Cara Mengaktifkan Developer Mode di Android

Cara mengaktifkan developer mode di HP Android adalah tahapan untuk membuat HP Android berada pada mode pengembang atau mode developer. Bagi kamu yang belum tau bagaimana caranya, silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pada HP Android, terdapat beberapa pilihan mode. Diantaranya adalah mode pengguna dan mode developer yang biasa digunakan untuk melihat adanya bugs atau pengembangan apa saja yang masih perlu dilakukan oleh pihak developer HP.

Bila kamu ingin mencoba menggunakan mode developer di HP kamu, berikut ini adalah cara mengaktifkan mode developer di HP Android dengan cepat dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

Cara Mengaktifkan Developer Mode di Android

Cara Mengaktifkan Developer Mode di Android

1. Pilih Menu Setting pada Handphone

Agar kamu bisa mengaktifkan menu developer pada HP, langkah pertama adalah dengan membuka menu pengaturan atau setting pada handphone kamu. Pada bagian pengaturan, kamu bisa menemukan banyak detail terkait perangkat yang digunakan.

2. Cari Pilihan Menu About Phone

Setelah menemukan menu pengaturan, silahkan pilih pada bagian paling bawah, yaitu bagian About phone atau dalam bahasa Indonesia biasa ditulis dengan sebutan tentang ponsel. Bagian ini berisi mengenai semua detail informasi mengenai hp. Mulai dari nomor seri hp hingga software terdapat di bagian ini.

Baca juga: Cara Cek Imei HP Samsung Paling Mudah dan Akurat

3. Pilih Bagian Build Number

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih bagian build number atau nomor bentukan. Setiap hp memiliki “build number” yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, langkah yang diperlukan sebagai cara mengaktifkan developer mode di HP Android semua seri bisa dimulai dari bagian ini.

  • Tekan bagian “build number” sebanyak beberapa kali

Bila kamu telah menemukan bagian build number pada hp Android, silahkan ketuk di bagian nomor tersebut sebanyak beberapa kali. Setiap tipe dan seri hp memiliki aturan yang berbeda dalam hal jumlah untuk mengetuk bagian build number.

  • Perhatikan pesan yang muncul

Setelah diketuk sebanyak beberapa kali, kamu akan melihat adanya pesan pop up yang muncul di HP. Kamu wajib melihat pesan tersebut dan memperhatikan apakah isi dari pesan tersebut. Setiap hp memiliki isi pesan yang berbeda untuk mulai mengaktifkan developer mode.

  • Ikuti arahan dari pesan tersebut

Dari pesan tersebut kamu akan melihat berapa jumlah ketukan yang harus dilakukan untuk menggunakan mode developer. Cara mengaktifkan developer mode di hp Android dengan mudah bisa dilakukan bila kamu mengikuti semua arahan yang diberikan melalui bagian pengaturan.

Pada beberapa tipe hp, kamu akan diminta mengetuk bagian build number sebanyak 5-7 kali. Bila telah melakukan saran tersebut, maka akan terlihat pilihan baru yang muncul sebagai persetujuan untuk mengaktifkan mode developer.

  • Hp akan berubah ke mode pengembang

Setelah kamu menyetujui syarat tersebut, kamu akan langsung berada pada mode developer. Pada mode ini, kamu dapat merasakan menjadi mode pengembang dimana kamu memiliki hak untuk melaporkan setiap bugs dan kesalahan yang terjadi pada hp.

Kesimpulan

Cara untuk mengaktifkan mode ini cukup mudah. Hanya saja, kamu harus benar-benar memperhatikan dan mengikuti arahan dari hp kamu. Setiap merk dan tipe hp memiliki aturan yang berbeda terkait aturan detail untuk mengaktifkan mode pengembang.

Bila kamu ingin mencoba, kamu bisa langsung menuju ke pengaturan dan mengikuti semua langkah di atas. Ikuti cara mengaktifkan mode developer di hp Android, dan bila dikemudian hari terjadi kesalahan, kamu bisa langsung mengembalikannya ke mode pabrik seperti saat hp masih baru.

Baca juga: Cara Merekam Panggilan di HP Samsung

Itulah cara mengaktifkan developer mode pada hp android yang bisa kamu coba. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat, dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari selembar.com, terimakasih.

Leave a Reply