Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Komputer dan HP

Pengguna internet di Indonesia sudah semakin banyak. Kecepatan internet yang sekarang ada pun semakin ditingkatkan dari waktu ke waktu demi memudahkan banyak orang dalam mengaksesnya. Namun, bagaimana cara mengetahui kecepatan internet yang Anda miliki.

Jawabannya sangatlah mudah dan bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, baik itu untuk komputer maupun hp. Bahkan Anda tidak perlu menghubungi operator penyedia internet karena bisa cek sendiri. Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengetahui kecepatan internet.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Komputer

Jika saat Anda tengah browsing dan tiba-tiba kecepatan internet menurun, berikut ini cara melakukan pengecekan kecepatan internet.

1. Menggunakan Speedtest.net

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan web speedtest.net yang tidak merepotkan dan simpel. Anda hanya perlu mengunjungi web tersebut dan akan Anda temukan tombol “GO” yang harus Anda klik untuk mengetahui kecepatan internet yang Anda miliki.

Web secara otomatis akan mengecek kecepatan internet Anda yang hasilnya akan langsung terlihat. Saat mencoba mengecek kecepatan internet, jangan membuka web browser lain agar hasil yang didapat lebih akurat. Dengan web ini Anda bisa mengetahui kecepatan download dan upload, dan banyaknya ping dari internet Anda.

2. Menggunakan Indihome Speedtest

Tidak jauh seperti web sebelumnya, Indihome juga memiliki hasil yang akurat saat mengecek kecepatan internet Anda. Caranya juga tidak begitu ribet dengan mengunjungi Indihome speedtest. Kemudian, Anda juga akan mendapati tulisan “GO” yang harus Anda klik untuk memulainya.

Web Indihome akan memberikan hasil kecepatan internet Anda dalam waktu yang cukup singkat. Anda bisa mendapati kecepatan download dan upload, beserta ping dan jitter dari internet yang Anda miliki.

3. Menggunakan CBN Speedtest

Untuk mengetahui kecepatan internet di komputer selanjutnya adalah dengan menggunakan web CBN Speedtest. Web ini juga menyediakan jasa pengecekan kecepatan internet yang tidak jauh seperti sebelumnya. Namun komputer Anda harus sudah terinstal Adobe Flash Player terlebih dulu.

Anda hanya perlu mengunjungi web tersebut dan klik “Begin Test” untuk memulai pengecekan. Anda bisa mendapati hasilnya dalam waktu singkat dengan tampilan kecepatan download, upload dan ping yang dimiliki internet Anda.

Baca juga: 10 Aplikasi Browser Terbaik Untuk Android

4. Menggunakan Fast Com

Cara selanjutnya cukup mudah dan simpel tanpa harus mengklik apapun. Anda cukup kunjungi situs Fast Com yang langsung secara otomatis mengecek kecepatan internet Anda.

Jika ingin melakukan cek ulang, klik tombol “refresh”. Sedangkan hasil yang Anda dapati adalah kecepatan download saja. Meski begitu, web ini cukup berguna untuk mengetahui seberapa cepat internet yang Anda miliki.

5. Menggunakan Meter Net

Meter.net merupakan salah satu cara lain mengetahui kecepatan internet tanpa harus menggunakan aplikasi. Caranya adalah dengan mengunjungi web tersebut dan mengklik tombol “Start Test” untuk memulai secara otomatis. Setelah itu, Anda akan mendapati kecepatan internet berupa download, upload dan ping dengan hanya satu kali klik saja.

6. Menggunakan Bandwidth Place

Anda juga bisa menggunakan web Bandwidth Place untuk mengetahui kecepatan internet. Caranya dengan mengunjungi situs tersebut dan klik “Start” sehingga Anda bisa tahu kecepatan internet Anda. Hasil yang Anda dapati adalah kecepatan download, upload, hingga ping yang Anda miliki pada internet Anda.

7. Menggunakan Ping-test Net

Cara terakhir untuk mengetahui kecepatan internet Anda adalah dengan mengunjungi web Ping-test Net. Anda hanya perlu mengklik simbol “power” yang terdapat di layar komputer, sehingga nantinya akan memulai pengecekan.

Hasil yang Anda dapati adalah berupa kecepatan download, upload, dan ping dari internet Anda. Hasilnya sendiri cukup akurat dan bisa Anda lakukan hanya dengan mengklik tombol yang ada.

Baca juga: 4 Cara Cek Kuota Internet Simpati dengan Mudah

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di HP

Selain mencari tahu kecepatan internet di komputer dengan menggunakan berbagai situs seperti di atas, Anda juga bisa mengetahui kecepatan internet di HP. Cara untuk mengetahuinya juga tidak susah. Anda bisa mengetahui seberapa cepat internet yang Anda miliki dengan HP dan dengan berbagai cara seperti di bawah ini.

1. Menggunakan Speedtest by Ookla

Sebelumnya Anda bisa mengakses web speedtest di komputer. Sedangkan kali ini Anda bisa menggunakan aplikasi Speedtest untuk smartphone Android. Aplikasi ini bisa memperlihatkan kecepatan download dan upload dari internet Anda.

Aplikasi Speedtest akan memperlihatkan hasil secara real-time yang berarti bisa berubah sesuai dengan kecepatan internet. Cara penggunaannya juga sangat simpel dengan cukup mengetuk “Begin Test” untuk memulai pengecekan.

2. Menggunakan V-SPEED Speed Test

Cara mengetahui kecepatan internet selanjutnya dengan menggunakan V-SPEED Speed Test yang juga merupakan salah satu aplikasi smartphone. Aplikasi yang bisa didapatkan via Playstore ini akan menampilkan kecepatan internet berupa download dan upload.

Caranya pun sangat mudah dengan mengetuk simbol “power” untuk mulai pengecekan. Selain itu, terdapat fasilitas pencari sinyal WiFi yang bisa Anda coba.

3. Menggunakan Speed Test

Terdapat aplikasi lain yang juga digunakan untuk mengecek kecepatan internet, yaitu Speed Test yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Aplikasi ini bisa mengetahui kecepatan internet secara real-time.

Sedangkan hasil yang Anda ketahui berupa kecepatan download dan upload, beserta banyaknya ping yang Anda miliki. Bahkan aplikasi ini bisa memperlihatkan kecepatan WiFi yang ada di sekitar Anda.

4. Menggunakan FAST Speed Test

Jika sebelumnya ada web Fast net yang bisa Anda gunakan untuk mengecek lewat komputer, kali ini Fast net hadir sebagai aplikasi smartphone untuk mengetahui kecepatan internet dengan menggunakan HP. Aplikasi ini dikembangkan oleh Netflix yang tidak berbeda jauh seperti versi web.

Seperti sebelumnya, Anda tidak perlu menyentuh apapun di layar smartphone Anda. Cukup jalankan aplikasinya dan tunggu sampai hasil tes keluar. Aplikasi akan secara otomatis memperlihatkan kecepatan internet yang Anda miliki dengan hanya kecepatan download saja yang ditampilkan.

5. Menggunakan Internet Speed Test

Dengan satu sentuhan saja Anda bisa mengetahui seberapa cepat internet yang Anda miliki. Seperti itulah yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi Internet Speed Test. Aplikasi ini merupakan besutan dari Yuhi Development, LLC dengan fasilitas utamanya, yaitu mengecek kecepatan internet.

Sebelum Anda bisa menggunakannya, sudah pasti harus download aplikasinya terlebih dulu. Setelah itu, jalankan aplikasi tersebut dan ketuk tombol “Perform” sehingga aplikasi akan mulai melakukan pengecekan kecepatan internet. Anda juga hanya perlu menunggu sampai hasilnya keluar dan Anda bisa segera tahu seberapa cepat internet yang Anda miliki.

Baca juga: 10 Aplikasi Pelacak HP Android yang Hilang

Itu tadi berbagai cara mengetahui kecepatan internet yang Anda miliki, baik lewat komputer maupun HP. Bisa dipastikan setiap cara yang disebutkan di atas tidak sulit dan sangat simpel, karena hanya membutuhkan satu kali klik atau satu sentuhan untuk memulai pengecekan. Jika Anda ingin mengetahui kecepatan internet Anda, silahkan coba salah satunya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru