3 Aplikasi Pembersih File Sampah Terbaik di Android

Aplikasi Pembersih File Sampah Terbaik di Android – Memiliki ponsel pintar atau smartphone yang beroperasi tanpa masalah merupakan dambaan setiap orang. Karena kita tahu ketergantungan kita terhadap smartphone semakin hari semakin meningkat mengingat hampir di seluruh aspek kehidupan ada kaitannya dengan smartphone milik kita.

Salah satu hal yang menarik adalah kini kita tidak perlu khawatir apabila lupa membawa dompet dan tidak membawa uang. Karena saat ini dengan smartphone kita dapat melakukan transaksi yang sudah mulai banyak toko, restoran, hingga warung yang menerima pembayaran non-tunai. Didukung juga dengan banyaknya penyedia jasa layanan dompet digital seperti Gopay, Ovo, Dana, dan LinkAja.

Aplikasi Pembersih file sampah terbaik di android

Tentunya dengan promosi yang mereka miliki masing-masing tentunya membuat kita harus menentukan aplikasi mana yang harus menjadi partner dompet digital sehari-hari. Sebagai konsumen wajar apabila kita tertarik dengan berbagai promo yang mereka masing-masing tawarkan supaya dapat berbelanja dengan hemat. Namun konsekuensinya adalah kita harus mengunduh semua aplikasi layanan dompet digital tersebut. Dan tentu saja akan membebani ruang penyimpanan di smartphone kita.

Jika hal tersebut terjadi bukan tidak mungkin performa smartphone anda bisa saja menurun dan menyebabkan penggunaannya menjadi tidak nyaman. Di fase ini, biasanya kita akan melakukan beberapa hal sederhana supaya dapat memberi ruang penyimpanan yang lebih besar seperti menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai, menghapus cache, menghapus gambar dan video yang tidak perlu, dan sebagainya.

Namun perlu diketahui, semua hal tersebut kita lakukan secara manual alias tidak menyentuh ke seluruh komponen smartphone, maka diperlukan sebuah aplikasi pembantu untuk membersihkan file-file sampah yang tidak dibutuhkan oleh penggunanya.

3 Aplikasi Pembersih File Sampah Terbaik di Android

Berikut ini beberapa ulasan mengenai aplikasi pembersih file sampah di Android yang mungkin bisa menjadi referensi anda untuk menambah ruang penyimpanan pada smartphone Anda.

1. AVG Cleaner – Clean Out Junk & Free Up Storage

AVG Cleaner - Clean Out Junk & Free Up Storage

Di urutan pertama menurut hasil pencarian Google Play Store terdapat aplikasi bernama AVG AntiVirus. Nama AVG biasanya kita kenal sebagai antivirus yang biasa digunakan pada laptop atau PC. AVG juga dinilai cukup baik dalam melindungi komputer dari serangan virus yang ada.

AVG Cleaner berhasil mencatatkan jumlah unduhan mencapai 50 juta unduhan dengan rating 4.6 / 5.0 dari 1 juta review yang masuk. Aplikasi ini dibuat oleh AVG Mobile yang pertama kali dirilis pada 30 April 2013 dan mendapat pembaruan terakhir pada 8 April 2020.

AVG Cleaner ini memiliki ukuran aplikasi sebesar 14.56 MB dan merupakan in-app purchases. Yang berarti saat anda menggunakan aplikasi tersebut dapat membeli fitur tambahan yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

Fitur utama dari aplikasi ini adalah dapat membersihkan kapasitas RAM (Random Access Memory) baik yang merupakan visible atau hidden cached. Selain itu dapat menghapus berbagai jenis data yang tidak begitu penting seperti thumbnails dari aplikasi yang terinstall, serta mampu mendeteksi berbagai file seperti video dan audio yang memiliki ukuran lebih dari 5 MB untuk segera dihapus bila sudah tidak lagi diperlukan.

Adapula fitur pintar lainnya yang bernama smart photo clean-up yang berfungsi mengidentifikasi beragaam foto yang memiliki kualitas buruk seperti buram atau gelap serta foto yang memiliki duplikat. Sehingga keberadaannya dapat dihapus untuk mengurangi beban penyimpanan smartphone.

Secara umum fitur utama AVG Cleaner untuk membersihkan smartphone dan meningkatkan performa sudah cukup lengkap, ditambah dengan beberapa fitur tambahan seperti battery saver & optimizer serta app & memory manager membuat AVG Cleaner ini sebagai all-in one app.

Baca juga: 4 Aplikasi Compress Video Terbaik Untuk Android

2. CCleaner – Cache Cleaner, RAM Cleaner, Booster

CCleaner - Cache Cleaner, RAM Cleaner, Booster

Kemudian di urutan kedua ditempati oleh CCleaner yang mungkin sebagian besar dari kita telah mengetahui kegunaannya pada PC atau laptop sebagai pembersih sampah. CCleaner berhasil mendapatkan jumlah unduhan sebanyak 50 juta unduhan dengan rating 4.6 / 5.0 dari 1 juta review yang masuk.

CCleaner pertama kali dirilis pada 10 Juni 2014 dengan pembaruan terakhir pada 8 April 2020. Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 14.76 MB dan merupakan aplikasi berjenis in-app purchases.

CCleaner menawarkan berbagai fitur seperti optimasi ponsel dengan cara membersihkan file sampah secara aman dan membersihkan cache aplikasi, folder unduhan hingga mampu untuk menghapus history browser yang tidak disadari dapat mengkonsumsi kapasitas penyimpanan ponsel.

Aplikasi ini juga mampu menghapus berbagai aplikasi yang sudah tidak lagi terpakai menggunakan storage analyzer. Sehingga anda tidak perlu repot-repot menentukan dan hanya menunggu hasil analisa dari CCleaner.

Fitur unggulan lainnya juga cukup membantu karena dapat menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di background menggunakan task killer. Selain itu juga menyediakan fitur hibernation di mana aplikasi akan berhenti seluruh prosesnya sampai anda membukanya kembali secara manual.

CCleaner juga mengklaim bahwa aplikasinya mudah untuk digunakan karena memiliki tampilan yang mudah dipahami dan menjamin CCleaner tidak memakan banyak RAM sehingga kinerja ponsel tidak akan terdampak.

Baca juga: 3 Aplikasi Pemutar Video Terbaik di Android

3. Avast Cleanup – Booster, Storage & Memory Cleaner

Avast Cleanup - Booster, Storage & Memory Cleaner

Di urutan selanjutnya masih ditempati oleh aplikasi yang awalnya terkenal dari industri antivirus yaitu Avast. Layaknya dua aplikasi sebelumnya kali ini Avast juga mencoba peruntungannya di segmen aplikasi yang cukup berbeda dari asalnya yaitu pembersih sampah di Android.

Avast Cleanup memiliki jumlah unduhan mencapai 50 juta dengan rating 4.6 / 5/0 dari 867 ribu review yang masuk. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada 27 Februari 2015 dengan pembaruan pada 8 April 2020. Avast Cleanup memiliki ukuran sebesar 14/23 MB dan merupakan aplikasi berjenis in-app purchases. Kehadiran iklan juga masih ada sehingga di beberapa kesempatan anda akan menjumpai iklan. Namun iklan tersebut dapat anda hilangkan dengan berlangganan secara premium.

Avast Cleanup memiliki fungsi utama seperti dua aplikasi sebelumnya. Fungsi avast cleanup yaitu membersihkan ruang penyimpanan ponsel, sampah, dan berbagai aplikasi yang sudah terinstal. Avast juga menawarkan fitur baru yaitu memindahkan file-file anda ke cloud yang tersedia. Seperti Dropbox, OneDrive, dan Google Drive sehingga dapat membantu meringankan beban penyimpanan anda.

Selain itu beberapa fitur eksklusif hanya bisa didapatkan jika anda menjadi pengguna premium. Jika demikian maka beberapa fitur yang akan didapat seperti advanced photo optimizer. Yang berfungsi mengontrol kualitas dan ukuran foto untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Kemudian fitur automatic cleaning yang berfungsi menjalankan fungsi membersihkan secara otomatis tanpa mengganggu aktivitas anda bersama smartphone. Selanjutnya fitur remove ads yaitu jelas untuk menghilangkan berbagai iklan yang kerap mengganggu anda saat sedang menggunakan Avast. Sehingga anda dapat memakai Avast dengan lebih nyaman.

fitur terakhir adalah Avast direct support yang memungkinkan anda mendapatkan bantuan jika terdapat pertanyaan berkaitan dengan Avast Cleanup.

Baca juga: 3 Aplikasi Video Call Terbaik di Android

Begitulah beberapa ulasan mengenai aplikasi pembersih file sampah di Android. Ketiga aplikasi tersebut nyatanya juga memiliki fungsi lain selain membersihkan file sampah yakni juga dapat mempercepat kinerja smartphone. Ulasan-ulasan tersebut bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari aplikasi serupa untuk smartphone anda. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari selembar.com, trimakasih.

Leave a Reply