3 Cara Cek Processor di Android

Belum tau cara cek processor di Android? coba ikuti salah satu dari 3 cara berikut ini. Dijamin akurat dan bisa jadi panduan untuk Anda jika ingin upgrade kondisi hp Android. Berikut ulasan lengkapnya.

Processor merupakan salah satu komponen penting dalam sistem HP, karena merupakan sebuah kesatuan perangkat yang menjalankan tugas apa saja yang pada HP. Semakin bagus processor maka akan semakin bagus kualitas HP Android.

3 Cara Cek Processor di Android

Jika Anda penasaran untuk tahu sebagus apakah processor yang ada dalam sistem HP yang sedang digunakan, Anda bisa cek dengan beberapa cara. Tiga diantaranya sangat mudah untuk Anda coba dan hasilnya pasti akurat, apakah yang di hp anda termasuk processor HP terbaik, atau kategori standar saja.

1. Mencari informasi di situs yang membahas spesifikasi Hp

Untuk cara cek processor di android yang pertama sangatlah mudah, Anda cukup membuka situs internet tentang spesifikasi HP, kemudian search jenis HP milik Anda. Nanti situs tersebut akan memberikan informasi lengkap tentang prosesor yang tertanam di dalamnya. Kemudian Anda bisa lanjutkan dengan mengecek informasi terkait jenis processornya.

2. Cek Processor di menu Pengaturan

Cara cek processor di android yang ke dua yaitu dengan cara melihat tentang ponsel yang ada di pengaturan. Untuk cara ini, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti yaitu:

1. Buka menu utama handphonemu dan pilih setting atau setelan.

3. Setelah masuk dalam menu setting, kemudian pilih tentang ponsel. Biasanya ada di paling bawah.

4. Didalam menu tersebut akan ada beberapa pilihan, selanjutnya pilih informasi perangkat lunak.

5. Selanjutnya akan muncul sederetan informasi terkait handphone Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Masih merasa belum puas dengan cara cek processor di Android diatas? Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang di Unduh melalui platform Google play store. Salah satunya adalah Droid Info. Untuk menggunakannya yang perlu dilakukan adalah:

1. Buka aplikasi Droid Info di HP Android Anda.

2. Kemudian pilih menu sistem yang terdapat di tengah layar bagian atas.

3. Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang spesifikasi processor bawaan HP tersebut.

Cara Cek Prosessor di Android dengan aplikasi

Baca juga: Cara Cek Ram Hp Samsung

Jenis Processor Android Terbaik

Setelah mengetahui cara cek processor di android dan sudah tahu apa jenis processor Android yang ada pada HP Anda, sekarang Anda bisa menambah wawasan dengan mengetahui apakah processor tersebut masuk kategori terbaik atau tidak. Mengingat fungsi prosesor di HP Android sangat penting dalam menjalankan segala aktivitas pada HP tersebut.

1. Snapdragon

Merupakan keluaran Qualcomm Technologies yang saat ini menduduki peringkat pertama penghasil prosesor HP terbaik. Karena memiliki performa yang mumpuni, serta bisa melakukan banyak pekerjaan tanpa membuat kinerja HP menurun, bahkan ketika pemilik HP bermain game online.

2. Mediatek

Produsen HP Android banyak memilih prosesor ini karena harganya lebih terjangkau, walaupun dari segi kemampuan masih jauh dibawah Snapdragon. Paling tidak dalam soal menunjang kemampuan ponsel dirasa cukup, terutama untuk HP standar yang tidak membutuhkan banyak aplikasi tambahan oleh penggunanya.

3. Exynos

Exynos adalah jenis prosesor yang dibuat oleh perusahaan Samsung yang dikhususkan untuk smartphone dan tablet. Samsung memasang prosesor jenis ini umumnya hanya untuk smartphone kelas menengah keatas. Banyak yang menilai bahwa Exynos fungsinya hampir sama dengan Qualqomm, akan tetapi dengan tambahan GPU sehingga membuat prosesor yang satu ini dapat mengoperasikan game 3D serta Multitasking lebih maksimal.

4. Intel

Siapa tak kenal Intel, yang sudah dikenal sebagai prosesor komputer dan perangkat lainnya. Saat ini juga tersedia untuk HP dengan jenis yang bervariasi sesuai dengan spesifikasi HP. Beberapa HP sudah menggunakannya seperti Lenovo dan Asus Zenfone.

Penutup

Inilah deretan info penting seputar cara cara cek processor di Android, yang bisa jadi pegangan bagi Anda untuk tahu sehebat apa HP yang dimiliki saat ini. Apakah processor yang dimilikinya sudah masuk kategori tangguh atau biasa saja.

Baca juga: Cara Cek Sensor Hp Samsung

Jadi setelah ini Anda bisa lebih bijaksana dalam menggunakan HP agar kinerja terbaik processor bisa dirasakan dengan maksimal. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya seputar Android di selembar.com, terimakasih.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru