Cara Menghapus Draft di Instagram, Mudah Tanpa Ribet

Ketika kamu batal memposting video atau foto di Instagram, maka akan muncul pesan akan menyimpannya sebagai draft atau menghapusnya. Dengan adanya fitur ini tentunya akan mudah mengakses dan mengedit kembali konten yang belum di posting lain waktu.

Hingga saat ini fitur draft di Instagram merupakan fitur eksklusif aplikasi tersebut. Jadi jika kamu batal memposting video atau foto melalui Komputer, kamu tidak akan menemukan fitur draft di Instagram versi web.

Terlalu banyak draft yang tersimpan juga dapat mengganggu kenyamanan saat membuka Instagram, terutama jika ingin mengupload foto atau video baru. Karena draft akan muncul ketika ingin mengunggah foto atau video.

Nah jika kamu belum tahu, bagaimana cara menghapusnya. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara menghapus draft di Instagram berikut ini.

Cara Menghapus Draft di Instagram

Cara Menghapus Draft di Instagram, Mudah Tanpa Ribet

Jika kamu telah menyimpan terlalu banyak draft dan kamu mungkin ingin menghapus diantaranya untuk mengurangi draft yang tersimpan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon Plus untuk memilih Post.
  • Lalu kamu beralih ke tab Draft untuk melihat foto dan video yang kamu simpan.
  • Selanjutnya tekan opsi Kelola di tepat bawah ikon kamera, kemudian tekan ikon Pensil di sudut kanan atas untuk memilih draft yang ingin kamu hapus.
  • Kemudian centang draft postingan yang ingin kamu hapus.
  • Lalu tekan tanda centang di pojok kanan atas untuk menghapusnya, dan klik Hapus untuk mengkonfirmasi.

Itu saja langkah-langkah untuk menghapus draft di Instagram, bagaimana mudah bukan?. Selain itu, jika kamu ingin tahu cara menyimpan postingan di draft dan mempostingnya, kamu bisa mengikuti tutorialnya berikut ini.

Baca juga: 3 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram

Menyimpan Postingan atau Story Instagram di Draft

Menyimpan postingan atau story Instagram di draft sangat mudah untuk dilakukan. Karena aplikasi ini memiliki tampilan yang serupa antara Android dan iPhone. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini di ponsel manapun untuk menyimpan foto atau video ke dalam draft.

  • Pertama-tama buka aplikasi Instagram di ponselmu.
  • Tekan ikon Plus di sudut kanan atas dan pilih opsi Postingan, atau kamu juga bisa langsung membagikan foto atau video dari galeri ponselmu.
  • Pilih foto atau video yang ingin kamu simpan sebagai draft dan tekan ikon panah arah kanan untuk melanjutkan.
  • Pada halaman New Post masukkan semua detail postingan seperti caption, lokasi dan lain sebagainya. Lalu tekan panah kembali di kiri atas untuk kembali ke halaman pengeditan.
  • Tekan panah kembali lagi, nanti akan muncul pemberitahuan kamu ingin menyimpan postingan sebagai Draft atau membuangnya. Lalu Pilih opsi Simpan Draft.

Sekarang postinganmu sudah tersimpan di draft Instagram. Penting untuk diketahui bahwa kamu hanya akan mendapatkan opsi Simpan draft jika kamu telah mengedit postinganmu dengan cara apapun.

Mempostingan Draft yang Tersimpan

Foto atau video akan tetap tersimpan di Draft hingga kamu ingin memposting atau menghapusnya. Jika kamu ingin melihat atau memposting draft caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Instagram di ponselmu, lalu tekan ikon Plus untuk memilih Postingan.
  • Kamu akan melihat opsi Draft di sebelah Galeri. Tekan untuk melihat draft yang tersimpan.
  • Kemudian, pilih yang ingin kamu edit atau posting dan tekan arah panah kanan untuk melanjutkan. Jika kamu ingin membuat post carousel, tekan dan tahan draft Instagram apapun untuk memilih beberapa draft sekaligus.
  • Selanjutnya, kamu akan dibawa ke halaman berbagi postingan, dimana kamu bisa memposting dengan cara seperti biasa. Setelah dipublikasikan, postingan tersebut tidak akan muncul lagi di Draft.

Baca juga: Cara Pin dan Unpin Postingan Instagram, Cepat & Mudah

Itulah cara menghapus draft di Instagram beserta cara menyimpan postingan di draft dan memposting draft yang tersimpan. Bagaimana, mudah bukan? Semoga apa yang sudah dijelaskan di atas bisa bermanfaat.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.