Cara Memasukkan Subtitle Film di Android

Cara memasukkan subtitle film merupakan langkah untuk menampilkan file subtitle pada film atau video yang akan diputar. Namun sebelum memasukan subtitle kamu harus mendownload subtitle untuk film yang akan kamu tonton. Lalu bagaimana cara? yuk simak pembahasannya berikut ini.

Agar kenyamanan menonton film semakin terasa, dibutuhkan fasilitas alih bahasa yang akan memudahkan penonton untuk memahami jalan cerita film yang akan ditonton. Perkembangan teknologi saat ini juga memungkinkan kamu untuk menonton film melalui gawai android.

Selain lebih mudah untuk diakses dimanapun kamu berada, menonton film melalui Android  juga memudahkan kamu untuk kembali memutar ulang atau melanjutkan film yang belum selesai ditonton.

Cara memasukkan subtitle film di android

Cara Memasukkan Subtitle Film di Android

Bila kamu membutuhkan subtitle untuk film yang diputar pada Android, tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara memasukkan subtitle ke film di Android yang bisa kamu coba sebelum kamu memulai menonton film.

Memasukkan Subtitle Secara Offline

Cara yang pertama untuk menampilkan subtitle pada video yang diputar adalah menggunakan cara offline. Berikut ini adalah cara memasukkan subtitle secara offline melalui beberapa aplikasi yang tersedia pada Android.

1. Pilih aplikasi yang akan digunakan

Pertama-tama kamu harus memilih aplikasi yang akan digunakan untuk menonton film atau video. Pastikan kamu memilih aplikasi terpercaya yang akan untuk digunakan. Sebelum mencari subtitle yang akan digunakan, cobalah aplikasi tersebut untuk memutar video terlebih dahulu. Kamu bisa memutar film di Android dengan salah satu aplikasi berikut ini.

  • MX Player
  • VLC
  • KM Player

2. Download subtitle melalui situs terpercaya

Setelah memastikan bahwa aplikasi bekerja dengan benar, silahkan kamu mendownload subtitle yang diinginkan melalui situs download subtitle yang kini telah banyak tersedia. Kamu bisa memilih subtitle berdasarkan judul film dan jenis video yang kamu miliki. Berikut ini beberapa situs download subtitle film terbaik yang tersedia pilihan bahasa Indonesia.

  • Opensubtitles
  • Podnapisi
  • iSubtitles
  • Isubscene (Alternatif Subscene)
  • Subtitlesdl

3. Samakan nama file film dan subtitle

Sebagai tips tambahan, terkadang subtitle yang telah didownload tidak bisa digunakan bila masih memiliki perbedaan nama file dengan file video yang telah kamu simpan sebelumnya.

Agar subtitle dapat digunakan dengan lancar, silahkan samakan nama file video yang kamu miliki dengan nama video yang telah kamu simpan sebelumnya. Dengan nama file yang sama, subtitle akan lebih mudah di deteksi oleh aplikasi yang kamu miliki.

4. Pilih menu tampilkan subtitle

Melalui aplikasi pemutar video, kamu bisa menemukan menu tampilkan subtitle. Pilihlah menu tersebut, kemudian pilih file subtitle yang akan digunakan. Setelah dipilih, file subtitle akan muncul secara otomatis pada video yang diputar.

Cara memasukkan subtitle ke film dengan mudah bisa diterapkan untuk hampir semua aplikasi pemutar video. Pastikan kamu telah memiliki file subtitle yang dimaksud dan menyamakan namanya dengan file video yang akan diputar.

Baca juga: 10 Situs Download Subtitle Indonesia Terbaik

Memasukkan Subtitle Secara Online

Selain menggunakan subtitle secara offline, kamu juga bisa menggunakan cara memasukkan subtitle ke film secara online yang lebih praktis untuk digunakan ketika kamu memiliki koneksi internet yang lancar. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pilih aplikasi yang akan digunakan

Sama seperti langkah memasukkan subtitle secara offline, kamu juga harus memilih aplikasi pemutar video terlebih dahulu sebelum mulai mencari subtitle. Pastikan kamu telah memiliki aplikasi yang terpercaya sehingga pemutaran video berlangsung dengan lancar.

2. Pilih menu cari subtitle

Sebagai cara memasukkan subtitle ke film dengan cepat, cara ini hanya memerlukan koneksi internet. kamu dapat mencari subtitle secara langsung melalui menu yang ada pada aplikasi.

Selanjutnya adalah tuliskan nama file atau nama film yang akan kamu cari subtitlenya melalui tombol search yang tersedia pada aplikasi tersebut. Akan ada banyak pilihan subtitle yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bahasa dan tipe file yang kamu miliki.

Baca juga: 5 Aplikasi Nonton Drama Korea Di Android Terbaik

3. Pilih subtitle yang akan digunakan

Setelah kamu menemukannya, pilihlah subtitle yang akan digunakan. Setelah dipilih, subtitle akan otomatis muncul pada file video yang kamu putar. Cara ini lebih efektif untuk digunakan dan lebih cepat karena menggunakan sistem online.

Berbagai cara tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kamu. Cara memasukkan subtitle film memudahkan kamu untuk memahami jalan cerita pada sebuah film sekaligus menambah kenyamanan kamu dalam menonton film.

Leave a Reply