Facebook.

Santai saja, artikel ini akan membahas tuntas bagaimana caranya menghapus log aktivitas di Facebook. Oleh sebab itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama, oke?

Baca juga: Cara Menonaktifkan Messenger di Android dan Iphone

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Facebook dengan Mudah

Menghapus Riwayat Pencarian di Facebook dengan Mudah

Semua orang tahu kalau platform ini dapat diakses melalui website maupun berbasis aplikasi. Ada cara bagaimana menghapus pencarian facebook yaitu bisa melalui website atau langsung melalui aplikasinya.

Untuk langkah awal, di sini akan membahas versi websitenya dulu ya. Berikut penjelasannya.

1. Menghapus History di Facebook

Menghapus history Facebook melalui web dapat kamu lakukan dengan sangat mudah. Ikuti tips di bawah ini untuk menghapus history Facebook kamu.

  1. Buka Facebook pada browser kamu, dan login ke akun Facebook kamu
  2. Pada halaman beranda, klik kolom pencarian
  3. Lalu, perhatikan opsi Sunting/Edit, pilih dan tunggu
  4. Selanjutnya, kamu akan mendapati log pencarian kamu selama di Facebook. Cari opsi Hapus Pencarian pada bagian atas riwayat pencarian.
  5. Kamu akan diminta apakah yakin ingin menghapus. Jawab saja, ya.

Setelah mengikuti langkah di atas maka seluruh pencarian kamu dari awal hingga saat itu akan terhapus.

Baca juga: Cara Download Video Facebook Mudah dan Cepat

2. Menghapus riwayat pencarian di Facebook secara Manual

Cara sebelumnya memang dapat menghapus seluruh aktivitas pencarian kamu selama kamu bermain di Facebook. Tetapi, kalau kamu merasa hanya ingin menghapus sebagiannya karena sebagian yang lain mungkin penting banget. Coba lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Facebook dan login ke akun kamu
  2. Tunggu beberapa saat sampai masuk ke beranda
  3. Tekan kolom pencarian dan tunggu sebentar sampai muncul log pencarian kamu
  4. Kalau sudah, di sebelah kanan pilih tanda silang (X) pada salah satu pencarian sebelumnya yang ingin kamu hapus dan tunggu sebentar
  5. Setelah itu, kata pencarian yang dipilih akan dihapus Facebook

3. Menghapus History di Facebook berbasis Aplikasi

Sebelumnya merupakan langkah-langkah menghapus history pencarian Facebook berbasis website. Sekarang, Facebook web itu bisa dibilang jarang digunakan oleh pengguna smartphone, sebab Facebook juga sudah menyediakan aplikasinya.
Nah, bagaimana caranya untuk melakukan hal yang sama pada aplikasinya? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Masuk ke akun Facebook lewat aplikasi
  2. Buka kolom pencarian dan tekan salah satu kata pencarian yang ingin kamu hapus
  3. Setelah itu pilih Hapus/Delete untuk menghapus kata pencarian tersebut, atau..
  4. Masuk ke pengaturan Edit pada kolom pencarian
  5. Pada Log Aktivitas, tekan Hapus Pencarian

Baca juga: Cara Menyimpan Video dari Messenger ke Galeri

Oke itu saja bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di Facebook, mudah bukan? Kamu hanya butuh waktu kurang dari 3 menit untuk menghapusnya dan bisa dilakukan secara keseluruhan maupun hanya sebagian saja.

Leave a Reply