Cara Mengganti Bentuk Kursor di Laptop Windows 10

Cara Mengganti Bentuk Kursor di Laptop Windows 10 – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana sebuah komputer/laptop dapat kita lakukan modifikasi sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi keinginan kita. Mulai dari modifikasi hardware hingga software yang kini dapat kita lakukan, namun perlu diingat apabila kita melakukan sebuah modifikasi itu berarti kita telah merubah bentuk asli dari sebuah produk, sehingga saat terjadi kerusakan atau error maka klaim garansi pun tidak dapat kita gunakan, karena klaim garansi hanya berlaku jika komponen produk masih sama seperti yang telah mereka buat di awal.

Namun hal itu bisa terjadi apabila kita melakukan modifikasi yang cukup ekstrem, seperti untuk kegiatan mining atau OC (Overclocking), lantas bagaimana bila kita hanya melakukan modifikasi yang bersifat estetika?. Tentu saja resiko komputer atau laptop untuk rusak bisa dibilang kecil, karena modifikasi yang dilakukan pun hanya sebatas pada misalnya perubahan warna layar, background dan aksesoris lainnya, sehingga kekhawatiran akan terjadinya error kecil kemungkinan terjadi.

Cara Mengganti Bentuk Kursor di Laptop Windows 10

Memiliki keinginan untuk memodifikasi sebuah barang bukanlah hal yang buruk, jika kita mengerjakannya dengan baik dan teliti bukan tidak mungkin justru akan membuat barang tersebut semakin baik, hal ini juga didukung oleh banyaknya aksesoris tambahan katakanlah untuk komputer/laptop yang kini dapat dengan mudah didapat. Modifikasi juga sebenarnya tergantung kepada kebutuhan kita masing-masing, ada kalanya hanya sebatas keinginan dan ada pula yang memang sebuah kebutuhan.

Baca juga: Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Keinginan misalnya saja seperti anda ingin mengoptimalkan laptop anda untuk keperluan OC namun pada keadaannya anda belum membutuhkan hal tersebut karena masih cukup dengan performa laptop saat ini. Lalu kebutuhan misalnya anda merupakan seorang pengguna laptop yang intensif karena tuntutan pekerjaan sehingga laptop anda seringkali bersuhu di atas rata-rata, dengan demikian anda memerlukan sebuah alat untuk meminimalisir suhu laptop dengan menggunakan laptop cooler yang biasanya dijual terpisah.

Cara Mengganti Bentuk Kursor

Sama halnya saat kita ingin mengubah background laptop, tingkat kecerahan layar, hingga tingkat resolusi layar. Windows 10 juga menyediakan kita opsi untuk mengubah bentuk kursor yang berbentuk panah seperti pada umumnya. Ada kalanya seseorang ingin mengubah atau mencoba hal baru seperti pada bentuk kursor tersebut. Lantas bagaimana cara mengubahnya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Melalui Menu Personalize

Untuk cara pertama, anda dapat melalui tombol “Personalize” dengan klik kanan kursor anda.

1. Klik kanan pada kursos, lalu pilih “Personalize”.

cara ganti tampilan cursor

2. Anda akan masuk ke dalam menu settings, pilih “Themes”. Lalu silakan pilih “Menu Cursor” untuk memilih jenis kursor apa yang ingin anda gunakan.

Buka menu themes lalu pilih mouse cursor

3. Setelah masuk ke Mouse Properties, pastikan anda berada pada tab “Pointers”. Maka anda akan melihat beberapa pilihan untuk jenis kursor, di bagian “Scheme” antara lain:

Memilih jenis kursor

  • Magnified
  • Windows Black
  • Windows Inverted
  • Scheme Windows Default
  • Scheme Windows Standard

4. Setelah anda memilih jenis kursor yang baru maka anda hanya perlu klik tombol “Apply” dan kursor anda akan berubah dengan sendirinya.

Menggunakan Desain Sendiri

Selain menggunakan desain kursor bawaan Microsoft, anda juga dapat memakai desain buatan anda sendiri atau mengunduh dari internet. Pastikan file dalam format .cur atau .ani sehingga dapat dibaca oleh komputer. Cara penerapannya juga sama seperti sebelumnya, hanya saja pada saat anda di Tab Pointers. Klik “Browse” untuk memilih desain kursor yang anda inginkan.

mengganti bentuk kursor custom

Untuk contoh desain cursor anda bisa mengunduhnya disini: Metro X1 Animated Cursors Set

Baca juga: 4 Tips Penting Merawat Flashdisk Agar Awet(Tahan Lama)

Itulah mengenai Cara Mengganti Bentuk Kursor di Laptop Windows 10, Mudah bukan?. Sekarang anda bisa memakai laptop atau pc dengan tampilan kursor yang berbeda dari biasanya. Semoga artikel diatas bermanfaat!

Leave a Reply