Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10 – Apa kamu tahu bagaimana cara mengatur jam dan tanggal di Windows 10? Komputer atau laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi. Kedua peralatan ini sudah banyak digunakan oleh semua orang yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan nama laptop maupun komputer sudah sangat terkenal meskipun orang-orang yang tahu tentang nama ini tidak memiliki komputer atau laptop.

Ada banyak kemudahan yang didapat ketika menggunakan komputer. Salah satu manfaat tersebut adalah anda bisa menyimpan data dalam kapasitas yang sangat besar dan tidak perlu khawatir data tersebut akan hilang. Terlebih lagi ketika laptop atau portable computer hadir. Kamu bukan hanya bisa menyimpan filemu secara permanen tanpa takut hilang, kamu juga bisa membawa perangkat elektronikmu tersebut kemana-mana.

Hal ini tidak lepas dari perkembangan di dunia teknologi yang semakin lama semakin mengalami kemajuan. Belum lagi dengan hadirnya sistem operasi pada komputer maupun laptop yang semakin lama semakin terlihat elegan membuat perangkat tersebut juga semakin elegan. Salah satu sistem operasi terbaik yang ada saat ini adalah Windows 10.

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10

Windows 10 memang hadir dengan banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh OS yang satu ini adalah tampilannya yang elegan. Selain itu, tersedia banyak pilihan gambar background yang bisa kamu gunakan untuk semakin membuat tampilan layar komputer maupun laptopmu semakin bagus.

Meskipun begitu, terkadang ada saja masalah yang dialami oleh pengguna Windows 10. Namun masalah ini juga bisa terjadi di sistem operasi yang lainnya. Salah satunya adalah jam dan tanggal yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Terkadang ketika proses instalasi mungkin kita salah dalam mengatur zona waktu untuk komputer kita sehingga kamu akan melihat adanya perbedaan antara tanggal dan juga jam di hp dengan tanggalan yang sebenarnya.

Baca juga: 10 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat Untuk Android

Maka dari itu, sekarang yang harus kamu lakukan adalah mengetahui bagaimana cara mengatur jam dan tanggal di Windows 10. Setelah mengetahui informasi ini, maka waktu dan jam di perangkatmu akan kembali seperti waktu sebenarnya

1. Mengecek Time Zone (Zona Waktu)

Cara pertama adalah kamu harus melakukan pengecekan terhadap zona waktu. Mungkin ketika proses instalasi Windows 10 tidak sengaja memilih zona lain sehingga menyebabkan perbedaan waktu ketika komputer sudah selesai menginstal Windows 10. Untuk itu maka:

  • Kamu harus masuk ke menu setting. Kemudian kamu pilih Time And Language.
  • Setelah itu, pada bagian time zone, kamu harus mengubahnya dengan time zone yang benar yakni UTC +7.

Mengecek Time Zone

2. Mematikan atau Menyalakan Pembaruan Date and Time

Cara yang kedua adalah kamu bisa mematikan atau menyalakan pembaruan Date and Time. Caranya bagaimana? Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  • langkah awah sama seperti cara yang pertama, yaitu kamu harus masuk ke menu setting kemudian pilih Time And Language.
  • Nanti akan menu date and time ada pengaturan Set time automatically
    dan Set time zone automatically. Kamu bisa mematikan dan menghidupkan pengaturannya.
  • Jika Sudah tinggal cek apakah waktu yang ada di komputer maupun laptopmu sudah menunjukkan angka yang benar atau tidak.

Mematikan atau Menyalakan Pembaruan Date and Time

3. Mengatur Secara Manual

Cara mengatur jam dan tanggal di Windows 10 yang terakhir adalah mengaturnya secara manual. Untuk langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya. Hanya saja ketika kamu sudah berada di tampilan date and Time, kamu tinggal mengaturnya secara manual. Tapi untuk mengatur jam dan tanggal secara manual kamu harus mematikan pengaturan otomatis pada tanggal dan jam. Untuk langkah langkahnya seperti berikut ini:

  • Nonaktifkan Set Time Automatically.
  • Pada bagian Change date and time klik Change.

Setting tanggal dan waktu secara manual

  • Nah barulah kamu bisa mengaturnya secara manual jam dan tanggalnya.

Cara Mengatur Jam dan Tanggal di Windows 10

  • Jika sudah tinggal Klik Change.

Baca juga: 3 Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Di Laptop

Nah demikianlah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatur jam dan tanggal di Windows 10. Semoga cara diatas bisa membantu.

Leave a Reply