6 Cara Agar Komputer Terhindar dari Virus dan Malware

Mengetahui cara agar komputer terhindar dari virus dan malware lainnya sangatlah penting. Sudah tidak dapat kita pungkiri lagi, virus selalu menjadi ancaman serius bagi kita pengguna internet. Walaupun para software developer dan produsen sistem operasi telah melakukan segala cara untuk memeranginya, namun virus masih menjadi bahaya yang nyata bagi setiap pengguna internet.

Jika virus sudah menyerang komputer yang kita gunakan, resiko yang didapatkan bisa sangat luas, segala sesuatu mulai dari pencurian data hingga kegagalan sistem pada komputer. Untuk meminimalisir serang virus pada komputermu, kamu bisa mencoba beberapa cara agar komputer terhindar dari virus dibawah ini, berikut diantaranya.

6 Cara Agar Komputer Terhindar dari Virus

6 Cara Agar Komputer Terhindar dari Virus dan Malware

1. Install Software Antivirus Yang Berkualitas

Sekarang masih banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan software anti virus khusus itu tidak perlu, karena sistem operasi sekarang sudah dilengkapi dengan antivirus bawaan. Namun, dengan jumlah virus berbahaya yang setiap hari makin meningkat, menginstall software antivirus yang berkualitas sangatlah penting untuk keamanan komputer.

Daripada kamu melihat fitur keamanan yang dibangun di dalam sistem operasi komputermu sebagai pengganti software antivirus khusus, lebih baik kamu menganggapnya sebagai pelengkap perangkat lunak tersebut saja. Software anti virus yang baik dapat bekerja secara bersamaan dengan sistem operasi yang kamu gunakan untuk menjaga komputermu tetap aman dari virus dan ancaman dunia Internet yang terus meningkat. Jadi, jika komputermu saat ini  tidak memiliki software antivirus khusus, segeralah memasangnya.

Baca juga: 2 Cara Scan Menggunakan Windows Defender di Windows 10

2. Selalu Update Sistem Secara Berkala

Seringkali kita memiliki kebiasaan mengabaikan pembaruan sistem dan membiarkannya menumpuk. Karena meluangkan waktu untuk mengupdatenya seringkali mengharuskan kita menghentikan aktivitas apa pun yang sedang kita lakukan di komputer. Kita cenderung membiarkan pembaruan sistem tersebut tanpa berpikir untuk mengupdatenya.

Perlu kamu tahu bahwa mengupdate sistem lebih penting dari pada yang kamu kita. Karena banyak pembaruan dirancang untung memerangi virus yang baru muncul dan bahaya lainnya. Ini berarti semakin lama kamu membiarkan pembaruan tersebut, semakin rentan komputermu dari ancaman virus dan bahaya lainnya.

Jadi jika kamu menerima notifikasi pembaruan sistem operasi  atau program apapun di komptermu, segeralah mengupdatenya tanpa menunda-nunda lain waktu. Ini mungkin mengharuskanmu menghentikan semua aktivitasmu di komputer, akan tetapi ketidaknyamanan kecil ini akan sebanding dengan meningkatnya keamanan yang akan kamu dapatkan di komputermu.

Jika kamu tidak bisa melakukan update secara manual jika pembaruan tersedia, kamu bisa mengaktifkan pembaruan otomatis di komputermu.

3. Memindai Virus Secara Berkala

Memindai virus secara teratur di komputer merupakan cara yang cukup efektif untuk menemukan dan membasmi virus yang muncul di komputermu sebelum virus tersebut benar-benar menyerang. Hal ini dapat dilakukan melalui sistem operasimu atau software antivirus khusus. Namun alangkah baiknya kamu melakukan pemindaian secara terpisah, bisa menggunakan antivirus bawaan sistem operasi dulu, kemudian menggunakan software antivirus khusus.

Melakukan pemindaian antivirus tidak akan mengganggu aktivitasmu di komputer dan dapat berjalan di latar belakang. Kamu bisa menjalankan pemindaian secara manual atau menjadwalkannya. Untuk keamanan komputermu setidaknya melakukan pemindaian di seluruh sistem beberapa hari sekali.

Baca juga: 5 Cara Uninstall Aplikasi di Komputer atau Laptop Windows 10

4. Waspada ketika membuka Email tidak dikenal

Berhati hati ketika membuka email juga merupakan salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk menghindari virus. Untuk antisipasi, abaikan email dari pengirim yang tidak dikenal atau mencurigakan. Kemudian hindari membuka lampiran yang ada dalam email tersebut, bahkan jika email mengaku berasal dari teman, anggota keluarga atau rekan kerja. Hindari mengklik link tautan apa pun jika ada yang mencurigakan dari email tersebut, karena ada kemungkinan pihak ketiga mengetahui daftar kontakmu.

Bahkan dengan kemajuan keamanan cyber selama ini, virus terus menjadi ancaman yang serius bagi semua komputer dan semua software yang mendukung internet. Jadi, apakah komputermu sering terkena virus atau tidak pernah sama sekali. Melindungi komputermu dari virus merupakan prioritas utama.

5. Instal Pemblokir Popup

Ketika kamu online di depan komputer sehari-hari, banyak serang virus terjadi melalui browsermu. Peretas bisa masuk ke komputermu hanya dengan satu klik pada iklan atau tautan yang salah. Akan lebih baik jika memiliki pemblokir iklan atau popup untuk menjaga keamanan data di komputermu. Dengan cara ini akan menghentikan pembukaan halaman otomatis apapun yang tidak diinginkan.

Kamu juga jangan mengklik, membuka atau mengunduh sesuatu jika kamu tidak tahu siapa yang mengirimnya. Ini sangat penting dalam hal Email.

6. Berselancar di Internet dengan Hati-hati

Sebagian besar virus berasal dari Internet. Oleh karena itu kamu harus menggunakan jaringan dan koneksi yang aman untuk menjelajahi Internet. Jika ingin mencari informasi kunjungilah situs yang menggunakan “HTTPS” daripada “HTTP”, jangan klik tautan yang tidak dapat diandalkan.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Internet dengan Aman

Nah itulah beberapa cara agar komputer terhindar dari virus yang bisa kamu ikuti. Semoga dengan mengetahui dan menerapkan beberapa cara yang sudah diuraikan diatas, komputermu bisa terhindar dari serang virus yang berbahaya.

SHARE ON

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.