Cara Backup Foto ke Google Drive dengan Mudah

Selembar.com – Informasi mengenai berbagai fungsi google drive yang jarang diketahui banyak orang dan kalau kamu ingin tahu cara backup foto ke google drive.

Bagi Anda pengguna smartphone tentu tak asing dengan istilah google drive, google drive adalah salah satu aplikasi penyimpan data yang dikembangkan oleh google. Dan salah satu fungsinya adalah membackup foto, lalu tahukah kamu cara backup foto ke google drive?

Sebelum kita membahas mengenai cara membackup foto ke google drive sebaiknya kamu ketahui dulu beberapa fungsi dari google drive.

Cara Backup Foto ke Google Drive dengan Mudah

Fungsi Google Drive

Berikut 7 fungsi google drive yang banyak orang ketahui

1. Menyimpan data atau file

Fungsi utama dari google drive adalah menyimpan file penggunanya, bahkan beberapa file yang sifatnya pribadi dan rahasia pun dapat disimpan google drive seperti ijazah, sertifikat, curriculum vitae, file office, foto, PDF dan sebagainya dengan kerahasiaan yang terjamin oleh google.

2. Berbagi file

Selain menyimpan file google drive juga berbagi file dengan ukuran besar pada orang – orang tertentu yang kamu inginkan. Kamu dapat mengundang orang tersebut untuk melihat, mengomentari, mengedit file yang kamu bagikan. Inilah kolaborasi online yang menjadikan segalanya lebih mudah.

3. Backup file

Kamu bisa membackup semua file dan data pada ponsel atau komputer kamu ke google drive, dengan begitu bila ponsel, laptop atau komputer kamu rusak tak perlu khawatir karena kamu sudah membackupnya ke google drive, tanpa harus menggunakan penyimpanan fisik seperti flashdisk yang rawan terserang virus.

Baca juga: Cara Membuat Akun Gmail Baru di Android

4. Membuat catatan dari google keep

Untuk menyimpan catatan yang penting kamu tak perlu mencatatnya pada aplikasi yang terinstal pada ponsel atau komputer kamu karena google drive bisa menyimpan catatan kamu melalui google keep.

Google keep tersambung dengan google drive yang memungkinkan kamu menyimpan catatan yang kamu buat. Jadi kamu tak perlu lagi mencatatnya aplikasi pencatat atau mencatatnya secara manual.

5. Mengedit file

Fungsi dari google drive yang satu ini mungkin tak banyak orang tahu, google drive mampu mengedit file misalnya file word, excel, powerpoint, dan hasil editannya otomatis tersimpan pada google drive. Kamu juga dapat memuat file dan lembar kerja baru di google drive.

6. Menyimpan link

Saat kamu melakukan browsing dan ingin menyimpan link situs untuk kemudian dibacanya nanti, kamu tidak perlu mengcopy paste link tersebut, kamu cukup mengklik ikon segitiga yang ada browser yang kemudian untuk kamu baca nanti, dengan cara memasang ekstensi google drive yang yang ada pada chrome kamu.

7. Backup Whatsapp

Google drive juga mampu mencadangkan atau membackup chat dari whatsapp, jadi kalau kamu ingin mengganti ponsel riwayat chat pada ponsel kamu takkan hilang karena sudah membackupnya ke google drive.

Cara Membackup Foto Ke Google Drive

Setelah kamu mengetahui fungsi – fungsi dari google drive yang tidak hanya bisa menyimpan file, kini saatnya kamu tahu cara mencadangkan atau membackup foto ke google drive:

1. Pertama kamu buka google drive.

2. Lalu klik tanda tambah yang ada di pojok kanan bawah.

3. Pilih opsi upload.

4. Kemudian kamu pilih opsi gambar.

5. Lalu kamu pilih foto yang akan kamu backup atau kamu cadangkan ke google drive.

6. lalu dengan otomatis google drive akan mendownload dan menyimpan foto kamu.

Baca juga: Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome Pc dan Hp

Nah, begitulah cara backup foto ke google drive, kalau kamu ingin mencadangkan atau membackup foto kamu ke google drive, agar foto kamu lebih aman dan tidak hilang kalau ponsel kamu rusak atau hilang.

Leave a Reply