Cara Menghapus Riwayat Pencarian di File Explorer Windows 10

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di File Explorer Windows 10 – Saat kita mencari sebuah file atau folder di komputer kita sering menggunakan fitur Search (Pencarian) untuk mempercepat menemukan file tersebut. Fitur ini tentu saja sangat membantu menemukan file, apa lagi jika menggunakan windows 10 maka akan semakin cepat kita menemukan file yang di cari dari pada menggunakan windows 7.

Semua riwayat pencarian kita juga akan tersimpan secara default pada komputer. Hal ini bisa terlihat saat kamu akan mencari file atau folder baru kamu akan melihat riwayat pencarian yang sebelumnya di kolom Search. Sebenarnya fitur ini sangat berguna jika kamu ingin mencari file itu lagi, kamu tidak perlu menulis ulang kata kunci, cukup menulis huruf awal saja kemudian pilih kata yang diinginkan.

Fitur ini tentu saja ada yang suka maupun tidak, Jika kamu merasa terganggu dengan riwayat pencarian, kamu juga bisa menghapusnya. Apa lagi jika riwayat pencarianmu tidak ingin tersimpan di windows dan kamu tidak ingin orang lain mengetahuinya saat menggunakan fitur pencarian di komputermu. Nah, untuk menghapus riwayat pencarian pada File Explorer di Windows 10, kamu bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.

Baca juga: Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dengan Cepat

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di File Explorer Windows 10

Berikut ini cara menghapus riwayat file Explorer:

  • Pertama buka file explorer di komputer Anda.

Buka menu file di file explorer

  • Kemudian klik menu File yang ada di pojok kiri atas halaman Explorer.
  • Lalu kamu pilih “Change Folder and Search Options”.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di File Explorer Windows 10

  • Selanjutnya pada bagian privacy, kamu centang “Show recently used files in Quick Access”.
  • Langkah selanjutnya kamu klik “Clear”.
  • Yang terakhir tinggal klik OK, untuk menyimpan pengaturan dan menutup jendela Options. Selesai.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di File Explorer

Cara Kedua

Selain menggunakan cara diatas kamu juga bisa menggunakan cara dibawah ini untuk menghapus riwayat pencarian di file Explorer. Cari ini lebih singkat dan lebih mudah untuk menjalankannya, kita hanya perlu menggunakan CMD (Command Prompt). Untuk cara bisa kamu simak di bawah ini.

Menghapus Riwayat Pencarian File Explorer dengan cmd

  • Langkah pertama buka CMD (Command prompt).
  • Selanjutnya kamu tinggal memasukan kode di bawah ini.
REG Delete HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\WordWheelQuery /VA /F
  • Terakhir tinggal tekan Enter, dan periksa apakah riwayat pencarian sudah terhapus atau belum. Dan pastinya akan terhapus.

Baca juga: Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Nah itulah mengenai langkah-langkah menghapus riwayat pencarian di file Explorer Windows 10. Setelah kamu menghapus riwayat pencarian kamu tidak akan melihatnya, akan tetapi jika kamu menggunakannya lagi makan akan muncul riwayat pencarian baru, jadi kamu harus menghapusnya secara berkala.

Leave a Reply