6 Cara Mematikan Mode Pesawat di HP Samsung Yang Macet

Mode pesawat adalah fitur yang sangat berguna untuk menonaktifkan semua koneksi nirkabel di handphone hanya dengan sekali tekan.

Hal ini tentunya sangat berguna saat kamu naik pesawat atau mengatasi masalah jaringan. Tetapi bagaimana jika handphone Samsung anda error, mode pesawat tidak bisa dimatikan.

Nah, jangan khawatir kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mematikan Mode Pesawat di HP Samsung

Cara mematikan mode pesawat di hp samsung yang macet

1. Lakukan Hard Reboot

Jika handphone Samsung-mu macet di mode pesawat dan tidak merespons, kamu bisa melalukan hard reboot. Jangan khawatir ini tidak akan menghapus data-data pribadi milikmu.

Untuk reboot ulang handphone Samsungmu, tekan dan tahan tompol Power dan tombol volume turun secara bersamaan selama lebih dari 7 detik.

Tunggu sampai handphone-mu mati sepenuhnya. Sekarang hidupkan lagi dengan menekan dan menahan tombol Power. Kemudian cobalah untuk menonaktifkan mode pesawat, sudah bisa atau belum.

2. Cegah Aplikasi Mengubah Pengaturan Sistem

Masalah seperti ini juga bisa muncul jika kamu telah memberi izin kepada Applikasi pihak ketiga untuk mengubah pengaturan sistem di Handphone-mu.

Dalam hal ini, aplikasi yang bug juga dapat berulang kali mengaktifkan mode pesawat tanpa memberi tahumu. Nah untuk memperbaikinya kamu bisa mengikuti caranya di bawah ini.

  • Buka aplikasi menu Pengaturan, Scroll ke bawah dan pilih Aplikasi.
  • Kemudian tekan ikon tiga titik yang ada di pojok kiri atas, lalu pilih opsi Akses Khusus.
  • Tekan opsi Ubah Pengaturan Sistem untuk melihat daftar aplikasi yang dapat mengubah pengaturan sistem di handphone-mu. Geser toggle kearah kiri untuk mencegah aplikasi pihak ketiga mengubah pengaturan sistem.
  • Selanjutnya restart handphone-mu dan lihat apakah kamu sudah bisa menonaktifkan mode pesawat.

Baca juga: 2 Cara Merekam Panggilan di HP Samsung Tanpa Ribet

3. Reset Pengaturan Jaringan

Konfigurasi yang salah pada pengaturan jaringan juga dapat menyebabkan masalah seperti ini pada handphonemu.

Daripada mengatur ulang semua jaringan satu persatu, kamu bisa mengatur ke pengaturan default dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama buka menu Pengaturan, scroll kebawah dan pilih Manajemen Umum.
  • Jika sudah terbuka kemudian kamu pilih Reset.
  • Kemudian pilih Reset Pengaturan Jaringan.
  • Selanjutnya kamu tekan tombol Reset Pengaturan.

4. Coba Safe Mode

Safe mode adalah fitur praktis yang bisa membantumu mencegah sebagian besar masalah pada handphone-mu. Booting handphone Samsung-mu di Safe Boot akan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga dan layanan yang tidak penting.

Jadi, jika masalahnya disebabkan oleh salah satunya, kamu bisa mencoba menonaktifkan mode pesawat dalam mode aman. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Tekan Tombol Power sampai muncul Menu Power.
  • Kemudian Tekan lama pada ikon Power Off atau Mati Daya. Lalu tekan tanda centang hijau untuk boot dalam Safe Mode.

Coba kamu nonaktifkan mode pesawat sekarang. Setelah dinonaktifkan, handphonemu harus terhubung ke operator. Gunakan handphone dalam safe mode selama beberapa menit dan kemudian restart untuk keluar dari safe mode.

Baca juga:  3 Cara Mengganti Font HP Samsung Semua Tipe

5. Menghapus Partisi Cache

Sama seperti aplikasi di Handphonemu, Android juga membuat dan menyimpan file sementara untuk melakukan tugas tertentu yang disimpan di partisi cache sistem. Jika data tersebut rusak, mungkin Handphonemu akan berperilaku tidak menentu. Dalam hal ini, kamu bisa menghapus partisi cache sistem untuk melihat membantu atau tidak.

Untuk Menghapus partisi cache sistem pada Handphone Samsung, kamu harus masuk ke Recovery Mode terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama tekan dan tahan tombol Power, sampai kamu melihat menu Power.
  • Kemudian matikan Handphone.
  • Sekarang hubungkan Handphone dengan Komputer menggunakan USB.
  • Jika sudah terhubung, tekan dan tahan tombol Power + Volume UP secara bersamaan sampai muncul logo Samsung. Handphone akan boot dalam mode Pemulihan.

Perlu kamu ketahui, dalam mode perawatan layar sentuh akan tidak berfungsi. Jadi kamu harus menggunakan tombol Volume dan Power untuk menavigasi menu.

  • Gunakan tombol Volume Down untuk mengarahkan ke opsi Hapus Partisi Cache. Kemudian tekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Selanjutnya gunakan tombol volume turun untuk memilih Yes dan tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi. Tunggu beberapa saat untuk menghapus cache.
  • Jika cache sudah dibersihkan, arahkan ke opsi Reboot system now dan tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi.

Setelah kamu reboot, periksa apakah masih dalam mode pesawat atau tidak.

6. Periksa Pembaruan SoftWare

Pembaruan One UI yang bermasalah terkadang juga bisa menyebabkan masalah ini. Jadi, apabila tidak ada cara di diatas yang berfungsi, kamu bisa memeriksa pembaruan perangkat lunak yang tertunda di Pembaruan Perangkat Lunak pada aplikasi Pengaturan.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Notifikasi Situs di Browser Samsung

Itulah beberapa cara mematikan mode pesawat di HP Samsung yang macet. Kamu bisa mencoba beberapa cara diatas untuk mematikan mode pesawat agar Handphonemu normal kembali. Semoga bisa bermanfaat!

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.