6 Cara Menghapus Akun Microsoft di Komputer Windows 10

Sudah bukan rahasia lagi jika kamu menggunakan Windows di komputermu, untuk kenyamanan pengguna maka Microsoft menyuruhmu menggunakan Akun Microsoft. Akan tetapi, karena alasan tertentu kamu ingin menghapus akun Microsoft dari komputer atau laptop milikmu.

Menambah akun Microsoft di komputer memang cukup mudah untuk dilakukan, namun ketika menghapusnya tidak semudah saat menambahkan, perlu usaha lebih agar akun tersebut terhapus di komputermu.

Terutama jika itu satu-satunya akun di laptop atau komputermu atau jika itu adalah akun level Administrator. Apapun jenis akunnya ada cara tertentu untuk menghapus akun Microsoft dari komputer windows 10 milikmu. Jika kamu ingin mengetahui caranya, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini.

Cara Menghapus Akun Microsoft di Windows 10

6 Cara Menghapus Akun Microsoft di Komputer Windows 10

1. Menghapus Akun Microsoft Melalui Control Panel

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus Akun Microsoft yaitu melalui Control Panel. Menggunakan control panel merupakan cara yang umum digunakan untuk mengelola berbagai macam hal di Windows termasuk akun pengguna. Kamu dapat menggunakannya untuk menghapus akun Microsoft apapun dari komputermu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama buka Control Panel. Ketikan control panel di kotak pencarian Windows, lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya, pada jendela control panel, klik User Accounts.
  • Apabila sudah terbuka, klik Manage Another Account. Nanti kamu akan melihat semua daftar akun di komputermu. Untuk menghapusnya, kamu klik akun yang ingin dihapus.
  • Kemudian, klik tombol Delete the Account. Nanti akan muncul pertanyaan, apakah Windows harus menyimpan file terkait dengan akun tersebut atau tidak. Pilih salah satu yang kamu inginkan dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penghapusan akun.

Perlu kamu ketahui, jika akun yang ingin kamu hapus adalah tingkat Administrator maka windows tidak akan mengizinkanmu menghapusnya. Untuk itu kamu harus mengubah jenis akun tersebut menjadi standar. Untuk mengubahnya bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka jendela Control Panel dan klik User Account.
  • Kemudian pada jendela user account, klik Change your account type.
  • Selanjutnya kamu ubah tipe akun dari Administrator menjadi Standard.
  • Terakhir tinggal kamu klik tombol Change Account Type.

Jika sudah menggubah tipe akun menjadi standar, sekarang kamu bisa menghapus akun tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.

Atau kamu bisa menggunakan fitur Advanced User Accounts untuk menghapus akun Microsoft dari komputermu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama tekan tombol Windows + R untuk meluncurkan kotak dialog Run. Kemudian ketikan netplwiz dan tekan Enter.
  • Selanjutnya pilih akun yang ingin dihapus, lalu klik tombol Remove dilanjutkan dengan klik Apply.
  • Terakhir kamu tinggal restart komputer, selamat akun Microsoft sudah terhapus di komputermu.

Baca juga: 5 Cara Uninstall Aplikasi Di Komputer Atau Laptop

2. Pindah Ke Local Account

Walaupun Microsoft ingin kamu tetap menggunakan Akun Microsoft untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan Windows, Microsoft juga memberimu pilihan untuk menggunakan Local Account.

Jika kamu merupakan satu-satunya pengguna di Komputer tersebut, kamu dapat membuat Local Account, lalu menghapus akun Microsoft dari Komputermu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama buka jendela Settings dan klik Account.
  • Pada jendela Accounts buka tab Your Info dan masuk menggunakan Local Account.
  • Selanjutnya kamu tinggal ikuti petunjuk di layar untuk mengatur nama pengguna dan kata sandi Local Account.
  • Jika kamu sudah membuat Local Account, buka Settings > Accounts > Email & Accounts. Dibawah Accounts used by other apps, klik akun Microsoft yang ingin kamu hapus dan pilih Remove, kemudian tekan Yes untuk mengkonfirmasi.

Sekarang akun Microsoft milikmu akan dihapus dari komputer dan akan menggunakan akun lokal di komputermu.

3. Menghapus Akun Microsoft Secara Online

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa menghapus akun Microsoft dari komputer dengan masuk ke akun Microsoft milikmu menggunakan browser. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Gunakan browser apapun yang ada di komputermu untuk masuk ke akun Microsoft.
  • Jika kamu sudah masuk, kamu akan melihat daftar komputer atau PC yang terhubung dengan akun Microsoft milikmu. Klik perangkat yang ingin kamu hapus akun Microsoftnya.
  • Selanjutnya kamu klik Remove this device yang ada di sebelah atas. Lalu klik Remove untuk mengkonfirmasi.

Sekarang akun Microsoft-mu sudah dihapus dari perangkat.

4. Menggunakan Registry Editor

Selain menggunakan control panel dan browser, jika kamu adalah Administrator kamu juga bisa menghapus akun Microsoft dari komputer melalui Registry Editor.

Sebelum memulainya, kamu harus tahu bahwa Windows Registry merupakan bagian penting dari sistem operasi. Menghapus file registry tanpa memahami lebih dulu dapat menyebabkan error yang tidak bisa di selesaikan pada komputermu. Jadi disarankan untuk membuat restore point sebelum memulainya.

Jika kamu terbiasa menggunakan Registry Editor, berikut adalah langkah-langkah menghapus akun microsoft menggunakan Registry.

  • Tekan tombol Windows + R pada Keyboard, untuk membuka kotak dialog Run. Kemudian ketik Regedit dan tekan Enter.
  • Pada jendela Registry Editor, gunakan kotak alamat pada bagian atas dan masukkan alamat folder berikut.
HKEY_USERS\.DEFAULT\Software\Microsoft\IdentityCRL\StoredIdentities
  • Klik folder Key StoredIdentities, nanti kamu akan menemukan sub key dari semua akun di komputermu. Selanjutnya, Klik kanan pada akun yang ingin dihapus, lalu klik Delete. Jika muncul pesan konfirmasi, klik Yes.

Sekarang kamu tinggal restart komputermu, maka akun microsoft sudah terhapus.

Baca juga: 50+ Shortcut Keyboard Windows 10 Lengkap Dengan Fungsinya

5. Berhenti Masuk Ke Semua Aplikasi Microsoft Secara Otomatis

Apabila kamu mengalami masalah saat menghapus Akun Microsoft menggunakan beberapa cara di atas. Kamu bisa meminta Windows untuk berhenti memasukkan Akunmu secara otomatis ke Aplikasi Microsoft. Caranya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama-tama buka jendela Settings, dan pilih Account.
  • Pada jendela account buka tab Your Info dan klik Stop signing in to all Microsoft apps automatically.

Sekarang akun yang ditampilkan adalah Local Account. Selanjutnya kamu masuk Ke Settings>Accounts>Email & accounts dan hapus akunmu dari sana.

6. Reset Aplikasi Email

Jika karena alasan tertentu kamu tidak bisa menghapus akun Microsoft dengan beberapa cara di atas. Kamu bisa mencoba mengatur ulang aplikasi email sebelum mencoba menghapus akun Microsoft milikmu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama tekan Windows + I pada keyboard untuk membuka aplikasi Settings.
  • Pada jendela Settings buka Apps.
  • Kemudian, scroll ke bawah dan cari Mail and Calendar dan klik Advanced options.
  • Scroll ke bawah lagi dan tekan tombol Reset.

Setelah selesai, lanjut hapus akun Microsoft itu dari komputermu dengan salah satu cara di atas.

Baca juga : Cara Mematikan Autoplay Di Windows 10

Nah, itulah beberapa cara untuk menghapus akun Microsoft di Windows yang bisa kamu lakukan. Diantara beberapa cara di atas kamu bisa pilih menggunakan cara mana yang menurutmu paling mudah dilakukan.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *