7 Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri – Bluetooth berfungsi untuk menghubungkan handphone ke berbagai perangkat nirkabel, entah itu sesama handphone, speaker, earphone dan lainnya. Tapi seperti halnya dengan sebagian besar fitur di handphone, terkadang bluetooth menyala sendiri.

Jika bluetooth menyala terus-menerus tentu saja akan menguras daya baterai pada smartphone. Selain itu bluetooth juga akan terhubung ke perangkat terdekat tanpa diperlukan.

Bluetooth yang menyala sendiri secara terus-menerus, merupakan masalah umum yang sering dialami para pengguna perangkat seluler.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa kemungkinan yang menyebabkan bluetooth menyala sendiri dan cara untuk mengatasinya.

Mengapa Bluetooth Aktif Secara Otomatis

Ada banyak faktor yang menyebabkan bluetooth aktif secara otomatis di handphone Android, mulai dari kesalahan sistem hingga pengaturan yang salah konfigurasi. Selain itu, aplikasi pihak ketiga yang diizinkan melakukan perubahan sistem juga bisa mengaktifkan bluetooth tanpa diminta.

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri

7 Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri Di HP Android

Apa pun penyebabnya, beberapa cara di bawah ini akan membantumu mengatasi masalah jika bluetooth di handphone menyala sendiri.

1. Restart Handphone

Jika handphone mu terus menyalakan bluetooth tanpa sebab, maka kamu bisa coba merestartnya. Apabila itu merupakan kesalahan kecil atau karena proses latar belakang yang memaksa handphone menyalakan bluetooth terus menerus, kamu tinggal merestart handphone mu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Mematikan Akurasi Lokasi

Tidak hanya GPS, aplikasi atau layanan juga sering kali menggunakan koneksi wifi dan bluetooth terdekat untuk menentukan lokasi seakurat mungkin. Jadi, kamu bisa mencoba untuk mematikan pemindaian bluetooth dan lihat cara tersebut bekerja atau tidak. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama buka menu Setelan di handphonemu dan arahkan ke lokasi.
  • Tekan Pemindaian Wifi dan Bluetooth.
  • Selanjutnya, kamu tinggal matikan Pemindaian Bluetooth.

3. Sesuaikan Preferensi Koneksi

Banyak orang yang mengatakan, jika mereka berhasil mematikan bluetooth sepenuhnya dengan melakukan perubahan pada preferensi koneksi di handphone. Kamu juga bisa mencoba cara itu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Setelan di handphone-mu.
  • Kemudian buka Perangkat terhubung, lalu Preferensi koneksi.
  • Selanjutnya, pada halaman preferensi koneksi tekan pilihan Mode Mengemudi.
  • Sekarang kamu tekan opsi Nyalakan secara otomatis.
  • Terakhir, luaskan opsi Lanjutan dan nonaktifkan opsi Aktifkan bluetooth secara otomatis.

Sekarang kamu tinggal periksa, cara tersebut berhasil atau tidak.

Baca: Kumpulan Kode Rahasia HP Oppo Beserta Fungsinya

4. Matikan Bluetooth Tethering

Jika kamu sering menggunakan bluetooth tethering di handphone untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, Bisa jadi membuat handphone-mu mengaktifkan bluetooth secara otomatis. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk mematikan bluetooth tethering dan lihat apakah cara ini berhasil atau tidak. Berikut caranya:

  • Langkah pertama buka menu Setelan di handphone-mu.
  • Kemudian pilih opsi Jaringan dan Internet.
  • Lalu, pilih Hotspot and tethering.
  • Sekarang matikan Bluetooth tethering.

5. Cegah Aplikasi Mengubah Pengaturan Sistem

Kadang kala, aplikasi pihak ketiga juga dapat menghidupkan bluetooth tanpa diminta. Ketiga hal tersebut terjadi, bluetooth akan terus menyala sendiri tidak peduli berapa kali anda mematikannya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencegah beberapa aplikasi yang baru di install mengubah pengaturan sistem dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan, dan pilih opsi Aplikasi dan pemberitahuan.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin kamu matikan izinnya.
  • Di bawah opsi Lanjutan, tekan Ubah pengaturan sistem dan matikan opsi Izinkan mengubah pengaturan sistem.

6. Atur Ulang Setelan Bluetooth

Apabila masalah terus berlanjut, kamu bisa mencoba mengatur ulang setelan bluetooth di handphone-mu. ini akan menghapus semua perangkat terpasang dan juga akan mengembalikan preferensi bluetooth-mu ke pengaturan default.

Perlu kamu ketahui, bahwa ini juga akan mengatur ulang pengaturan data wifi dan jaringan seluler di handphone-mu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan di handphone-mu.
  • Selanjutnya, pilih menu Sistem dan pilih Opsi Atur Ulang.
  • Tekan pilihan Reset Wi-fi, Seluler dan Bluetooth.
  • Sekarang, tekan Atur Ulang Pengaturan untuk memulai proses pemulihan.

7.  Aktifkan Mode Aman (Safe Mode)

Safe mode di Android merupakan fitur yang cukup handal untuk menemukan keanehan pada handphone. Jika mengaktifkan fitur ini, maka akan mematikan semua aplikasi dan layanan dari pihak ketiga yang berjalan di handphone-mu. Hal ini tentu saja akan mempermudah untuk mengidentifikasi penyebab di balik kesalahan.

Untuk masuk ke Safe mode, matikan handphone-mu terlebih dahulu. Kemudian tekan dan tahan tombol Power, tunggu sampai logo muncul. Setelah itu tekan tombol Volume turun (-).

Baca: 6 Cara Mengatur Suara Di Handphone Tanpa Tombol Volume

Nah, itulah beberapa cara mengatasi bluetooth nyala sendiri, yang bisa kamu coba ketiga handphone-mu mengalami hal tersebut. Semoga cara di atas bisa bermanfaat dan membuat bluetooth di handphone-mu normal kembali.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *