Cara Mengganti Bahasa di Windows 10 Dengan Cepat

Cara Mengganti Bahasa di Windows 10 – Di dunia ini terdapat puluhan bahkan ratusan bahasa yang dimiliki oleh masing-masing bangsa, bahasa juga berperan sebagai alat komunikasi yang digunakan oleh manusia setiap harinya. Peranan bahasa pun sangat penting saat ini. Mengingat dunia bergerak sangat dinamis layaknya tanpa batas dan waktu, maka dari itu bahasa memegang peranan penting di era globalisasi saat ini. Begitu pula dengan laptop yang menyediakan beragam bahasa yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan kita. Mulai dari benua Asia hingga ke benua Eropa pun semua tersedia di dalamnya.

Perkembangan dunia bahasa juga tidak kalah menarik apabila kita membahas sedikit di luar konteks Windows. Saat ini siapapun dapat memahami hampir seluruh bahasa yang ada di dunia dengan adanya platform penerjemahan online milik Google yaitu Google Translate. Di sana anda dapat dengan mudah memilih bahasa apa yang hendak anda ingin terjemahkan lengkap dengan fitur suara sehingga anda juga dapat mendengar suara dari native speaker.

Cara Mengganti Bahasa di Windows 10

Selain platform penerjemahan online, sekarang setiap orang juga dapat dengan mudah mengakses kursus online bahasa dengan gratis. Karena sudah cukup banyak aplikasi pembelajaran bahasa asing yang tersedia baik versi desktop maupun mobile App. Hal tersebut tentu merupakan kabar baik mengingat kebutuhan keterampilan akan bahasa asing semakin hari semakin meningkat.

Hal menarik adalah bahwa pada tahun 2019 kemarin yang dinobatkan sebagai bahasa paling banyak digunakan di dunia bukanlah bahasa Inggris seperti yang sering kita pikirkan bersama. Bahwa bahasa mandarin menduduki posisi paling atas untuk bahasa yang paling banyak digunakan. Hal tersebut wajar mengingat negara Tiongkok memiliki populasi sebanyak 1,3 miliar yang sekaligus menjadikannya negara dengan populasi terbesar di dunia.

Baca juga: Cara Mengetahui Lisensi Windows 10 Retail/OEM/Volume

Posisi kedua ditempati oleh bahasa Spanyol, mungkin anda heran mengapa demikian?. Singkatnya karena pada masa lampau, bangsa Spanyol memiliki banyak daerah jajahan di dunia yang membuat penggunaan bahasa spanyol ikut meluas ke belahan bumi lainnya. Hal itulah yang membuat bahasa Spanyol sukses menduduki peringkat kedua.

Lalu yang ketiga barulah bahasa Inggris yang selama ini dianggap sebagai bahasa paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Inggris sendiri memiliki native speakers sebanyak 379 juta, yang kebanyakan berasal dari Amerika Serikat dan Britania Raya sebagai negara yang memiliki bahasa resmi yaitu bahasa Inggris.

Cara Mengganti Bahasa di Windows 10

Sedikit intermezzo mengenai bahasa, kini mari kita lanjutkan cara mengganti bahasa di Windows 10 dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Masuk ke Menu Settings

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum dapat merubah bahasa adalah masuk ke dalam menu settings terlebih dahulu, pilihlah Time & Language lalu Region & Language. Di sana akan terpampang bahasa Inggris sebagai bahasa yang kini tengah digunakan, klik Add a Language untuk menambahkan bahasa yang anda inginkan. Asumsikan bahasa yang anda pilih adalah bahasa Indonesia maka akan muncul tampilan seperti ini.

merubah bahasa di windows 10

2. Jadikan bahasa pilihan sebagai Set as Default

Setelah anda memilih bahasa, maka pilihan bahasa akan bertambah dan muncul tombol “Set as Default”. Yang mana anda harus menekannya supaya bahasa akan diubah oleh sistem.

Jadikan bahasa pilihan sebagai Set as Default

3. Selanjutnya silakan mengunduh package Bahasa Indonesia

Setelah diatur sebagai default, langkah selanjutnya adalah mengunduh package berisi Bahasa Indonesia dengan memilih timbol “Options”. Kemudian pilih “Download Language Pack”. Silakan tunggu sampai proses mengunduh selesai.

Selanjutnya silakan mengunduh package Bahasa Indonesia

4. Lakukan Sign-In Kembali

Sesaat setelah proses mengunduh selesai, anda harus melakukan sign-in ulang supaya Bahasa Indonesia dapat digunakan di Windows anda.

Lakukan Sign-In Kembali

Baca juga: Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10

Seperti itulah langkah-langkah mengubah bahasa di Windows 10 beserta intermezzo terkait kebahasaan. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply