Cara Mengganti Nama User Account di Windows 10

Cara Mengganti Nama User Account di Windows 10 – Menjaga akses masuk ke dalam sebuah perangkat komputasi seperti Laptop, Komputer, Smartphone dan lainnya merupakan hal yang penting, tentu kita tidak ingin sembarang orang dapat masuk begitu saja tanpa seizin kita si pemilik perangkat. Jika kamu memiliki Laptop/Komputer tentu saat dalam keadaan baru menyala akan dihadapkan pada pilihan user sebelum dapat mengaksesnya atau saat kamu ingin menonton layanan film streaming juga ditawarkan hal demikian bukan? Hal itu disebut user account dengan privilege sebagai control kita terhadap setiap akses yang terjadi di perangkat.

Akun pengguna atau User account sendiri terdapat hampir di semua sistem sekarang-sekarang ini, user account merupakan identitas seseorang di dalam suatu sistem. User account merupakan hak akses atas pengguna untuk menggunakan sebuah sistem yang dalam kasus ini adalah komputer/laptop. Dengan adanya user account, masing-masing pengguna tidak perlu repot untuk mengatur komputernya setiap kali ingin menggunakan, karena telah disimpan di dalam user account masing-masing.

Perbedaan User Account

Sebelum kita membahas cara mengganti nama user account di Windows 10, mari kita simak penjelasan singkat mengenai user account. Dalam praktiknya, user biasa dibagi menjadi tiga jenis yaitu standard user, administrator dan guest. Mari simak perbedaan di antara ketiga jenis user account tersebut di bawah ini.

Pertama adalah standard user, merupakan user account yang biasa kita gunakan untuk mengakses komputer. User account ini tentu memuat pengaturan yang sudah disesuaikan dengan keinginan kita, sehingga saat ingin mengaksesnya tidak perlu mengatur dari awal lagi.

Kedua adalah administrator, merupakan hak akses tertinggi di antara jenis user account lainnya. Administrator memiliki control penuh terhadap semua user account terdaftar yang memungkinkan untuk melakukan intervensi apabila dibutuhkan, jenis user account ini biasanya dimiliki oleh para perusahaan yang memiliki banyak karyawan sehingga dapat dipantau segala kegiatannya.

Ketiga adalah Guest, merupakan user account yang paling dasar tingkatannya karena memungkinkan siapapun untuk masuk tanpa memerlukan password atau autentikasi lainnya. Sesuai dengan namanya yang berarti tamu, guest diperuntukkan bagi user yang tidak memiliki keperluan tertentu melainkan hanya ingin melihat-lihat saja isi dari komputer tersebut.

Setelah mengetahui ketiga jenis user account di atas, lalu apa keuntungan kita membuat user account?. Mudahnya adalah kita hanya perlu melakukan konfigurasi sesuai keinginan kita sekali saja dan akan langsung tersimpan di user account kita. Sehingga di lain waktu apabila kita memerlukan mengakses komputer tersebut tidak memerlukan pengaturan lagi.

Baca juga : Cara Melihat Versi Windows di Laptop / PC

Penggunaan user account juga sudah banyak dilakukan, misalnya saja oleh Netflix, sebuah layanan streaming film on-demand. Netflix menyediakan fitur user account di mana setiap pengguna memiliki preferensi masing-masing atas genre film kesukaannya. Hal ini juga yang membantu Netflix dalam memberikan rekomendasi film untuk ditonton.

Cara Mengganti Nama User di Windows 10

1. Langkah pertama Anda klik menu Start dan ketik “Control Panel”, Jika tidak anda juga bisa mengetiknya di kolom “Search”, lalu anda buka.

membuka menu control panel

2. Setelah “Control Panel” anda buka, maka akan muncul tampilan awal “Control Panel”. Selanjutnya, arahkan kursor ke “User Account” dan klik “Change Account Type”.

klik Change Account Type

3. Selanjutnya, Setelah di klik, maka akan muncul daftar user yang telah terdaftar. Klik dua kali terhadap akun yang ingin diganti namanya dan pilih “Change The Account Name”. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

pilih Change The Account Name

4. Ganti nama tersebut dengan nama yang kamu inginkan sekarang. Jika sudah, maka klik tombol “Change Name” dan nama user account kamu telah berhasil diubah.

Cara Mengganti Nama User Account di Windows 10

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara mengganti nama user account di Windows 10 dan intermezzo mengenai user account pada komputer. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply