BerandaInternetCara Melaporkan Aplikasi Android yang Mencurigakan

Cara Melaporkan Aplikasi Android yang Mencurigakan


Kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan dan berbahaya di android tapi tidak tau cara melaporkannya. Ingin tau caranya? yuk simak ulasan lengkapnya mengenai cara melaporkan aplikasi android yang mencurigakan berikut ini.

Aplikasi android yang kita gunakan tidak selamanya aman, apalagi jika mengunduhnya di internet langsung, tidak melalui toko aplikasi seperti Play Store. Bisa jadi aplikasi yang kamu download itu mencurigakan dan membahayakan data dan keamanan perangkatmu. Jadi jangan sembarangan ketika mencoba beragam Aplikasi dan menginstallnya di ponsel Androidmu.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua malwere pada Android terdeteksi walaupun kamu sudah menggunakan anti virus. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara menghindari malwere di Android untuk mengamankan perangkatmu. Kamu bisa memulainya hanya dengan menginstall aplikasi dari Google Play Store.

Apabila kamu perlu menginstall aplikasi di luar play store, kamu harus mencari dari sumber yang terpercaya sebelum menginstall-nya di perangkatmu. Toko aplikasi pihak ketiga seperti Amazon Appstore mungkin terbukti lebih baik untuk digunakan dari pada situs yang menawarkanmu unduhan file APK secara langsung.

Tapi jangan menganggap remeh, walaupun kamu mendownload aplikasi dari play store belum tentu aplikasi tersebut aman digunakan. Di play store juga ada banyak aplikasi palsu yang menyimpan malwere yang bisama dimanfaatkan oleh peretas. Untungnya, google menyediakan cara kepada penggunanya untuk melaporkan aplikasi yang dirasa mencurigakan untuk ditinjau.

Cara Melaporkan Aplikasi Android yang Mencurigakan

Cara termudah untuk melaporkan aplikasi yang mencurigakan dan ternyata berbahaya setelah kamu menginstallnya adalah dengan melaporkannya melalui Google Play Store di perangkatmu. Lalu bagaimana cara melaporkan aplikasi yang mencurigakan ?, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Play store kemudian cari aplikasi yang mencurigakan tadi. Jika sudah ketemu masuk ke halaman unduhan aplikasi tersebut.

2. Pada halaman unduhan aplikasi tersebut, pilih menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas, disamping ikon pencarian.

Buka menu tiga titik di pojok kanan

3. Di menu tersebut ada pilihan bagikan, tambahkan ke wishlist dan Tandai sebagai tidak pantas. Kamu pilih saja “Tandai sebagai Tidak Pantas”.

Cara Melaporkan Aplikasi Android yang Mencurigakan

4. Setelah membukanya kamu di hadapkan beberapa alasan, mengapa kamu menganggap konten atau aplikasi tersebut tidak pantas. Kemudian kamu pilih sesuai apa yang kamu keluhkan. Jika tidak ada alasan yang cocok dengan keluhanmu kamu tinggal pilih “Keberatan lainnya”.

Cara Melaporkan Aplikasi di Android

5. Jika sudah memilih alasanmu, selanjutnya tinggal kamu klik Kirim.

Jika laporanmu benar maka Google Play store akan menghapus Aplikasi tersebut dan mengirim laporan notifikasi kepada mu.

Baca juga: 3 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Youtube

Melaporkan Melalui Situs Pusat Bantuan Google Play Store

Selain melaporkan secara langsung lewat aplikasi plays tore, kamu juga bisa melaporkan aplikasi yang mencurigakan dan berbahaya melalui situs pusat bantuan Google Play Store. Cara ini sama hampir sama seperti yang sudah di uraikan diatasĀ  yaitu mengirim keluhanmu mengenai aplikasi tersebut, hanya saja caranya melalui situs pusat bantuan google play store langsung. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Bantuan Google Play, kemudian kamu scroll kebawah. Lalu pilih “Bantuan Berdasarkan jenis Produk”.

Buka situs bantuan google play

2. Kemudian pada menu tersebut, kamu pilih sub menu “Google Play Store”.

Pilih sub menu Google Play Store

3. Selanjutnya pada halaman bantuan google play, kamu pilih “Melaporkan masalah atau pelanggaran konten”.

Pilih Melaporkan masalah atau pelanggaran konten

4. Jika sudah masuk pada halaman tersebut, kemudian pilih menu drop down “Aplikasi dan Game”. Lalu kamu buka “formulir untuk melaporkan aplikasi yang tidak pantas”.

Buka formulir laporan

5. Setelah itu kamu pilih keluhanmu mengenai aplikasi tersebut dan kenapa alasannya, jika sudah tinggal kamu klik Kirim.

Melaporkan Aplikasi Android Melalui Bantuan Google Play

Baca juga: Cara Memblokir Email di Gmail Lewat Android & Komputer

Demikianlah mengenai cara melaporkan aplikasi android mencurigakan dan berbahaya melalui aplikasi Play Store dan pusat bantuan Google Play. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari selembar.com, terimakasih.



RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru