Cara Memisahkan File PDF Secara Offline dan Online

Cara Memisahkan File PDF Secara Offline dan Online – Portable Document Format atau sering kita kenal dengan PDF merupakan format file dokumen yang banyak digunakan saat ini terutama dalam media pembelajaran yaitu Ebook. File dengan format PDF biasa juga digunakan di lingkungan kantor untuk membuat laporan.

Penggunaan PDF ini untuk meminimalisir rusaknya suatu file dalam arti format yang berantakan saat diterima oleh orang lain, serta untuk meningkatkan keamanan data, karena file PDF dapat dikunci dan diatur sehingga isi dari file PDF tersebut tidak dapat dicopy-paste. Dengan begitu kerahasiaan data kantor/pekerjaan akan aman.

Atau misalnya kita hanya membutuhkan beberapa halaman saja dari ratusan halaman. Untuk itu kita perlu memotong halaman yang benar-benar dibutuhkan dan tidak perlu membuatnya lagi. Terdapat beberapa cara untuk memotong halaman pada file PDF, pertama anda dapat menggunakan Foxit Reader dan yang ke dua memisahkan halaman di file pdf secara online.

Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF Offline dan Online

Lalu bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Menggunakan Foxit Reader

Sebelum memulai memisahkan file PDF komputer harus sudah terinstal Foxit Reader. Menurut saya cara ini sangatlah mudah asalkan di komputer anda sudah ada aplikasinya.

  • Pertama buka file pdf  yang akan dipisahkan menggunakan Foxit Reader.

Split PDF Offline Menggunakan Foxit Reader

  • Kedua buka menu print atau tekan Ctrl+P.

Cara Memisahkan File PDF Secara Offline dan Online

  • Pada bagian nama Pilih Microsoft Print to PDF. Pada bagian Pages silahkan atur halaman mana yang akan anda pisahkan. Untuk pengaturan lainnya biarkan saja jika tidak dibutuhkan.
  • Jika sudah klik OK, kemudian simpan file tersebut.

2. Memisahkan file PDF Secara Online

Selain menggunakan cara diatas untuk memisahkan file PDF, Anda juga bisa memisahkan file pdf secara online. Jika anda dalam keadaan mendesak tidak sempat membuka laptop atau komputer dan anda tidak ingin menginstal foxit reader. Maka  menggunakan cara ini merupakan langkah yang tetap. Ada banyak situs yang bisa anda gunakan, salah satunya yaitu situs Ilovepdf. Untuk cara menggunakannya bisa melihat tutorialnnya dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengubah Gambar ke PDF Offline dan Online

  • Pertama buka situs ilovepdf.
  • Jika sudah klik Pilih file pdf, Lalu anda upload file pdf yang akan dipisahkan.

Split PDF Secara Online

  • Kemudian anda akan diarahkan ke halaman pemisah. Untuk tampilannya seperti gambar dibawah ini.

upload file pdf yang akan di pisahkan

  • Lalu anda atur halaman yang ingin anda pisahkan, misalnya 4-10. Kemudian centang  pada bagian “Gabungkan semua rentang dalam satu file PDF”.
  • Selanjutnya anda klik “Pisahkan PDF”. Dan tunggu sampai proses pemisahan selesai.

Memisahkan file PDF Secara Online

  • Terakhir tinggal anda download file tersebut. Tapi biasanya file yang sudah di pisahkan akan terdownload secara otomatis.

Baca juga: Cara Mengganti Bentuk Kursor di Laptop Windows 10

Nah itulah mengenai cara memisahkan file pdf secara offline dan online yang bisa anda coba. Tinggal anda pilih cara mana yang anda gunakan. Semoga apa yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Leave a Reply