Cara Menghapus Cache di Android dengan Cepat dan Mudah

Cara menghapus cache di Android adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghapus file-file tidak terpakai pada ponsel Android. Simak Ulasan lengkapnya berikut ini.

Penggunaan ponsel Android telah banyak menjadi pilihan para pengguna gadget. Selain karena kemudahan penggunaannya, Android juga memiliki sistem operasi yang lengkap sehingga mampu memenuhi kebutuhan pengguna gadget dari berbagai usia.

Banyak aplikasi bermanfaat yang bisa kamu dapatkan secara gratis pada ponsel Android. Bagi anak-anak, banyak program permainan menarik yang bisa dicoba untuk dimainkan. Bagi para pelajar, ada banyak aplikasi Android yang tersedia untuk menunjang proses pembelajaran baik di rumah maupun sekolah.

Namun, para pengguna Android kerap kali tidak menyadari bahwa terdapat banyak file tidak terpakai dalam ponsel tersebut. Tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, ponsel Android sudah memiliki fasilitas sendiri untuk menghapus file-file sampah tersebut.

Cara Menghapus Cache di Android dengan Mudah

Cara ini bisa kamu terapkan pada berbagai merek ponsel Android seperti Samsung, Asus, Vivo, Xiaomi, Oppo atau merek yang lainnya karena fitur ini ada di semua merk smartphone Android. Berikut ini adalah cara menghapus cache di Android secara manual.

1. Pertama buka menu pengaturan atau setelan.

2. Pada menu pengaturan selanjutnya kamu pilih Aplikasi. Nanti akan muncul daftar aplikasi yang sudah kamu install di ponselmu.

Menghapus Cache di Android Tanpa Aplikasi tambahan

3. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cachenya.

Pilih aplikasi yang akan di hapus cachenya

4. Jika sudah terbuka kemudian kamu pilih Penyimpanan. Akan ada informasi mengenai ukuran aplikasi, Data pengguna, cache dan total Penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

Buka penyimpanan, diatas penggunaan data

5. Untuk menghapus cache kamu tinggal tekan Hapus Cache.

Cara Menghapus Cache di Android dengan Mudah

6. Selesai, sekarang kamu tinggal menunggu proses penghapusan cache pada aplikasi tersebut selesai.

Perlu diingat cara ini hanya bisa dilakukan secara manual. Jadi jika kamu ingin menghapus cache pada Aplikasi harus dilakukan satu-persatu.

Cara Menghapus Cache Aplikasi di Ponsel Samsung

Bagi kamu pengguna ponsel samsung apabila ingin menghapus cache aplikasi yang bikin lemot ponselmu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Masuk ke menu pengaturan ponsel samsung-mu.

2. Kemudian kamu Scroll ke bawah sampai menemukan menu Aplikasi. Lalu buka menu tersebut.

menghapus cache hp samsung

3. Jika sudah masuk ke bagian aplikasi kamu klik aplikasi yang akan dihapus cachenya.

Pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya

4. Selanjutnya pada halaman info aplikasi, kamu klik penyimpanan. Pada halaman penyimpanan ada informasi mengenai ruang yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

Buka penyimpanan yang ada di info aplikasi

5. Untuk menghapus cache kamu klik Hapus Memori, yang gambar icon sapu yang ada di bagian bawah sebelah kanan.

Cara menghapus cache di ponsel samsung

6. Jika sudah terhapus maka info tentang memori menjadi Nol Mb.

Cara Menghapus Cache di Android Secara Massal

Perlu diketahui jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan ponselmu mendukung penghapusan cache secara massal. Berikut selengkapnya.

1. Buka menu, lalu pilih bagian pengaturan

Langkah pertama, buka menu utama pada Android kamu. Pada bagian tersebut tersedia fitur pengaturan yang mana kamu menggunakan menu tersebut untuk mengatur berbagai hal terkait gawai yang kamu gunakan. Mulai dari pengaturan tampilan hingga pengaturan aplikasi sudah tersedia pada menu tersebut.

Cara menghapus cache di Android tanpa aplikasi harus dilakukan melalui menu pengaturan, atau kamu bisa langsung mengaksesnya melalui halaman awal atau shortcut yang tersedia pada ponsel kamu. Cache bukan hanya dapat membuat memory ponsel kamu lebih penuh, namun juga berakibat pada lambatnya kerja ponsel Android.

2. Pilih bagian History

Setelah membuka menu pengaturan, pilih bagian history atau riwayat ponsel tersebut. History akan mencatat seluruh aktivitas yang pernah kamu lakukan termasuk aktivitas browsing yang pernah kamu lakukan. Kamu bisa menghapus seluruh history tersebut sehingga kinerja ponsel kamu bisa lebih optimal.

Bila kamu ingin menggunakan cara menghapus cache di Android dengan aplikasi, kamu dapat memilih aplikasi yang memiliki fitur membersihkan cache secara berkala. Supaya kamu tidak perlu repot untuk menghapus cache setiap kali ponsel terasa lambat.

Namun pada fitur hapus history yang terdapat pada Android kamu. Sebenarnya fitur tersebut sudah cukup lengkap dengan kemampuan boosting performa handphone yang juga bisa melakukannya langsung pada bagian fitur pengaturan. Sebelum menghapus, ada beberapa hal lain yang harus kamu atur pada ponsel Android.

Baca juga: Cara Mematikan Auto Update Aplikasi di Play Store

3. Tentukan durasi yang ingin dihilangkan

Kemudian, tentukan durasi penghapusan history atau riwayat pencarian yang akan kamu lakukan. Durasi bisa diatur dalam 1 hari tersebut, atau bisa 1 minggu atau menghapus semua riwayat dan cache yang berada pada ponsel tersebut. Menghapus cache bisa menjadi sangat krusial karena file sampah yang mengganggu kinerja.

Setelah menghapus secara menyeluruh, ponsel kamu akan bekerja lebih cepat dan optimal. Cara membersihkan cache Android dengan cepat bisa langsung kamu lakukan dengan menekan tombol hapus data yang terdapat pada menu pengaturan.

Setelah itu, semua file cache pada ponsel Android telah hilang dan kinerja ponsel akan lebih optimal. Proses menghapus data pada Android sangat baik apabila kamu melakukannya secara berkala sehingga ponsel tidak error atau menjadi lambat ketika kamu gunakan.

Beberapa aplikasi tambahan juga menyediakan fitur berupa pendeteksi cache berukuran besar yang berpotensi membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan tersebut untuk melakukan recheck terhadap potensi cache besar yang tersimpan pada ponsel.

Baca juga: 2 Cara Mengunci Aplikasi di Android dengan Mudah

Dengan menghapus cache tidak akan mempengaruhi ruang penyimpanan internal kamu karena cache yang dihapus merupakan file yang sudah tidak terpakai. Itulah cara menghapus cache di Android yang bisa dilakukan secara langsung pada ponselmu sehingga ponsel bekerja lebih optimal.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.