2 Cara Mematikan Autoplay Video di Instagram dengan Mudah

Selembar.com – Autoplay video di instagram terkadang sangat mengganggu dan menghabiskan banyak kuota data internet. Itu sebabnya banyak yang mencari bagaimana cara mematikan autoplay video di instagram. Lalu bagaimana cara untuk mematikannya?

Bermain sosial media memang kegiatan yang menyenangkan, apalagi di instagram. Namun kadang kesenangan saat bermain instagram bisa terganggu karena video yang tiba-tiba terputar secara otomatis (autoplay). Karena itulah banyak orang yang mencari bagaimana cara mematikan autoplay video di instagram secara mudah.

Bagi sebagian orang fitur autoplay memang membantu, namun bagi sebagian orang juga fitur ini bisa sangat menyebalkan. Hal ini dikarenakan fitur autoplay menggunakan banyak kuota. Tentu saja hal itu bisa membuat kuota menjadi lebih cepat habis dan sangat merugikan, apalagi untuk kaum pelajar yang harus menghemat kuota.

2 Cara Mematikan Autoplay Video Di Instagram

Sebenarnya untuk mematikan autoplay video di instagram ada dua cara mudah yang bisa dilakukan. Kedua cara tersebut sama-sama tidak memerlukan banyak peralatan dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja kedua cara tersebut juga bisa dilakukan dengan gratis, dan pastinya 100% berhasil.

1. Menggunakan Fitur yang Ada di Instagram

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan autoplay video ig bisa dengan menggunakan fitur yang tersedia di ig. Jadi di instagram terdapat fitur yang dinamakan penghematan data yang jika diaktifkan, maka bisa mematikan autoplay. Adapun cara untuk mengaktifkan fitur tersebut diantaranya.

  • Buka aplikasi instagram lalu masuk ke profil.
  • Kemudian klik garis tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas aplikasi.

Klik garis tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas

  • Dari menu tersebut pilih menu pengaturan.

Mematikan Autoplay Video langsung Di Instagram

  • Selanjutnya kamu pilih menu akun.

Pilih menu akun

  • Nanti di menu akun ada pilihan pengaturan terkait dengan penggunaan data seluler, pilih menu tersebut.

Buka menu penggunaan data seluler

  • Aktifkan fitur penghematan data yakni “gunakan lebih sedikit data” atau “Use less data” dengan menggeser tombol sampai menjadi warna biru.

Cara Mematikan Autoplay Video Di Instagram

  • Setelah diaktifkan, autoplay instagram akan otomatis diberhentikan.

Baca juga : Cara Download Video Instagram Paling Mudah

2. Menurunkan Kualitas Jaringan

Kalau cara mematikan autoplay video di instagram sebelumnya langsung memanfaatkan fitur instagram, kali ini memanfaatkan fitur hp. Tidak usah khawatir karena caranya masih sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Cara ini dilakukan dengan menurunkan kualitas jaringan handphone.

Jadi dengan menurunkan tingkat jaringan yang digunakan oleh handphone maka bisa memperlambat proses loading video.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika video tiba-tiba akan terputar. Serta pastinya kuota akan tetap aman, berikut ini adalah caranya.

  • Buka pengaturan pada handphone.
  • Pilih menu jaringan dan seluler atau jaringan dan internet, atau jenis jaringan yang dipilih.

Menurunkan Kualitas Jaringan

  • Pada menu jaringan pilih mobile network lalu pada menu tersebut ganti jaringan yang digunakan handphone dari 4g menjadi 3g atau 2g.

Menurunkan Kualitas Jaringan ke 3g

Untuk pemilihan jaringan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah ingin diganti menjadi 3g ataupun 2g. Namun saat menggunakan jaringan 2g perlu diperhatikan bahwa kinerja lain akan melambat. Jadi lebih baik digantinya menjadi 3g saja karena tidak terlalu lambat.

Manfaat Mematikan Autoplay Di Instagram

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan apabila autoplay di instagram dimatikan. Pertama adalah menghemat data yang digunakan. Hal ini dikarenakan tidak jarang video yang diputar di Instagram memakan banyak kuota, apalagi jika kualitasnya HD.

Selanjutnya saat mematikan otomatis autoplay ig pengguna tidak perlu khawatir jika video akan terputar tiba-tiba apalagi saat di tempat umum. Tentunya hal ini tidak akan mengganggu kenyamanan orang lain. Sehingga saat bermain instagram pengguna bisa lebih tenang.

Baca juga: 8 Aplikasi Download Video dan Foto Instagram Terbaik

Ternyata cara mematikan autoplay video di instagram bukanlah hal yang sulit, dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Pengaturan di atas juga bisa diterapkan pada semua handphone baik itu android maupun ios. Serta semua pengaturan di atas dipastikan 100% berhasil.

Leave a Reply