4 Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android– Di tengah kebutuhan dan keberadaan teknologi yang semakin pesat membuat orang tentu semakin kreatif dan cerdas dalam menggunakan berbagai perangkat elektronik khususnya yang berbasis mobile seperti smartphone atau ponsel pintar. Smartphone sendiri telah dibekali dapur pacu yang lumayan mumpuni untuk dapat mengakomodir para penggunanya dalam memanfaatkan teknologi saat ini.

Sebut saja dunia digital yang semakin berkembang karena didukung oleh kualitas video dan audio yang semakin baik. Kini orang-orang dapat dengan mudah mengekspresikan pendapatnya melalui video dengan cara yang sangat mudah tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Berbicara mengenai dunia digital khususnya video, saat ini salah satu anak perusahaan Google yaitu Youtube telah menjadi primadona bagi para pengguna internet. Apabila ingin membuat sebuah konten dalam bentuk video, terbukti telah banyak youtuber bermunculan saat ini.

4 Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android

Hal tersebut menjadi tidak heran mengingat platform penyedia video streaming seperti Youtube siap memberikan keuntungan berupa uang kepada setiap uploader video. Jika memang video yang di upload tersebut telah memenuhi persyaratan Youtube untuk dapat dilakukan monetisasi. Beberapa syarat yang lumrah antara lain adalah uploader harus memiliki sekian banyak subscribers dan sekian banyak viewers di masing-masing video sebelum dapat melakukan monetisasi dengan Youtube.

Dengan keuntungan tersebut bukan tidak mungkin akan semakin banyak orang yang ingin mencoba peruntungannya di dalam dunia digital khususnya melalui platform Youtube. Tentu saja sebelum menjadi seorang youtuber mereka harus mempersiapkan segala macam perlengkapan guna menghasilkan video yang berkualitas dan nyaman untuk ditonton oleh khalayak. Misalnya dengan penggunaan video editor dan screen recorder bagi beberapa jenis video.

Baca juga: 10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik dan Jernih Di Android

4 Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android

Pada kesempatan ini, akan dibahas 4 aplikasi perekam layar terbaik menurut jumlah unduhan pada Google Play Store yang dapat menjadi referensi anda sebelum mengunduh aplikasi perekam layar di ponsel Android anda.

1. Screen Recorder & Video Recorder – Xrecorder

Screen Recorder & Video Recorder - Xrecorder

Di urutan pertama pada Google Play Store terdapat XRecorder dengan total jumlah unduhan mencapai 50 juta unduhan dan rating aplikasi sebanyak 4.7/5.0 dari 909 ribu jumlah review yang masuk di Google Play Store.

Aplikasi yang dirilis pada 10 May 2019 ini merupakan keluaran dari InShot yang mana kita ketahui InShot merupakan aplikasi video & photo editor dengan logo merah sebagai cirikhas nya. Cukup sediakan storage pada ponsel anda sebesar 9.48 MB maka anda sudah dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis tanpa limit apapun untuk merekam aktivitas pada layar ponsel anda.

Salah satu kelebihan XRecorder adalah tidak adanya watermark pada hasil perekaman. Sehingga anda sebagai perekam tidak perlu merasa khawatir terkait dengan copyright dari video yang anda buat. Selain itu untuk mendukung kualitas hasil video yang baik maka XRecorder memungkinkan pengguna untuk menyimpan hasil perekaman dalam kualitas 720p atau setara dengan HD (High Definition). Serta terdapat direct access yang memungkinkan anda untuk langsung mengunggah hasil video anda ke dalam platform Youtube.

Lalu, jika anda ingin membuat atau menambahkan fitur tertentu di dalam aplikasi maka anda harus membeli fitur tersebut mulai dari 84.000 IDR / Item. Sehingga hasil video rekaman anda akan terlihat lebih profesional dengan menggunakan fitur tambahan tersebut.

Baca juga: 4 Aplikasi Compress Video Terbaik Untuk Android

2. Screen Recorder – No Ads

Screen Recorder - No Ads

Selanjutnya di posisi kedua urutan terbanyak menurut jumlah unduhan adalah Screen Recorder dengan total jumlah unduhan sebanyak 10 juta. Dan mendapatkan rating sebanyak 4.4/5.0 dengan jumlah review yang masuk sebanyak 144 ribu.

Aplikasi yang dibuat oleh Kimcy929 ini dirilis pada 18 November 2015 dengan ukuran aplikasi hanya sebesar 3.33 MB. Hal tersebut tentu menjadi kelebihan aplikasi ini karena ukurannya yang ringan. Sehingga akan lebih mudah dipasang pada setiap ponsel bahkan untuk ponsel yang sudah cukup berumur sekaligus.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah menyediakan beragam bahasa seperti bahasa Inggris, Prancis, Turki, Spanyol, Portugis, dan lain-lain yang membuatnya semakin universal dalam penggunaannya.

Screen Recorder – No Ads juga menawarkan fitur facecam di mana pengguna dapat merekam wajah sekaligus tetap merekam aktivitas di layarnya. Fitur facecam ini sering digunakan oleh banyak youtuber terutama yang membuat konten mengenai gaming. Karena mereka diharuskan merekam aktivitas bermain game dan merekam ekspresi wajah secara bersamaan.

Kemudian anda juga dapat melakukan editing secara basic seperti memotong video dan menambahkan teks, gambar dan logo ke dalam video. Namun yang perlu digarisbawahi adalah aplikasi ini support terhadap internal sound apabila anda merekam aktivitas pada aplikasi yang menimbulkan suara seperti game, hanya berlaku bagi pengguna Android 10 saja. Selain versi tersebut atau yang berada di bawahnya belum dapat menggunakan fitur internal sound seperti yang ditawarkan.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Di Android Terbaik (Gratis)

3. AZ Screen Recorder – Video Recorder, Livestream

AZ Screen Recorder - Video Recorder, Livestream

Kemudian di urutan ketiga terdapat AZ Screen Recorder dengan total jumlah unduhan mencapai 50 juta dan rating aplikasi sebanyak 4.6/5.0 dari 1 juta hasil review terhadap aplikasi ini. Aplikasi besutan AZ Screen Recorder ini memiliki ukuran sebesar 16.60 MB yang menjadikannya terbesar dari dua aplikasi perekam layar sebelumnya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah apabila ukuran suatu aplikasi cenderung lebih besar. Maka kemungkinan fitur yang terdapat di dalamnya pun bisa lebih lengkap. Aplikasi yang dirilis pada 11 November 2014 ini kini telah mencapai versi 5.7.1. Dan kemungkinan besar akan terus bertambah mengingat pembaharuan pada aplikasi harus terus dilakukan.

AZ Screen Recorder memiliki fitur yang cukup berbeda dibandingkan dua aplikasi perekam layar sebelumnya. Yaitu memungkinkan pengguna untuk melakukan livestream langsung ke beberapa platform sosial media terkenal seperti Facebook dan Youtube. Bahkan jika anda seorang gamer maka anda dapat langsung terhubung ke platform game streaming Twitch dan masih banyak lagi aplikasi yang dapat menjadi wadah livestream bagi anda.

Layaknya sebuah aplikasi, AZ Screen Recorder juga memiliki kekurangan seperti glitch yang terkadang kerap terjadi di beberapa kondisi saat anda tengah menggunakannya.

4. Mobizen Screen Recorder – Record, Capture, Edit

Mobizen Aplikasi Perekam Layar Terbaik di android

Walaupun berada pada urutan terakhir dibandingkan dengan tiga aplikasi sebelumnya. Mobizen memiliki jumlah unduhan terbanyak yakni sebanyak 100 juta unduhan dan rating aplikasi sebanyak 4.2/5.0 dengan total review sebanyak 2 juta.

Aplikasi besutan Mobizen ini pertama kali rilis pada 9 Mei 2012. Dan kini telah sampai pada versi 3.7.5.3 dengan update versi terakhir pada 5 Maret 2020. Mobizen memiliki ukuran aplikasi sebesar 22 MB yang mana tidak terlalu besar apabila disandingkan dengan beragam fitur yang diberikannya. Mobizen juga mendapat predikat Editor’s Choice dari Google Play Store. Karena dianggap mudah dalam pengoperasiannya serta kualitas video yang dihasilkan juga baik.

Kelebihan utama Mobizen adalah terletak pada penggunaannya yang cukup mudah sehingga dapat dimengerti oleh banyak orang. Selain daripada itu untuk fitur-fitur pada Mobizen cukup lengkap mulai dari facecam, tanpa watermark. Hingga yang paling menonjol adalah kualitas video bisa mencapai full HD atau 1080p. Yang mana akan membuat anda semakin terlihat profesional dalam menghasilkan sebuah video.

Namun satu hal yang perlu diingat, walaupun Mobizen tidak menggunakan watermark. Namun anda harus mengaktifkan mode tertentu sebagai syarat tanpa watermark. Jika tidak, maka watermark akan tetap muncul pada hasil akhir perekaman video anda.

Baca juga: 3 Aplikasi Pembersih File Sampah Terbaik di Android

Seperti itulah beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik di Android yang dapat menjadi referensi anda sebelum mengunduhnya. Pada praktiknya, memilih aplikasi perekam layar akan bergantung kepada kebutuhan anda sendiri karenanya masing-masing aplikasi memiliki kelebihan yang dapat anda pertimbangkan sebelum mencobanya. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya di selembar.com, trimakasih.

Leave a Reply